Comscore Tracker

5 Cara Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri Impian Tahun Ini

#IDNTimesLife Bangku kuliah pasti bisa kamu raih

Memasuki semester genap, tentunya para siswa yang berada di kelas 12 mulai membahas kampus atau perguruan tinggi yang akan dituju ketika lulus. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sendiri masih jadi pilihan favorit bagi mereka.

Namun, jika ingin masuk PTN, kamu harus bersaing dengan ribuan orang terlebih dahulu. Tapi, bukan berarti kamu mustahil masuk ke PTN. Dikutip dari pres rilis Ruangguru, berikut cara sukses masuk perguruan tinggi impian tahun ini.

1. Kenali dirimu dengan baik serta fokuskan pada kemampuan dan minatmu

5 Cara Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri Impian Tahun Iniunsplash.com/@kellysikkema

Sebelum mendaftarkan diri ke kampus impian, sebaiknya kamu mengetahui hal yang menjadi minat dan kemampuan atau potensi apa yang ada pada dirimu. Dengan mengukur kemampuan diri, kelak kamu bisa memaksimalkan kemampuan yang dimiliki.

Saat sudah mengetahui kemampuan, minat, dan bakatmu, kamu akan lebih mudah menentukan program studi yang paling cocok. Kamu pun dapat fokus dan melakukan persiapan apa saja dalam rangka menyusun strategi melawan persaingan.

2. Pilihlah jalur seleksi yang tepat! Pahami mana yang sesuai dengan kemampuanmu

5 Cara Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri Impian Tahun IniPexels.com/Zen Chung

Pada umumnya, ada tiga jalur masuk menuju kampus yang kamu inginkan, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan Seleksi Mandiri.

SNMPTN adalah jalur yang bertujuan untuk menjaring siswa yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Jika kamu ingin mengambil jalur ini, perhatikan segala aspek mulai dari nilai rapor dan prestasi akademik yang pernah kamu ikuti.

Kamu harus memastikan bahwa nilaimu masuk dalam 40 persen tertinggi jika sekolahmu terakreditasi A, 25 persen untuk sekolah akreditasi B, dan 5 persen untuk sekolah berakreditasi C. Prestasi non-akademis yang kamu miliki juga bisa jadi pertimbangan untuk menunjang daya saing di SNMPTN.

Sementara jalur UTBK atau SBMPTN bertujuan menjaring siswa yang memiliki keterampilan di bidang akademis dan skolastik. Kesuksesan SBMPTN diukur dengan kemampuanmu dalam menguasai materi pelajaran pokok sesuai jurusan (IPA atau IPS) dan potensi skolastik.

Lalu, ada Seleksi Mandiri. Jalur ini bertujuan untuk menjaring siswa dengan profil kompetensi akademik yang sesuai profil PTN tertentu. Jalur ini diadakan dan dikelola langsung oleh masing-masing kampus terkait. 

Baca Juga: Ada 3 Rektor PTN Perempuan, Menteri Muhadjir: Ini Kebangkitan Kaum Ibu

3. Pahami prosedur seleksi PTN. Jangan sampai salah dan keliru!

5 Cara Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri Impian Tahun IniPexels.com/Armin Rimoldi

Ketika mengikuti seleksi PTN, kamu akan melewati proses yang cukup panjang. Tak sedikit yang gagal mengikuti seleksi SBMPTN karena kekeliruan saat pengisian administrasi.

Kamu juga harus update mengenai info terbaru. Jangan sampai salah dan jangan sampai keliru!

Untuk info terbaru, kamu bisa membuka website resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Jika kamu mengalami kesulitan, segera konsultasikan dengan pihak sekolahmu ya!

4. Perbanyak latihan soal. Belajar di luar sekolah bisa menjadi alternatifnya

5 Cara Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri Impian Tahun Iniunsplash.com/@firmbee

Kamu bisa mengerjakan soal try out yang sekarang sudah banyak dipublikasikan secara gratis di internet. Pilihan lainnya, kamu bisa belajar di luar rumah, seperti les, agar bisa menemukan suasana baru. 

Dengan memperbanyak latihan, kamu bisa lebih percaya diri saat hari tes tiba. Tak perlu gugup dan grogi. Beberapa orang tidak bisa mengerjakan soal karena perasaan tersebut.

Jangan pula tergiur iming-iming yang menjanjikan cara instan untuk lolos seleksi masuk PTN, seperti calo! Pihak LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) telah menerapkan berbagai strategi dan memperketat sistem monitoring agar tak terjadi kecurangan

5. Usaha yang maksimal dan doa adalah kunci kesuksesan

5 Cara Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri Impian Tahun Iniunsplash.com/@eliottreyna

Yang terakhir adalah usaha maksimal yang disertai doa dan tawakal. Tanpa adanya doa dan tawakal, kamu bisa merasa terpuruk jika menemui kegagalan.

Dengan berusaha sebaik mungkin dan berdoa serta tawakal, kamu akan lebih mudah bersyukur atas apa yang sudah kamu dapati. Kamu akan lebih ikhlas dengan hasil akhirnya.

Sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja tips untuk masuk ke PTN impian? Ayo semangat dan persiapkan dirimu! Jangan lupa berdoa agar mendapat hasil yang maksimal!

Baca Juga: UIN Raden Intan Raih Penghargaan Tertinggi PTN Islam

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya