Comscore Tracker

Apa yang Dimaksud dengan Sikap Toleransi? Ini 5 Pengertiannya

Sikap yang menghasilkan harmonisasi di berbagai situasi

Sikap toleransi adalah tindakan seseorang untuk menghargai dan menghormati segala jenis perbedaan yang ada. Perbedaan bukanlah sesuatu yang perlu diperdebatkan. Sering kali terjadi di tengah masyarakat yang memiliki perbedaan, entah sikap, kebiasaan, pendapat dan lainnya, kerap memicu perdebatan yang tak sehat, hingga menimbulkan konflik dan pertengkaran.

Inilah mengapa, sikap toleransi perlu ditanamkan dalam diri, agar bisa tercipta kerukunan antara sesama manusia. Berbicara tentang ini, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan sikap toleransi? Nah, supaya kamu lebih tepat lagi dalam menanamkan sikap ini dan mampu menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Berikut lima pengertian tentang sikap toleransi.

1. Sikap yang mampu menerima perbedaan secara bijaksana 

Apa yang Dimaksud dengan Sikap Toleransi? Ini 5 Pengertiannyailustrasi menghargai perbedaan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Sikap toleransi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan sikap ini adalah sikap di mana seseorang bisa menerima segala jenis perbedaan yang ada secara bijaksana. Perbedaan bukanlah hal yang perlu didebatkan, karena setiap orang berhak atas dirinya.

Entah itu, terkait pandangannya, cara berperilakunya, caranya menghadapi masalah, latar belakangnya, dan perbedaan lainnya. Inilah mengapa, sikap toleransi perlu dimiliki oleh setiap manusia. Harapannya yaitu, supaya perbedaan bukanlah menjadi sumber konflik dan pertengkaran. Namun, menjadi sumber yang bisa saling melengkapi.

Maka, ketika kamu melihat atau mengetahui ada perbedaan di antara kamu dan orang lain. Cobalah untuk gak langsung menolaknya. Akan tetapi, terimalah dulu dan cari sisi positifnya. Dengan begitu, kebijaksanaanmu terhadap perbedaan tersebut, mampu memberikan manfaat dan kebaikan untuk bersama.

2. Sikap yang bisa menghadirkan kedamaian dalam kehidupan 

Apa yang Dimaksud dengan Sikap Toleransi? Ini 5 Pengertiannyailustrasi hubungan sosial yang sehat (pexels.com/fauxels)

Toleransi juga merupakan sikap dari manusia yang bisa menghadirkan kedamaian dalam kehidupan. Jika, satu dengan yang lainnya memiliki toleransi di dalam dirinya masing-masing, maka dunia ini akan terasa tenang dan damai. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Terkadang, antara satu karakter dengan karakter yang lain, bisa saling merasakan ketidakcocokan.

Ini memang wajar, tapi agar gak menimbulkan kesalahpahaman, maka dibutuhkan sikap toleransi. Sikap toleransi sendiri adalah sikap seseorang yang mampu menghadirkan suasana damai. Sebab, setiap manusia nantinya akan belajar untuk mengerti dan memahami karakter dari orang lain.

Dengan begitu, kesalahpahaman yang dikarenakan perbedaan karakter, bisa teratasi dan gak menimbulkan masalah-masalah baru. Toleransi benar-benar berfungsi untuk diterapkan dalam lingkungan sosial, agar bisa tercipta kedamaian di tengah masyarakat.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Generasi Z Harus Punya Rasa Toleransi, Mendamaikan!

3. Sikap saling menghargai dan menghormati 

Apa yang Dimaksud dengan Sikap Toleransi? Ini 5 Pengertiannyailustrasi sikap saling menghargai (pexels.com/Keira Burton)

Pengertian sikap toleransi berikutnya yaitu, sikap saling menghargai dan menghormati terhadap berbagai hal yang berbeda. Bisa berupa perbedaan status sosial, kondisi finansial, agama, suku, budaya, hingga cara pandang. Dengan bertoleransi, maka artinya setiap manusia mampu saling menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan tersebut.

