Comscore Tracker

5 Manfaat Meletakkan Keset Kaki di Depan Pintu Masuk Rumah

Bisa membuat teras rumahmu semakin estetik juga, lho!

Keset kaki merupakan sebuah karpet kecil yang terbuat dari kain, karet, atau serabut. Meletakkan keset kaki di depan pintu masuk rumah adalah hal yang umum saat ini.

Keset kaki yang diletakkan di depan pintu rumah memiliki beberapa manfaat bagimu dan rumahmu. Penasaran kan apa saja manfaatnya? Yuk, simak list berikut!

1. Sebagai pembersih outsole alas kakimu

5 Manfaat Meletakkan Keset Kaki di Depan Pintu Masuk Rumahilustrasi keset kaki sebagai pembersih outsole sepatu (pexels.com/fotios-photos)

Jika rumahmu boleh dimasuki oleh seseorang yang beralas kaki (sepatu atau sandal), maka sangat bermanfaat meletakkan keset kaki di depan pintu rumahmu. Ia akan tergerak untuk membersihkan outsole alas kakinya dengan cara menggesek-gesekkan outsole-nya di atas keset kaki.

Keset kaki akan menyerap pasir, lumpur, dan air dari outsole alas kaki sehingga outsole-nya terlihat tidak kotor. Selanjutnya, lantai dalam rumahmu akan tetap bersih jika dimasuki oleh orang yang beralas kaki.

Sebaliknya, peletakan keset kaki di depan pintu rumahmu juga berguna ketika rumahmu tidak boleh dimasuki oleh seseorang yang beralas kaki.

Seseorang yang ingin memasuki rumahmu akan menggesek-gesekkan outsole alas kakinya di atas keset kaki sehingga lantai terasmu tidak lebih kotor ketika ia keluar dari rumahmu.

2. Menghindari terpleset ketika memasuki rumah

5 Manfaat Meletakkan Keset Kaki di Depan Pintu Masuk Rumahilustrasi keset kaki untuk mencegah terpleset (pixabay.com/cparks-1593059)

Ketika kamu terburu-buru masuk ke rumahmu dengan alas kaki atau kaki yang basah, kamu berisiko akan terpleset. Oleh karena itu, gesekkanlah outsole alas kakimu atau telapak kakimu di atas keset kaki terlebih dahulu sebelum memasuki rumahmu.

Perhatikan juga bahan keset kaki yang digunakan supaya tidak membuatmu tergelincir ketika menginjaknya. Keset kaki yang terbuat dari serabut adalah pilihan terbaik karena dapat menyerap air dan antislip.

Baca Juga: 5 Langkah DIY Keset Pompom, Cuma Modal Benang Wol!

3. Sebagai tempat duduk bagi peliharaanmu

5 Manfaat Meletakkan Keset Kaki di Depan Pintu Masuk Rumahilustrasi keset kaki sebagai tempat duduk hewan peliharaan (unsplash.com/courtneymcook)

Hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, sangat gemar duduk di atas keset kaki di depan rumahmu. Hal ini dilakukan untuk menghangatkan diri dengan mencari permukaan yang lebih hangat. Keset kaki dapat memberikan sensasi hangat tersebut.

Selain itu, kucing atau anjing tidak akan tahu jika kakinya kotor saat memasuki rumahmu. Adanya keset kaki dapat membuat kucing atau anjing tersebut membersihkan kakinya dari pasir, lumpur, dan kotoran lainnya.

4. Sebagai tanda ucapan selamat datang

5 Manfaat Meletakkan Keset Kaki di Depan Pintu Masuk Rumahilustrasi keset kaki dengan ucapan selamat datang (unsplash.com/andrewtneel)

Sebaiknya, keset kaki mempunyai tulisan yang bermakna, seperti 'selamat datang'. Banyak sekali keset kaki di pasaran yang bertuliskan selamat datang dan welcome yang berarti 'selamat datang' dalam bahasa Inggris.

Kamu bisa meletakkan keset kaki tersebut di depan pintu masuk rumahmu supaya para tamu merasa disambut saat memasuki rumahmu. Kehangatan yang kamu berikan, termasuk tulisan welcome pada keset kaki akan membuat para tamu betah di rumahmu.

5. Menjadi dekorasi teras rumahmu

5 Manfaat Meletakkan Keset Kaki di Depan Pintu Masuk Rumahilustrasi keset kaki menjadi dekorasi teras rumahmu (unsplash.com/hombre)

Ketika alas kaki diletakkan di depan pintu rumahmu sehingga membuat terasmu kotor, kamu mungkin ingin mendekorasi terasmu supaya tidak terlihat kotor. Solusinya, kamu cukup meletakkan keset kaki di tempat tersebut.

Perhatikan juga warna, bentuk, bahan, dan ukuran keset kaki supaya serasi dengan bentuk pintu masuk dan teras rumahmu. Keserasian tersebut dapat membuat teras rumahmu semakin estetik.

Sudahkah kamu meletakkan keset kaki di depan pintu rumahmu? Jika sudah, jangan lupa membersihkannya, ya, saat terlihat kotor.

Baca Juga: 10 Dekorasi Rumah Leather Strap, Bikin Hunian Terlihat Unik!

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya