Comscore Tracker

6 Tips Menjadi Freelancer Sukses, Auto Banjir Proyek dari Klien!

Pekerjaan lepas gak kalah menjanjikan

Freelancer atau pekerja lepas kini telah menjadi pilihan profesi yang digandrungi. Berbagai bidang kerja khususnya yang berkaitan dengan teknologi kini gak harus dikerjakan oleh pekerja tetap.

Apakah kamu tengah mempertimbangkan menjadi seorang freelancer profesional? Jika ya, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana agar sukses saat menjalaninya. Berikut ini enam tips untuk memandumu menjadi seorang freelancer yang kebanjiran proyek! 

1. Tentukan bidang yang ingin kamu tekuni 

6 Tips Menjadi Freelancer Sukses, Auto Banjir Proyek dari Klien!ilustrasi freelancer (pexels.com/fauxels)

Freelancer sukses mengetahui dengan jelas bidang apa yang ditekuni. Kamu bisa mempertimbangkannya dari pengalaman pekerjaan sebelumnya dan keterampilan yang kamu miliki. Latar belakang pendidikan, pelatihan dan sertifikasi juga baik untuk dipertimbangkan menjadi bidang freelance

Klien menginginkan freelancer profesional yang memiliki keterampilan spesifik sesuai kebutuhan bisnisnya. Misalnya kamu seorang penulis lepas yang mungkin biasa menulis topik pengembangan diri. Apakah kamu bisa menulis untuk klien yang membutuhkan artikel perjalanan wisata? Semakin spesifik bidang keahlian, semakin besar kepercayaan klien kepadamu. 

2. Tetapkan harga kompetitif sesuai kebutuhan

6 Tips Menjadi Freelancer Sukses, Auto Banjir Proyek dari Klien!ilustrasi freelancer (pexels.com/Vlada Karpovich)

Freelancer memiliki kendali penuh atas besaran upah kerja. Di satu sisi kamu mungkin tergoda memberikan tarif di bawah standar untuk membangun relasi. Namun yang benar adalah kamu sebaiknya memberikan harga kompetitif berdasarkan kualitas. 

Pertimbangkan jenis pekerjaan, keahlian dan pengalamanmu di bidang pekerjaan ini. Tetapkan angka yang pantas saat melakukan tawar-menawar dengan klien.

Lagi pula, klien menginginkan pekerja profesional yang bisa mengelola proyek dengan keterampilan mumpuni. Menawarkan angka di bawah harga pasaran berpotensi mengurangi kepercayaan klien terhadap kinerjamu.  

Di dalam dunia freelance, pengalaman dan jam terbang adalah penentu utama. Semakin bonafide proyek yang pernah bekerja sama, semakin tinggi harga yang berani dibayarkan oleh klien. 

Baca Juga: 5 Langkah yang Bisa Dilakukan saat Penghasilan Freelancer Anjlok

3. Manfaatkan platform bursa kerja digital 

6 Tips Menjadi Freelancer Sukses, Auto Banjir Proyek dari Klien!ilustrasi freelancer (pexels.com/cottonbro)

Saat ini sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan secara online. Beberapa platform digital seperti LinkedIn, UpWork, Sribulancer, PeoplePerHour menyediakan fasilitas kepada para pekerja untuk mempublikasikan portofolionya.

Bangun profil yang menyoroti keterampilan dan pengalaman di platform digital untuk menarik perhatian pemberi kerja. Hadir di berbagai platform ini memberikan kesempatan untuk membangun jaringan profesional dari mana saja. Klien potensial yang membutuhkan pekerja lepas tahu bahwa mereka dapat menemukan pekerja profesional di platform digital. 

4. Jangan lupa menggunakan kontrak kerja

6 Tips Menjadi Freelancer Sukses, Auto Banjir Proyek dari Klien!ilustrasi freelancer (pexels.com/cottonbro)

Sistem kerja freelancer rentan dengan penundaan pembayaran dan skenario buruk lainnya. Gunakan kontrak kerja untuk melindungi hak-hak yang harus kamu terima. 

Saat kamu mendapatkan sebuah proyek, kontrak kerja membantu pekerjaan berjalan mulus. Perhatikan apa saja yang disepakati kedua belah pihak. Kamu sebaiknya merinci setiap kalimat yang tertuang dalam kontrak agar gak terjadi kesalahan ekspektasi. 

Misalnya jika kamu adalah seorang desain grafis lepas, tentukan berapa banyak revisi yang bisa kamu lakukan sebelum menyerahkan pekerjaan dinyatakan selesai. Jika pekerjaan dibayar per jam, uraikan detail bagaimana kamu melaporkan waktu kerja ke klien.  

5. Jalin komunikasi yang baik dengan klien 

6 Tips Menjadi Freelancer Sukses, Auto Banjir Proyek dari Klien!ilustrasi freelancer (pexels.com/cottonbro)

Freelancer profesional selalu memberikan update tentang progres pekerjaan. Perhatikan kontrak kerja untuk memperjelas periode waktu kamu harus memberi update penting. 

Kamu juga harus memberitahu bila ada perubahan dalam pekerjaan. Misalnya karena suatu kendala kamu harus menyesuaikan tenggat waktu penyelesaian pekerjaan. Berikan alasan yang masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan serta solusi yang kamu tawarkan. 

Setelah kamu menyerahkan proyek, jaga komunikasi untuk memastikan kepuasan mereka. Tentu saja kamu mengharapkan pekerjaan ini akan berlangsung jangka panjang, kan? 

6. Meminta klien merekomendasikan jasamu 

6 Tips Menjadi Freelancer Sukses, Auto Banjir Proyek dari Klien!ilustrasi freelancer (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Saat klien puas dengan hasil kerjamu, kamu boleh memintanya merekomendasikanmu. Beri tahu bahwa kamu tengah serius membangun image sebagai seorang freelancer.

Jika ada koleganya membutuhkan freelancer serupa, minta mereka untuk merekomendasikanmu. Rekomendasi ini akan memudahkanmu mendapat pekerjaan lain. 

Kamu juga bisa meminta testimoni dari klien untuk ditambahkan ke portofolio. Seperti halnya bisnis, ulasan atas kepuasan klien menunjukkan bahwa kamu terpercaya dan akan menarik perhatian klien lain yang mencari layanan yang sama.

Tentukan bidang spesifik yang ingin kamu tekuni, gunakan kontrak kerja dan jalin komunikasi yang baik dengan klien. Itu adalah kunci yang dipegang oleh freelancer sukses yang banjir proyek. 

Baca Juga: 5 Bidang Pekerjaan yang Banyak Membutuhkan Jasa Freelancer, Berminat?

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya