Comscore Tracker

Punya Kolam Ikan Outdoor di Rumah? Wajib Terapkan 6 Tips Ini!

Penting nih tipsnya untuk dicatat

Bagi sebagian orang, kolam ikan adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari rumah. Pasalnya selain memberikan kesan alami pada suasana rumah, suara ikan yang bergerak dalam air dan gemericik air kolam yang mengalir juga membuat suasana rumah lebih nyaman.

Kolam ikan ada yang dibuat di dalam rumah, namun ada pula yang dibuat di luar rumah. Masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan dan lahan yang dimiliki. Tapi baik di dalam maupun di luar rumah, kolam ikan tetap bisa memberi sensasi nyaman dan sejuk di dalam rumah.

Nah bagi kamu yang tertarik untuk membuat dan merawat kolam ikanmu sendiri, simak saja ulasannya berikut ini!

1. Pastikan bahwa air di kolam rumah selalu bersih

Punya Kolam Ikan Outdoor di Rumah? Wajib Terapkan 6 Tips Ini!magzhouse.com

Hal pertama yang wajib diperhatikan saat merawat kolam ikan outdoor adalah kondisi air kolam di rumah. Khususnya untuk kolam yang diletakkan di outdoor, kemungkinan untuk terkena kotoran tentunya akan jauh lebih besar. Itulah sebabnya mengapa menjaga kebersihan air kolam ini menjadi hal yang paling penting.

Pasalnya, ikan tidak akan hidup tenang jika berada di dalam air yang kotor. Akibatnya, ikan-ikan bisa jadi cepat mati jika habitat tempat tinggalnya tidak dirawat dengan baik.

2. Perhatikan soal sirkulasi udaranya

Punya Kolam Ikan Outdoor di Rumah? Wajib Terapkan 6 Tips Ini!thesweethouseofmadness.com

Saat memelihara ikan, khususnya ikan koi, sirkulasi udara adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Kolam memiliki sirkulasi udara yang baik apabila ada air yang mengalir atau air mancur. Adanya kedua hal itu akan membuat ikan-ikan bergerak dan berenang dengan aktif. Dengan begitu, ikan-ikan pun cenderung sehat dan bisa bertahan hidup lebih lama.

3. Rutin-rutinlah mengganti air kolam

Punya Kolam Ikan Outdoor di Rumah? Wajib Terapkan 6 Tips Ini!davinong.com

Kebersihan dan kesehatan habitat adalah hal yang wajib dimengerti ketika ingin memiliki kolam outdoor. Dan meskipun terlihat jernih, tetap saja kolam harus dikuras dan dibersihkan dalam jangka waktu yang rutin. Misalnya, kamu bisa menggunakan cara untuk membuang 3/4 air yang ada dalam kolam yang kotor.

Air yang kotor wajib diganti dengan air yang bersih sehingga kotoran ikan atau endapan sisa-sisa makanan tidak akan mengganggu ikan.

Baca Juga: 10 Room Interior Bernuansa Kuning, Rumah Jauh dari Kesan Monoton!

4. Bersihkan pula pompa airnya

Punya Kolam Ikan Outdoor di Rumah? Wajib Terapkan 6 Tips Ini!bambohouse.com

Di dalam kolam outdoor mungkin sengaja dipasang pompa air, filter, atau sirkulasi udara. Nah, ketiga hal inilah yang harus baik-baik diperhatikan. Jangan sampai kerja baling-baling dalam mesin pompa justru terganggu karena banyaknya kotoran yang menempel. Jangan lupa pula untuk memeriksa kinerja mesin pompa dan kebersihannya.

5. Pindahkan ikan saat ingin menguras kolamnya

Punya Kolam Ikan Outdoor di Rumah? Wajib Terapkan 6 Tips Ini!yhteen.co

Di kolam outdoor, menguras kolam pun sebaiknya dilakukan dengan berhati-hati. Pertama-tama pindahkan ikan-ikan dalam kolam outdoor ke wadah atau baskom. Hal ini penting dilakukan agar ikan tidak merasa stres ketika habitatnya dibersihkan.

Namun perlu juga diingat bahwa kamu tidak boleh membersihkan kolam outdoor dengan seenaknya. Sebaiknya sisakan lumut-lumut yang nantinya akan menjadi makanan ikan.

6. Sediakan ikan sapu-sapu jika kamu malas

Punya Kolam Ikan Outdoor di Rumah? Wajib Terapkan 6 Tips Ini!davinong.com

Tidak semua orang mau rutin membersihkan kolam ikan miliknya. Alasannya tentu saja kesibukan misalnya sibuk kuliah atau bekerja.

Nah salah satu solusi yang cocok bagi kamu adalah dengan membeli ikan sapu-sapu untuk diletakkan dalam kolam outdoor. Ikan sapu-sapu adalah salah satu yang menjaga kebersihan kolam. Ikan jenis ini akan memakan kotoran-kotoran yang ada dalam kolam sehingga air kolam pun tidak akan mudah keruh.

Nah gimana? Kapan nih mau mulai membersihkan kolam ikan outdoor di rumahmu? Yuk  bersih-bersih selagi ada waktu.

Baca Juga: 8 Desain Interior Bertema Concrete yang Berikan Suasana Kalem

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya