Comscore Tracker

6 Kampus dengan Studi Pertanian Terbaik di Dunia

Siapa bilang pertanian jurusan remeh?

Kampus pertanian yang bagus ternyata tersebar di seluruh dunia. Tak hanya yang mengaku negara agraris, justru negara-negara maju pun banyak yang mengunggulkan jurusan ini untuk mencetak profesional muda di bidang ketahanan pangan.

Bila kamu berminat lanjut kuliah di jurusan pertanian, peternakan dan semacamnya, ada banyak pilihan kampus bergengsi. Mereka dikenal punya program pertanian yang terbaik di seantero dunia. Ini tujuh di antaranya. 

1. Wageningen University & Research, Belanda

6 Kampus dengan Studi Pertanian Terbaik di Duniainstagram.com/margrietlouise

Wageningen adalah sebuah kampus di Belanda yang terkenal dengan studi-studi pertanian, biologi dan peternakannya. Letaknya pas di sebuah kawasan yang dikenal sebagai Food Valley yaitu kawasan padat pabrik makanan di Belanda. 

Dengan pengalaman, riset yang rutin dan inovatif, mereka selalu masuk dalam jajaran kampus favorit untuk studi pertanian dan kehutanan. Kampusnya saja penuh dengan ruang hijau dan bahkan memiliki beberapa kebun vertikal keren di dalam gedungnya. 

2. University of California Davis, Amerika Serikat

6 Kampus dengan Studi Pertanian Terbaik di Duniainstagram.com/ucdavisstudentlife

Tak kalah kerennya, kampus yang sering dikenal dengan nama singkat UC Davis ini pun jadi jujukan para pelajar dari berbagai negara untuk belajar pertanian, peternakan dan kehutanan. Mereka bahkan punya hutan kampus yang sering dipakai untuk rekreasi dan riset. 

UC Davis terletak di Sacramento, Amerika Serikat dan salah satu fakultas favoritnya adalah College of Agricultural and Environmental Sciences. Pilihan jurusannya beragam, mulai dari pertanian umum sampai yang khusus. Jurusan pertanian dan perikanannya digabung dengan cabang biologi lainnya seperti studi lingkungan dan hewan. 

3. Swedish University of Agricultural Sciences, Swedia

6 Kampus dengan Studi Pertanian Terbaik di Duniainstagram.com/jagaragronom

Terletak di Uppsala, Swedia, kampus khusus pertanian ini memiliki empat fakultas yaitu Faculty of Landscape Planning, Horticulture and Agricultural Sciences; Faculty of Natural Resourcesand Agriculture Sciences; Faculty of Veterinary Medicine and Animal Science; dan terakhir Faculty of Forest Sciences. 

Kampus pusatnya memang di Uppsala, tetapi beberapa fakultas lain tersebar di wilayah yang berbeda. Kampus yang sering disingkat SLU ini berada di bawah Ministry of Rural Affairs Swedia. 

Baca Juga: 7 Kampus Psikologi Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019

4. Michigan State University, Amerika Serikat

6 Kampus dengan Studi Pertanian Terbaik di Duniainstagram.com/msuentomology

Tak pernah gembar-gembor negara agraris, Amerika Serikat sebenarnya salah satu negara di dunia yang punya hasil pertanian melimpah. Bahkan mereka sangat melindungi kepentingan para petani dengan memblok segala bahan pertanian mentah yang masuk lewat bandara mereka. 

Tak heran kalau banyak kampus di sana yang memiliki program pertanian dan peternakan yang keren dan selalu masuk jajaran terbaik dunia. Salah satunya Michigan State University. Meski tak masuk dalam yayasan bergengsi Ivy League dan termasuk kampus negeri, MSU adalah satu dari kampus favorit. Fakultas Pertanian dan Ilmu Terapan memang yang tertua di sini, jadi tak heran kalau sampai sekarang ia tetap jadi favorit. 

5. AgroParis Tech, Perancis

6 Kampus dengan Studi Pertanian Terbaik di Duniainstagram.com/agroparistech/

Nama resminya adalah Paris Institute of Technology for Life, Food and Environmental Sciences, tetapi ia memang lebih dikenal dengan Agro ParisTech. Ia termasuk dalam jajaran kampus elite yang tergabung dalam klub Grande Ecoles. 

Tak heran kalau kamu harus melalui persaingan ketat untuk bisa jadi salah satu mahasiswanya. Ada lima fakultas di sini, yaitu Agronomy, Forestry, Water and Environmental Science and Technology; Life Science and Health; Science and Engineering for Food and Bioproducts; Social science, Economics and Management; terakhir
Modeling: Mathematics, Informatics and Physics

6. University of Reading, Inggris

6 Kampus dengan Studi Pertanian Terbaik di Duniainstagram.com/millieannesaha

Kampus ini ternyata tak hanya ada di Inggris, ia punya cabang lain di Malaysia. Program pertaniannya didapuk jadi salah satu yang terbaik dan terlengkap di dunia. Tak hanya studi lapangan biasa, di sini kamu punya banyak pilihan program PKL yang bisa dipilih sesuai kemampuan dan minat.

Tak seperti Amerika Serikat, di Inggris kamu tetap harus mengerjakan skripsi, tetapi masa belajarnya hanya 3 tahun untuk S1. Untuk S2, UoReading juga punya banyak pilihan jurusan pertanian yang bisa kamu pilih, termasuk studi tentang hewan dan lingkungan. 

Tertarik belajar pertanian di negeri orang? 

Baca Juga: 10 Kampus Top Dunia Tahun 2019, Siap Kuliah di Kampus Terbaik?

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You