Bahkan, tak hanya itu saja, lho. Menghargai dan menghormati perbedaan fisik seseorang pun, termasuk dalam bentuk sikap toleransi. Maka, tak boleh saling menghina dan menghakimi, karena sikap tersebut berlawanan dengan pengertian sikap toleransi yang sejati.

Manusia diciptakan secara berbeda. Akan tetapi, perbedaan tersebut bukanlah menjadi sesuatu untuk dipandang secara negatif. Dengan menanamkan sikap toleransi, maka kamu bisa menjadikan sikap ini sebagai kekuatan dan dorongan untuk menilai sesuatu secara lebih positif lagi.

4. Sikap memperlakukan orang lain dengan baik 

Apa yang Dimaksud dengan Sikap Toleransi? Ini 5 Pengertiannyailustrasi bersikap ramah dengan tersenyum (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tak peduli tentang tingginya jabatan yang disandang oleh orang lain. Gak juga melihat seseorang hanya dari sisi materi yang dimilikinya. Inilah pengertian berikutnya, tentang sikap toleransi. Sikap yang mampu memperlakukan orang lain secara sama, yaitu baik, sopan dan santun.

Perbedaan tentang aspek-aspek kehidupan, sebaiknya jangan sampai membuatmu menjadi orang yang pilih kasih. Di mana kamu hanya baik hati kepada orang-orang yang berjabatan tinggi atau kaya akan materi saja. Siapa pun orangnya, itu adalah sama, yaitu sama-sama manusia yang perlu diperlakukan dengan baik.

Inilah sebabnya, mengapa sikap toleransi perlu ditanamkan sejak dini di dalam diri. Supaya nanti, ketika kamu berinteraksi di kehidupan nyata, perilakumu bisa adil dan bijaksana terhadap siapa saja. Jadilah sosok yang bertoleransi tinggi, agar kehadiranmu di dunia ini menjadi inspirasi untuk banyak orang dalam menolak sebuah diskriminasi.

5. Sikap yang menunjukkan kesadaran bahwa setiap orang berhak berbeda 

Apa yang Dimaksud dengan Sikap Toleransi? Ini 5 Pengertiannyailustrasi memiliki kesadaran setiap orang boleh berbeda (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Setiap orang terlahir berbeda. Kemudian, dalam pertumbuhannya pun berbeda, hingga saat sudah dewasa, pola pikirnya pun bisa berbeda. Inilah pentingnya memiliki sikap toleransi. Sebab, sikap ini merupakan sikap yang menunjukkan kesadaran, bahwa setiap orang berhak untuk menjadi berbeda.

Sungguh sangat bijaksananya sikap ini, karena gak akan memaksakan kehendak diri kepada orang lain, serta gak menghakimi ketika ada seseorang yang berbeda dengan dirinya. Sejatinya, sikap toleransi memanglah sebuah keadaan mengerti, memahami dan menerima segala perbedaan yang ada.

Tanamkanlah sikap toleransi dalam diri, karena sangat bermanfaat untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Sikap ini mampu memberikan ketenangan diri, kedamaian antara sesama manusia, hingga menjaga kerukunan dalam bermasyarakat. Kuncinya adalah berikan kebebasan kepada orang lain untuk menjalankan hak-hak yang dimilikinya.

Perbedaan bisa menjadi sumber kebahagiaan, jika dalam menyikapinya selalu melibatkan sikap toleransimu. Gak perlu menilai benar dan salahnya atas perbedaan tersebut. Hindari bersikap menghakimi sesuatu yang berbeda denganmu. Junjung tinggi sikap toleransi, agar mampu menciptakan situasi dan kondisi yang penuh harmonisasi.

Baca Juga: Indahnya Toleransi Beragama Warga Papua saat Rayakan Idul Fitri

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya