Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kamar Tidur Tetap Sejuk, meski Tanpa AC

Cocok diterapkan saat cuaca panas

Kamar tidur menjadi tempat ternyaman untuk beristirahat dari banyaknya aktivitas pekerjaan maupun kegiatan lainnya. Apalagi, bagi yang beraktivitas di luar ruangan, rasa lelah bertambah karena melakukan berbagai kegiatan, terlebih di saat cuaca juga sedang panas. Maka, saat sampai di rumah, yang paling diinginkan adalah beristirahat di dalam kamar.

Namun, jika kamar tidur suhunya panas, maka rasanya pasti tak nyaman. Untuk mengatasinya, biasanya seseorang akan menyalakan AC sebagai pendingin ruangan. Tapi, bagaimana jika kamar tidurmu gak menggunakan AC? Apakah harus beristirahat di luar kamar? Tentu saja di dalam kamar pun gak apa-apa, tetap bisa nyaman. Penasaran bagaimana caranya? Berikut lima tips membuat kamar tidur tetap sejuk, di saat cuaca sedang panas, sekalipun tanpa AC.

1. Buka jendela kamar di malam hari sebelum kamu tidur 

5 Tips Membuat Kamar Tidur Tetap Sejuk, meski Tanpa ACilustrasi perempuan sedang membuka jendela (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips pertama, untuk membuat kamar tidur tetap sejuk, tanpa menggunakan AC yaitu, dengan membuka jendela kamar di malam hari. Biarkan angin malam yang dingin masuk ke dalam kamar tidurmu. Buka jendala sebelum kamu tidur, agar udara malam masuk ke kamar untuk menyejukkan ruangan.

Dengan kondisi jendela yang terbuka, maka angin akan leluasa masuk ke kamarmu. Hingga, pada akhirnya ruangan yang sebelumnya panas menjadi perlahan terasa sejuk. Kesejukan yang berasal dari udara malam, akan nyaman untukmu beristirahat dan menenangkan pikiran.

2. Pilihlah jenis kasur yang gak membuat kulit menjadi panas 

5 Tips Membuat Kamar Tidur Tetap Sejuk, meski Tanpa ACilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pilihan jenis kasur juga berperan dalam memberikan kesejukan di dalam kamar. Jika, bahan dari kasurmu baik, maka kasur gak akan menyerap panas matahari. Dengan begitu, meski cuaca sedang panas, tapi saat kamu berbaring di atas kasur, kamu akan tetap merasakan kesejukan di badan.

Bagi kamu yang kerap kesulitan tidur, karena cuaca sedang panas. Penting untuk memperhatikan pilihan jenis kasur yang kamu gunakan. Ada berbagai pilihan jenis kasur yang tetap memberikan kesejukan saat kamu tidur, meski udara di sekitar cukup panas. Kuncinya adalah pilih kasur yang berbahan alami seperti, wol dan katun.

Baca Juga: 7 Contoh Sikap Hemat Energi yang Bikin Bumi Makin Sejuk

3. Matikan lampu kamar saat kamu tidur 

5 Tips Membuat Kamar Tidur Tetap Sejuk, meski Tanpa ACilustrasi mematikan lampu ruangan saat tidur (pexels.com/cottonbro)

Cahaya dari lampu kamar yang begitu terang, itu dapat menambah ruangan menjadi semakin panas. Maka, bagi kamu yang sering merasa kepanasan, hingga mengakibatkan sulit tidur. Solusinya adalah matikan lampu kamar tidurmu. Jika, kamu tak menyukai tidur dalam keadaan yang gelap. Kamu masih bisa mengatasinya dengan menyalakan lampu tidur.

Lampu yang dirancang khusus untuk orang tidur di malam hari, cahayanya gak terlalu terang. Sehingga, gak membuat suhu di dalam kamar tidurmu semakin panas. Pada intinya, kurangilah penggunaan cahaya di dalam ruangan, supaya suhu di kamar tidurmu tetap bisa terasa sejuk.

4. Rajin mengganti kain alas tempat tidurmu 

5 Tips Membuat Kamar Tidur Tetap Sejuk, meski Tanpa ACilustrasi orang sedang mengganti seprai (pexels.com/cottonbro)

Selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, rajin mengganti kain alas tempat tidur atau disebut juga seprai, dapat membuatmu merasa sejuk saat tidur. Ketika, cuaca sedang panas, kamu gak akan terlalu merasakan panasnya. Sebab, seprai yang rutin diganti, itu bersih dari keringat yang bisa semakin membuat panas dan pengab.

Untuk pilihan seprai juga perlu kamu perhatikan. Pada saat cuaca sedang panas, dan di kamar juga gak menggunakan pendingin ruangan. Maka, pilihlah kain seprai yang cocok untuk digunakan dalam kondisi tersebut. Pilih bahan yang ringan seperti yang terbuat dari katun. Hindari penggunaan kain seprai yang berbahan sintesis, karena dapat membuatmu semakin panas, apalagi di saat cuaca memang sedang panas.

5. Letakkan es batu di depan kipas angin 

5 Tips Membuat Kamar Tidur Tetap Sejuk, meski Tanpa ACilustrasi kipas angin (pexels.com/cottonbro)

Jika, kamu memiliki kipas angin, maka ada tips khusus untukmu dalam menggunakan kipas angin, agar bisa memberikan kesejukan suhu ruangan seperti penggunaan AC. Tipsnya yaitu, letakkanlah semangkuk es batu tepat di depan kipas angin yang dinyalakan.

Tips ini bisa membuat suhu ruangan kamar tidurmu sejuk seperti saat menggunakan AC. Udara yang berasal dari kipas angin, akan menyatu dengan dinginnya es batu. Dengan begitu, suhu di dalam kamar, tetap terasa sejuk dan segar. Selain itu, juga lebih hemat biaya, kan?

Ketika, cuaca sedang panas, dan kamu ingin beristirahat di dalam kamar, atau bagi kamu yang bekerja dari rumah dan nyaman untuk mengerjakan sesuatu di dalam kamarmu. Maka, sekarang tak perlu khawatir lagi, sebab sudah ada tips-tips dalam menciptakan kesejukan ruangan kamar tidur, tanpa menggunakan AC atau pendingin ruangan.

Baca Juga: Sejuk dan Nyaman, Ini 5 Kelebihan Interior Ruang Bergaya Natural

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya