Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa buat Ibu Rumah Tangga jadi Content Creator

Siapa pun bisa menjadi content creator, lho

Ibu rumah tangga biasa dikaitkan dengan pekerjaan rumah. Namun di balik itu semua, pekerjaan rumah itu bisa disulap menjadi cuan yang melimpah. Ulasan berikut mencoba memberikan penjelasan tentang hal tersebut. Agar tidak penasaran, simak bahasan lima hal yang bisa buat ibu rumah tangga jadi konten kreator berikut ini

1. Pengertian content creator

5 Hal yang Bisa buat Ibu Rumah Tangga jadi Content CreatorIlustrasi sedang membuat video unboxing (Freepik.com/Freepik)

Content creator adalah individu yang menyampaikan ide melalui sebuah karya untuk mengedukasi ataupun menghibur penikmatnya. Jadi sebutan ini sudah bisa kamu sandang jika kamu suka membuat video, tulisan, foto, digital art, atau podcast.

Content creator dapat disebut sebagai pekerjaan tetap ataupun sampingan. Kamu bisa coba memposting hasil karyamu atau konten yang telah kamu buat di YouTube, instagram, facebook, TikTok dan aneka platform lainnya.

2. Skill yang harus dimiliki content creator

5 Hal yang Bisa buat Ibu Rumah Tangga jadi Content CreatorIlustrasi seorang perempuan membuat konten (Freepik.com/DCStudio)

Seperti pekerjaan pada umumnya, sebagai content creator pun harus memiliki beberapa skill atau kemampuan yang memadai. Tak hanya Ibu rumah tangga siapa pun yang kiranya memiliki keterampilan itu bisa menjadi seorang content creator, kok.

Namun jika ada dari kamu yang ingin menjadi content creator dan belum memiliki skill tersebut maka harus segera dipelajari, sedangkan bagi kamu yang sudah memilikinya harus diasah secara berkala agar tidak lupa. Skill - skill tersebut adalah kemampuan riset, copywriting, content writing, videografi, fotografi, editing, manajemen waktu, dan SEO. 

Baca Juga: Kiat Sukses jadi Content Creator Preneur Muda ala Jerome Polin

3. Alat untuk menjadi content creator

5 Hal yang Bisa buat Ibu Rumah Tangga jadi Content CreatorIlustrasi membuat konten (Freepik.com/Freepik)

Alat atau gear untuk mulai membuat konten tidak harus mahal kok, hanya saja harus terstandar. Sehingga proses pembuatan kontenmu bisa berjalan lancar dan hasil konten tersebut sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Yang pertama HP, pilihlah dengan spesifikasi RAM yang besar dan kamera dengan piksel yang tinggi sehingga gambar yang dihasilkan bagus. Kedua microphonedevice satu ini berfungsi untuk meminimalkan suara berisik yang tidak sengaja terekam. Ketiga lighting, fungsi esensial dari alat ini tentunya supaya video yang kamu buat nampak tidak gelap dan cerah. 

4. Tips menjadi content creator

5 Hal yang Bisa buat Ibu Rumah Tangga jadi Content CreatorIlustrasi membuat konten (Pexels.com/George Milton)

Nah, jika kamu sudah paham pengertian content creator, sudah tahu skill apa yang harus dimiliki, dan sudah mengetahui alat apa saja yang harus dimiliki untuk membuat konten, maka saatnya kamu menyimak tips menjadi content creator berikut. Simak baik - baik ya,

  • Menentukan tujuan;
  • Melakukan riset, banyak membaca; 
  • Belajar menggunakan tools;
  • Memahami target audiens;
  • Belajar dari konten orang lain;
  • Up to date dengan tren terbaru;
  • Fokus pada satu bidang yang diminati.

Hal - hal di atas bisa kamu manfaatkan sebagai acuan untuk content creator pemula. Selanjutnya tinggal kamu kembangkan saja sesuai dengan kebutuhanmu dalam membuat konten.

5. Ide konten bagi ibu rumah tangga

5 Hal yang Bisa buat Ibu Rumah Tangga jadi Content CreatorIlustrasi membuat konten memasak (pexels.com/SHVETS)

Ibu rumah tangga selalu dikaitkan dengan pekerjaan rumah, tapi tenang saja justru dengan pekerjaan rumah yang begitu banyak macamnya itu ia malah bisa menghasilkan banyak konten. Gak percaya? berikut ide - ide konten yang bisa dibuat oleh Ibu rumah tangga.

Konten yang menceritakan tentang kesibukan harian, memasak serta berbagi tips masakan, dan unboxing juga review produk. Jangan lupakan tentang tutorial make-up berikut tips kecantikannya, gaya hidup sehat, parenting atau gaya juga cara mendidik anak, dan membuat aneka karya keterampilan seperti merajut, melukis serta mendaur ulang sampah anorganik menjadi sesuatu yang bermanfaat. Bagaimana banyak bukan?

Jadi jika ada pertanyaan ibu rumah tangga bisa jadi content creator? Jawabannya bisa banget. Hanya saja tergantung individu masing - masing dalam berusaha belajar juga memahami segala hal yang  berhubungan dengan content creator, ingin mencobanya juga? Segera diaplikasikan, ya!

Baca Juga: 5 Ide Konten Instagram untuk Kreator Pemula, Bikin Ramai Followers! 

Candra Dewi Photo Verified Writer Candra Dewi

Reading is like breathing in, writing is like breathing out

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya