8 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang akan Selalu Diingat

Memberikan kesan mendalam

Tak terasa masa Sekolah Dasar (SD) akan segera berakhir. Setelah pengumuman hasil ujian sekolah, biasanya akan diadakan acara perpisahan sekaligus pelepasan siswa kelas 6 dengan perayaan meriah atau syukuran.

Dalam acara itu, siswa yang ditunjuk sebagai perwakilan akan membacakan pidato perpisahan kelas 6. Bagi kamu yang akan jadi perwakilan, berikut contoh-contoh pidato perpisahan yang berkesan. 

Langsung saja simak rekomendasi pidatonya di bawah ini, ya.

1. Pidato perpisahan kelas 6 yang pendek, tapi berkesan

8 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang akan Selalu Diingatilustrasi anak SD (freepik.com/Freepik)

Kepada seluruh guru, teman-teman, dan orang tua yang saya cintai.

Hari ini menjadi saksi bahwa waktu perpisahan itu telah tiba. Di sini, saya berdiri sebagai perwakilan kelas 6.

Saat melihat ke tahun-tahun sebelumnya, kita telah melewati banyak hal. Bersama-sama, kita telah menghadapi berbagai tantangan dan merayakan keberhasilan. Setiap tawa, setiap cerita, dan setiap pelajaran telah membentuk kita menjadi orang yang kita adalah hari ini.

Terima kasih kepada semua guru yang telah mendukung dan membimbing kami sepanjang perjalanan ini. Terima kasih juga kepada orang tua kami yang selalu memberikan dukungan tanpa henti.

Teman-teman, saat kita berpisah, mari kita bawa bersama kenangan indah ini. Meskipun jalan kita mungkin berbeda, ingatlah setiap waktu yang kita lalui bersama. Momen-momen indah yang membuat kita bisa sampai di titik ini.

Mari kita hadapi masa depan dengan semangat dan penuh keyakinan. Semoga keberuntungan selalu menyertai kita semua.

Terima kasih dan see you all on top!

2. Pidato perpisahan kelas 6 yang mengharukan

Selamat pagi/siang/malam semuanya.

Sebelumnya, terima kasih kepada tamu undangan yang telah datang. Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah beserta wakil. Yang kami hormati Wali Kelas 6 tercinta, Bapak/Ibu dewan guru, dan para orang tua. Tak ketinggalan,  terima kasih juga untuk teman-teman kelas 6.

Hari ini terasa mengharukan, kita semua berkumpul di sini untuk merayakan perpisahan kelas 6. Bila melihat ke masa lalu, kita diingatkan pada keindahan masa-masa sekolah dasar yang telah terlewati bersama-sama.

Setiap hari adalah petualangan baru. Di mana kita belajar, tertawa, dan tumbuh bersama. Ingatlah saat kita belajar mengenal angka dan huruf, saat kita bermain di taman sekolah, dan saat kita merayakan kemenangan dalam perlombaan. Kenangan-kenangan itu adalah ingatan yang berharga.

Terima kasih kepada seluruh guru yang telah memberi ilmu dan kasih sayang. Terima kasih juga kepada orang tua yang selalu mendukung dan mendorong kita untuk mencapai impian.

Untuk teman-teman, terima kasih sudah saling menemani. Mari kita simpan kenangan indah ini dalam hati dan meneruskan perjalanan kita dengan penuh semangat.

Semoga kebahagiaan dan kesuksesan selalu menyertai kita di masa depan. Terima kasih atas semua kenangan yang indah, dan semoga kita semua dapat bertemu kembali di masa yang akan datang.

Terima kasih.

3. Pidato perpisahan kelas 6 yang panjang

8 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang akan Selalu Diingatilustrasi anak SD (freepik.com/Jcomp)

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah beserta wakil. Yang kami hormati Wali Kelas 6 tercinta, Bapak/Ibu dewan guru, dan Bapak/Ibu wali murid yang telah hadir. Tak lupa juga,  teman-teman kelas 6 yang saya sayangi.

Saya berdiri di hadapan kalian pada hari ini dengan perasaan campur aduk antara sedih dan senang. Saya senang karena kita telah melewati perjalanan indah bersama selama ini. Namun, saya sedih karena saatnya bagi kita untuk berpisah dan melangkah ke babak baru dalam kehidupan.

Perjalanan kita penuh warna dan berharga. Bersama-sama, kita belajar, tertawa, dan mengatasi rintangan. Setiap cerita, setiap tawa, dan setiap momen akan selalu kita kenang.

Terima kasih kepada seluruh guru yang telah mendukung dan membimbing kita selama ini. Kalian telah memberikan kami ilmu dan pengalaman yang tak ternilai harganya. Kami akan selalu mengingat semua pelajaran dan nasihat yang telah kalian berikan.

Teman-teman, kalian adalah sahabat bagi saya. Bersama-sama, kita telah mengalami begitu banyak hal. Meskipun kita akan berpisah, ingatlah bahwa hari-hari yang pernah kita lewati bersama. Ingatlah hari ini juga!

Saat kita mengucapkan selamat tinggal, mari kita juga ucapkan selamat datang pada petualangan baru yang menanti kita. Mari kita gunakan semua yang telah kita pelajari selama sekolah untuk meraih impian dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan keluarga yang selalu memberikan dukungan tanpa syarat.

Selamat tinggal.Kami dari kelas 6 tercinta pamit untuk meneruskan perjalanan. Semoga kebahagiaan dan kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.

Terima kasih.

4. Pidato perpisahan kelas 6 pendek tiga paragraf

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Waktu perpisahan telah datang. Sebagai perwakilan kelas 6, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada seluruh guru yang telah mendampingi dan memberi ilmu kepada kami.

Setiap pelajaran yang telah kami terima tidak hanya membentuk kepribadian kami, tetapi juga membawa kami lebih dekat kepada Allah SWT.

Kepada orang tua kami yang telah menjadi tiang penopang dalam hidup, kami mengucapkan terima kasih atas cinta, dukungan, dan doa yang tak pernah lekang oleh waktu.

Dan kepada teman-teman, kenangan indah yang telah kita bagi bersama akan selalu terkenang dalam hati. Meskipun perpisahan ini menyedihkan, tapi mari melangkah ke depan dengan harapan baik. Semoga Allah SWT terus membimbing dan melindungi kita.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: 5 Contoh Pidato Bahasa Jawa untuk Berbagai Acara, Lengkap

5. Pidato perpisahan kelas 6 dengan 6 paragraf

8 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang akan Selalu Diingatilustrasi anak SD (freepik.com/Freepik)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Wali Kelas 6 tercinta. Ya terhormat Bapak/Ibu dewan guru.

Untuk teman-teman kelas 6 yang saya sayangi. Saat kita melihat kembali perjalanan yang telah kita lalui bersama, terbersit kenangan manis yang menghangatkan hati. Setiap detik, setiap tawa, dan setiap pelajaran telah membentuk ikatan yang tak terlupakan di antara kita.

Selama masa sekolah ini, kita tidak hanya belajar tentang matematika, bahasa, atau sains. Kita belajar tentang persahabatan, kebersamaan, dan kejujuran. Kenangan tentang pawai 17 Agustus yang meriah, pertandingan olahraga yang seru, dan diskusi kelas akan selalu menghiasi ingatan. Setiap momen itu adalah bagian dari kenangan yang akan membawa kita menuju masa depan.

Di saat-saat seperti ini, tak bisa kami lewati tanpa mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru. Terima kasih karena tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga memberi teladan.

Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah memberikan cinta, dukungan, dan pengorbanan. Untuk teman-teman, bersama-sama, kita telah mengecap pahit dan manisnya perjalanan. Saat kita berpisah, mari menyongsong masa depan dengan penuh semangat dan harapan. 

Terima kasih untuk para guru dan teman-teman atas semua kenangan indah dan pelajaran berharga. Semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberkahi kita semua. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6. Pidato perpisahan kelas 6 yang menyentuh hati

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Kepala Sekolah

Yang terhormat para guru yang kami cintai,

Yang terhormat orang tua dan keluarga yang kami banggakan,

Untuk teman-teman terkasih,

Dan para tamu undangan yang hadir pada hari ini,

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT karena pada hari ini kita berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat untuk merayakan perpisahan kami, para siswa dan siswi kelas 6.

Untuk para guru yang kami hormati, terima kasih atas segala bimbingan, ilmu, dan kasih sayang yang telah kalian berikan kepada kami selama ini. Kami belajar tidak hanya untuk dunia, tetapi juga untuk akhirat. Semoga amal baik kalian diberkahi oleh Allah SWT dan menjadi ladang pahala yang tiada putus.

Tak ketinggalan juga, kepada orang tua dan keluarga yang kami cintai. Terima kasih atas doa dan dukungan kalian. Maafkan kami atas segala kesalahan dan khilaf yang telah kami lakukan. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan keberkahan kepada kalian semua.

Untuk teman-teman tercinta, kita telah bersama sejak kelas 1 di sekolah ini. Kita belajar, bermain, dan tertawa bersama. Kenangan-kenangan itu akan selalu kita simpan di dalam hati dan memori. Meskipun kita akan berpisah, apa yang telah kita lewati akan jadi kenangan yang berharga.

Mari menjadikan masa lalu sebagai pembelajaran dan menyambut masa depan dengan harapan. Semoga Allah SWT senantiasa menuntun langkah kita.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7. Pidato perpisahan kelas 6 yang inspiratif

8 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang akan Selalu Diingatilustrasi pidato (freepik.com/Wirestock)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Di hari ini, kita semua berkumpul untuk merayakan perpisahan sebagai kelas 6. Mari kita renungkan sejenak tentang perjalanan yang telah kita lalui bersama.

Masa-masa di sekolah dasar ini telah mengajarkan kita lebih dari sekadar pelajaran di buku. Mereka telah membentuk karakter, memperkuat pertemanan, dan menumbuhkan impian dalam hati.

Setiap langkah yang kita ambil di masa lalu adalah bekal berharga untuk melangkah maju menuju masa depan yang lebih cerah. Ingatlah, ada impian-impian yang harus kita perjuangan. Mari kita tetap berpegang pada impian-impian itu  dengan teguh, meskipun badai datang menerpa.

Sebagaimana kata Nelson Mandela, "Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kita gunakan untuk mengubah dunia." Mari kita jadikan pendidikan sebagai tongkat kekuatan untuk meraih impian-impian dan memberikan dampak positif bagi dunia ini.

Perpisahan ini bukan akhir. Mari kita sambut masa depan dengan semangat yang membara. Jadikan setiap langkah sebagai peluang untuk menggapai cita-cita

Terima kasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

8. Pidato perpisahan kelas 6 bahasa Inggris

The honourable principal, esteemed teachers, beloved parents, and my dear fellow classmates,

As I stand before you today, my heart swells with both joy and sadness, for this moment marks the end of a beautiful chapter in our lives. We, the graduating class of sixth grade, have embarked on a remarkable journey together, filled with unforgettable memories, laughter, and learning experiences.

First and foremost, I would like to express my deepest gratitude to our dedicated teachers, who have tirelessly guided us through our academic pursuits. Your patience, wisdom, and encouragement have empowered us to reach for the stars and chase our dreams. You have not only imparted knowledge but also instilled in us the values of perseverance, integrity, and compassion that will serve as our compass in the journey ahead.

To our parents, thank you for your unwavering support, love, and sacrifices. Your endless encouragement and belief in our potential have been the cornerstone of our success. Your guidance has shaped us into the individuals we are today, and we are forever grateful for the countless sacrifices you have made to provide us with the best opportunities.

And to my fellow classmates, what a privilege it has been to share this incredible journey with each and every one of you. Together, we have laughed, cried, and grown stronger as a community. From the early mornings in the classroom to the afternoons spent on the playground, we have formed bonds that will withstand the test of time. Though our paths may diverge, the memories we have created together will forever unite us in spirit.

As we stand on the threshold of a new beginning, let us embrace the challenges and opportunities that lie ahead with courage and determination. Let us continue to strive for excellence, to pursue our passions with vigor, and to make a positive impact on the world around us.

As we bid farewell to sixth grade and look forward to the adventures that await us in the future, let us remember that the friendships we have forged, the lessons we have learned, and the memories we have shared will forever be cherished in our hearts.

Congratulations, my dear friends, on this momentous occasion. May your futures be filled with success, happiness, and fulfillment. And remember, no matter where life may take us, we will always be bound together by the bonds of friendship and the memories of our time in sixth grade.

Thank you.

Itu dia 8 contoh pidato perpisahan kelas 6 yang bisa jadi inspirasi. Kamu bisa mengotak-atik isi pidato sesuai gayamu, ya. Buat pidato yang paling berkesan agar terus dikenang!

Baca Juga: Contoh Pidato Perpisahan Sekolah, Berkesan dan Menyentuh!

Topik:

  • Ana Widiawati
  • Addina Zulfa Fa'izah
  • Delvia Y Oktaviani

Berita Terkini Lainnya