Comscore Tracker

7 Cara Menyampaikan Resign Kerja yang Elegan di Kantor

Jangan mengungkit kekurangan perusahaanmu

Buat kamu yang sekarang ini lagi pengen keluar dari pekerjaanmu tapi bingung harus gimana, tenang. Kalau memang keputusanmu sudah bulat, saatnya gunakan kepercayaan diri buat menghadap ke bos.

Berikut ada beberapa tips atau cara menyampaikan resign kerja yang elegan di kantor supaya tetap kelihatan kompeten. Kamu tidak melakukan kesalahan, jadi jangan takut tentang pandangan orang tentangmu yang mau cari pengalaman baru.

1. Persiapkan alasan resign yang cocok dengan keadaanmu sekarang

7 Cara Menyampaikan Resign Kerja yang Elegan di Kantorimdb.com

Jika memang kamu merasa tidak berkembang di sana, maka daripada kamu mengatakan itu, kamu bisa mengatakan sebaliknya yaitu kamu ingin berkembang di tempat lain. Pemilihan katamu adalah hal yang krusial. Pastikan kamu tidak salah bicara.

2. Pastikan kamu tidak menyebutkan kekurangan perusahaanmu

7 Cara Menyampaikan Resign Kerja yang Elegan di Kantorimdb.com

Jangan bilang kamu tidak mendapatkan ini padahal kamu sudah melakukan itu. Sudah bukan saatnya lagi kamu naik banding seperti itu. kalau memang mau keluar, fokus saja pada keluar itu, tidak perlu ungkit-ungkit kekurangan perusahaan.

3. Bukan saat untuk mengeluh, jangan sampai kamu terdengar menyerah dari pekerjaanmu

7 Cara Menyampaikan Resign Kerja yang Elegan di Kantorpopsugar.com

Saat resign, jangan sampai bosmu menangkap sinyal darimu bahwa kamu tidak sanggup bekerja di sana atau kamu menyerah dengan pekerjaanmu. Tunjukan kalau kamu mau keluar karena ingin cari pengalaman baru bukan karena alasan yang macam-macam.

4. Buat bosmu mengerti bahwa kamu ingin mencari pengalaman baru

7 Cara Menyampaikan Resign Kerja yang Elegan di Kantorcomingsoon.net

Berikan dia pengertian dengan tenang. Jangan sampai salah bicara apalagi membandingkan perusahaan itu dengan perusahaan lain. Kamu akan menyakiti hatinya kalau kamu mengatakannya.

Baca juga: 7 Cara Dapatkan Pekerjaan Impian Walau Belum Punya Pengalaman Cukup

5. Jangan mengubah keputusan walau diiming-imingi apapun

7 Cara Menyampaikan Resign Kerja yang Elegan di Kantorcomingsoon.net

Mengubah keputusan akan membuatmu sama sekali tidak kompeten. Jadi, jika memang kamu dijanjikan ini dan itu, jangan mau. Tetaplah memiliki pendirian bahwa kamu akan keluar. Kalau kamu memutuskan, kamu harus tegas dalam mempertahankan. Di situlah kamu bisa dikatakan kompeten.

6. Berpamitan pada rekan-rekan kerja

7 Cara Menyampaikan Resign Kerja yang Elegan di Kantorcollider.com

Jangan main keluar saja tanpa pamit. Kalau dulu kamu masuk dengan baik, maka pastikan kamu keluar juga dengan baik. Kamu butuh berpamitan dengan rekanmu untuk meninggalkan kesan yang baik sekaligus berterima kasih untuk pengalaman yang sudah kamu dapat dari mereka.

7. Sampaikan harapan untuk perusahaan yang akan kamu tinggalkan

7 Cara Menyampaikan Resign Kerja yang Elegan di Kantorcollider.com

Saat kamu hendak keluar, pastikan bukan kutukan yang kamu keluarkan dari mulutmu, toh kamu juga akan pindah, ucapkan doa yang terbaik bagi perusahaan yang pernah jadi ladangmu mencari makan dulu.

Jadi sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara menyampaikan resign kerja yang elegan di kantor. Mau apapun reaksi bos dan rekan kerjamu nanti, pastikan kamu tidak akan terlalu memikirkannya karena ini adalah pilihanmu.

Tetaplah yakin bahwa kamu bisa lebih bertumbuh kalau kamu keluar dari sana. Apapun yang terjadi nanti, jalani harimu dengan penuh harapan baru tentang pekerjaan yang baru juga.

Baca juga: 7 Tanda Pekerjaanmu Hanya Bawa Pengaruh Buruk untuk Dirimu

Topic:

Just For You