Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Memisahkan Waktu antara Bekerja dan Urusan Pribadi

Pintarlah mengatur waktumu, ya! 

Semua orang pasti disibukkan dengan yang namanya pekerjaan. Berangkat pagi pulang malam, lembur kerja ini itu, deadline pekerjaan yang semakin mepet, rapat dengan client, dan sebagainya.

Kesibukan kerja inilah yang kadang membuat jam tidur jadi berantakan, lupa makan, bahkan untuk mengistirahatkan badan saja tidak sempat. Padahal, mencampuradukkan antara urusan kerja dan personal itu nggak baik, lho. Berikut lima alasan kenapa kamu harus pandai dalam membagi waktu antara urusan pekerjaan dan pribadi.

1. Supaya kamu lebih peduli terhadap kesehatan

5 Alasan Pentingnya Memisahkan Waktu antara Bekerja dan Urusan Pribadipexels.com/@Sora Shimazaki

Alasan pertama yaitu supaya kamu lebih peduli terhadap kesehatan. Pandailah dalam membagi waktu antara bekerja dan urusan pribadi. Jangan mencampuradukkan keduanya, supaya kamu lebih peduli terhadap kesehatanmu.

Sebab ketika terlalu sibuk bekerja, kita jadi sering lupa untuk sekedar mengistirahatkan badan, makan tidak teratur, dan sebagainya. Alhasil bukan pekerjaan cepat kelar, tapi kesehatanmu malah menurun. 

2. Memiliki waktu untuk me-recharge ulang energi

5 Alasan Pentingnya Memisahkan Waktu antara Bekerja dan Urusan Pribadipexels.com/@pixabay

Alasan selanjutnya kenapa kamu harus memisahkan antara pekerjaan dan urusan pribadi yaitu biar kamu punya waktu untuk sekedar mengisi energi. Energi itu perlu di-charge lho guys, kamu bisa membangkitkannya dengan me time atau melakukaan kegiatan yang kamu suka.

Jika dirimu suka memaksa badan dan pikiran untuk terus bekerja tanpa jeda, bukan nggak mungkin tingkat produktivitasmu jadi menurun. 

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Waktu dan Uang Bagi Kamu yang Full Time Freelancer

3. Menghindarkanmu dari stres dan tekanan pekerjaan

5 Alasan Pentingnya Memisahkan Waktu antara Bekerja dan Urusan PribadiPexels.com/Yan

Nah, alasan selanjutnya kenapa penting sekali memisahkan karier dan kehidupan pribadi yaitu supaya kamu terhindar dari tekanan pekerjaan. Wajib tahu kapan waktu untuk istirahat, kapan harus produktif, dan sebagainya.

Biar apa? Supaya menghindarkanmu dari stres dan kejenuhan dalam bekerja. Pandailah dalam menempatkan sesuatu, jangan pernah memaksa melakukan suatu pekerjaan di luar kapasitasmu. 

4. Supaya kamu punya waktu untuk me-time

5 Alasan Pentingnya Memisahkan Waktu antara Bekerja dan Urusan Pribadiunsplash.com/@Ben White

Kebanyakan orang yang terlalu sibuk bekerja dan berambisi mengejar karier, sering  melupakan waktunya untuk sekedar me-time dan memanjakan diri.

Sibuk bekerja dari pagi sampai malam, lembur sana-sini, eh tahu-tahu usia sudah tak lagi muda, tahu-tahu badan sudah nggak sehat seperti dulu, hingga lupa untuk menikmati pencapaian. Itulah mengapa selagi punya waktu luang manfaatkanlah untuk sekedar me-time dan membahagiakan diri sendiri. 

5. Punya banyak waktu untuk keluarga, teman, dan orang tersayang

5 Alasan Pentingnya Memisahkan Waktu antara Bekerja dan Urusan Pribadiunsplash.com/@Wright Brand Bacon

Alasan terakhir yaitu supaya kamu punya waktu luang untuk keluarga, teman, dan orang tersayang. Ngaku aja deh, ketika terlalu sibuk bekerja intensitas pertemuan kita dengan keluarga di rumah dan teman pasti berkurang.

Maka, penting kiranya harus pandai dalam membagi waktu. Supaya kamu bisa punya waktu untuk liburan bareng keluarga misalnya, bisa sesekali nongkrong bareng teman, dan lainnya. 



Itulah lima alasan penting kamu harus pandai membagi waktu antara bekerja dan urusan pribadi. So, jangan kerja secara berlebihan sampai lupa untuk menikmati hidupmu, ya.

Baca Juga: 5 Bukti Nyata Kamu Perlu Rehat dari Pekerjaan dan Adakan Me Time

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya