Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Melakukan Kesalahan di Tempat Kerja

Segera atasi agar tak membuat situasi bertambah buruk

Ketika melakoni sebuah pekerjaan, setiap karyawan memang dituntut untuk bersikap totalitas dalam menyelesaikan tanggung jawabnya. Namun, tidak jarang jika kamu melakukan kekeliruan secara gak sengaja sehingga membuatmu merasa bersalah.

Ketika hal itu terjadi, kamu pasti bingung bagaimana agar momen tersebut segera dilewati.

Sebenarnya ada beberapa hal yang wajib dilakukan ketika kamu gak sengaja melakukan kesalahan dalam menjalani tanggung jawabmu saat bekerja. Simak pembahasan berikut ini agar kamu bisa belajar.

1. Segeralah meminta maaf kepada atasan dan para kolega

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Melakukan Kesalahan di Tempat Kerjailustrasi meminta maaf (pexels.com/Fauxels)

Meminta maaf merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan ketika berbuat salah di tempat kerja. Hal ini menunjukkan bagaimana penyesalan yang kamu ekspresikan setelah membuat sebuah kesalahan. Dengan begitu, atasan dan kolegamu pasti akan memaklumi hal tersebut.

Jika tidak meminta maaf, maka kamu akan dianggap sebagai sosok yang gak bisa disalahkan. Sikap semacam ini wajib dihindari sebab akan membuat citramu di tempat kerja menjadi semakin memburuk.

Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk langsung meminta maaf ketika berbuat salah.

2. Jangan membela diri dan menganggap bahwa kamu tidak salah

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Melakukan Kesalahan di Tempat Kerjailustrasi beralibi (pexels.com/Ivan Samkov)

Selain itu, kamu juga tidak boleh menggunakan alibi apapun untuk membela diri jika benar-benar berbuat salah. Sesuatu yang menurutmu benar itu terkadang tidak sejalan dengan kenyataan. Intinya di sini adalah kamu harus bisa melihat dari sudut pandang orang lain perihal salah atau benar.

Jika kamu terus membela diri dengan alasan yang tidak masuk akal, maka mereka pasti akan merasa kurang nyaman denganmu.

Berangkat dari hal tersebut, hubunganmu dengan orang-orang kantor pasti akan menjadi pelik sebab pemikiran kolot yang terus kamu pertahankan.

Baca Juga: 5 Tips Adaptasi Kerja bagi Introver, Cepat Terbiasa di Lingkungan Baru

3. Cobalah melakukan introspeksi diri untuk jaga-jaga agar hal itu tak terulang lagi

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Melakukan Kesalahan di Tempat Kerjailustrasi merenung (pexels.com/Thirdman)

Sesaat setelah membuat kesalahan, cobalah untuk melakukan introspeksi diri. Hal semacam ini dilakukan agar kamu bisa mengetahui batasan-batasan agar kesalahan itu tidak terulang lagi.

Cobalah untuk melihat ke belakang perihal kesalahan yang sudah kamu buat. Pasti ada beberapa hal yang memantikmu untuk berbuat buruk salah semacam itu. Intinya di sini adalah kamu wajib melihat hal apa yang mendorongmu untuk melakukannya.

Setelah mengetahuinya, kamu pasti akan jaga-jaga untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi.

4. Cobalah untuk meningkatkan kualitas kinerjamu sesaat setelah membuat kesalahan

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Melakukan Kesalahan di Tempat Kerjailustrasi produktif (pexels.com/cottonbro)

Usai berbuat kesalahan, cobalah untuk meningkatkan kualitas kinerjamu. Hal semacam ini dilakukan untuk menjadi pembuktian bahwa kamu adalah sosok yang profesional.

Sebuah kesalahan yang terjadi di tempat kerja memang wajar terjadi. Tetapi, kamu harus bisa membayarnya secara tidak langsung.

Memang sih hal semacam ini pasti akan memberatkanmu. Namun, hal itu merupakan konsekuensi berkat kesalahan yang telah kamu perbuat beberapa hari lalu. Dengan begitu, atasan dan para kolega bisa tetap mempercayai kinerjamu.

5. Berjanji serta berusahalah untuk tidak melakukan hal tersebut lagi

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Melakukan Kesalahan di Tempat Kerjailustrasi kolega (pexels.com/fauxels)

Setelah suasananya membaik, cobalah untuk berjanji dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Ungkapkan janji dari lubuk hatimu yang paling dalam agar mereka bisa mempercayaimu kembali. Meskipun kedengarannya sepele, hal semacam ini wajib dilakukan untuk menunjukkan tekadmu.

Dengan ucapan yang tulus, mereka pasti akan menerima permintaan maafmu dan menganggap semua hal itu sebagai angin lalu. Maka dari itu, mulai sekarang jangan pernah menyepelekan janji untuk tidak melakukan kesalahan lagi. Namun, kamu harus tetap berusaha menjaga janji itu sebaik mungkin.

Jangan panik setelah membuat kesalahan di tempat kerja. Cobalah untuk menunjukkan rasa penyesalan serta profesionalitasmu ketika hal itu terjadi. Yuk, segera praktikkan kelima hal di atas!

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Teman Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama, Jaga Emosimu!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya