Comscore Tracker

7 Rekomendasi Tanaman Hijau untuk Pemula, Perawatannya Mudah Lho!

Gak perlu takut layu dan mati, deh! 

Dalam setiap rumah, mayoritas punya penghijau yang memberikan kesegaran alami. Terutama akhir-akhir ini tanaman hias marak di kalangan masyarakat. Entah itu tanaman indoor ataupun outdoor selalu jadi penghias yang indah.

Namun, ini akan jadi hal yang berbeda jika dilakukan oleh pemula atau rang yang gak punya waktu untuk merawatnya. Ujung-ujungnya jadi alasan buat menyerah. Tapi, tunggu dulu. Ada juga tanaman yang cocok buat pemula yang gak perlu perawatan rumit. Apa saja jenisnya? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Sansevieria 

7 Rekomendasi Tanaman Hijau untuk Pemula, Perawatannya Mudah Lho!ilustrasi tanaman lidah mertua (pixabay.com/nasser336633-13082420)

Sansevieria atau sering disebut dengan lidah mertua ini termasuk salah satu tanaman yang mudah subur. Selain itu perawatannya pun juga sangat mudah. Lidah mertua juga sangat suka kondisi tanah yang kering, jadi gak perlu khawatir saat telat menyiramnya.

Tanamlah lidah mertua di pot supaya perkembangbiakannya lebih terbatas. Dengan begitu tanaman akan lebih rapi dan nyaman dipandang. Letakkan lidah mertua di spot yang kaya setoran cahaya matahari, ya.

2. Tanaman dolar atau ZZ plant 

7 Rekomendasi Tanaman Hijau untuk Pemula, Perawatannya Mudah Lho!ilustrasi pohon dolar (pexels.com/@mrlokeshtiwari)

Tanaman ini juga sangat populer karena mudah subur tanpa perawatan sekalipun. Zamioculcas zamiifolia atau yang lebih dikenal sebagai ZZ plant ini memiliki tekstur halus dan mengkilap pada daunnya. Tanaman satu ini juga bisa bertahan di berbagai kondisi tempat.

Karena tumbuhan ini mudah subur dan menyebar lebih banyak, kamu bisa menanamnya di pot biar lebih rapi. Jika kamu hendak bepergian selama beberapa hari, siram air secukupnya dulu sebelum pergi. Sebisa mungkin letakkan tanaman dolar ini agak jauh dari jangkauan siapa pun, ya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tanaman yang Cocok Ditanam di Lahan Kasar dan Berbatu 

3. Sirih gading 

7 Rekomendasi Tanaman Hijau untuk Pemula, Perawatannya Mudah Lho!ilustrasi sirih gading (pixabay.com/sweetlouise-3967705)

Penggemar tanaman hias pasti sudah gak asing lagi sama yang ini, ya. Tanaman yang mudah menjalar dan suburnya cepat. Bahkan cocok buat penghias luar ataupun dalam ruangan.

Kamu hanya perlu menyiram dan menjaga kelembapan media tanamnya saja sudah cukup. Jika kamu akan bepergian selama beberapa hari, sisih gading pun masih bisa bertahan. Tanamlah di spot yang terkena sinar matahari pagi supaya corak sirih gading makin jelas.

4. Philodendron 

7 Rekomendasi Tanaman Hijau untuk Pemula, Perawatannya Mudah Lho!ilustrasi philodendron white knight (instagram.com/tropicalpluviophile)

Menjadi koleksi yang mempermanis halaman rumah karena nuansa segarnya. Kamu yang pemula pun bisa mengoleksi, karena tingkat perawatannya tergolong mudah. Philodendron juga cocok buat penyegar dalam ruangan.

Sejenis dengan sirih gading, tanaman ini juga hanya butuh kelembapan. Namun, jika telat penyiramannya pun masih terselamatkan, kok. Jadi tetap aman buat kalian yang sibuk, tapi tetap pengin koleksi tanaman hias penghijau.

5. Lidah buaya 

7 Rekomendasi Tanaman Hijau untuk Pemula, Perawatannya Mudah Lho!ilustrasi lidah buaya (pixabay.com/users/marcegaral-1830521)

Bahkan tergolong tanaman liar, karena sangat mudah subur. Hanya dalam waktu yang cukup singkat, tanaman ini cepat berkembangbiak jadi banyak. Biar tetap tertata rapi, kamu hanya perlu menanamnya di pot hias saja.

Letakkan di tempat yang kaya akan setoran sinar matahari. Tanaman ini mudah membusuk saat tanah terlalu lembap, jadi penyiraman jangan terlalu berlebihan. Sebab termasuk jenis sukulen, kamu pun cukup menyiramnya seminggu sekali saja.

6. Ponytail palm 

7 Rekomendasi Tanaman Hijau untuk Pemula, Perawatannya Mudah Lho!www.gardeningknowhow.com

Seperti namanya, ponytail palm atau sering disebut tanaman nolina ini punya tampilan seperti ekor kuda. Walaupun punya daun yang anggun dan indah, tapi tanaman ini juga kuat bertahan di kondisi kering. Saat terlambat menyirami, kamu gak perlu panik.

Sebab termasuk dalam keluarga sukulen, kamu bisa menanamnya dengan media yang gak terlalu basah. Tempatkan di lokasi yang selalu terkena sinar matahari. Hindari kontak dengan pancuran hujan untuk menghindari pembusukan pada akar.

7. Kaktus centong 

7 Rekomendasi Tanaman Hijau untuk Pemula, Perawatannya Mudah Lho!ilustrasi kaktus centong (pexels.com/id-id/@juliasakelli)

Kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang punya banyak jenisnya. Mulai dari perawatan yang mudah hingga sulit, termasuk kaktus centong ini. Punya karakteristik yang mudah subur dan bisa bertahan dalam berbagai kondisi tanah.

Sudah sudah tiba waktunya berbunga, kaktus centong bisa menebarkan pesonanya. Karena mudah tumbuh menyebar, kamu bisa memangkas seperti yang kamu inginkan. Tanamlah di tanah secara langsung, karena kaktus centong bisa tumbuh besar dengan cepat.

Menarik semua, ya. Penuh dengan kesegaran dengan nuansa hijaunya, cocok buat penghias halaman depan supaya gak gersang lagi. Pemula wajib koleksi salah satunya, deh!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Suvenir Eco-friendly untuk Pernikahan, Ada Tanaman!

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya