Comscore Tracker

7 Jurus Jitu Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Gak Bikin Malas

#IDNTimesLife Gak selalu harus buka buku

Saat ini, Bahasa Inggris menjadi bahasa asing yang banyak digunakan di dunia. Selain sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, Bahasa Inggris juga jadi salah satu bahasa yang dipelajari hampir di seluruh institusi pendidikan di dunia, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, penting sekali untuk kita mendalami Bahasa Inggris sejak dini. Dilansir Ruangguru, berikut 7 jurus jitu belajar Bahasa Inggris yang seru dan gak bikin malas.

1. Menonton film dengan subtitle bahasa yang berbeda

7 Jurus Jitu Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Gak Bikin Malasunsplash.com/@anniespratt

Saat kamu menonton film, biasakan untuk mengubah terjemahannya. Jika menonton film Indonesia, kamu bisa menambahkan subtitle berbahasa Inggris. Sebaliknya, jika menonton film barat, kamu bisa mengubah subtitle-nya menjadi bahasa Indonesia.

Saat hal tadi dilaksanakan, kamu bisa mendengarkan (listening) dan membaca terjemahan (reading) sekaligus. Penggabungan dua keterampilan tersebut dapat mendukungmu menerjemahkan kata per kata.

Kamu juga bisa mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Hal ini membantumu agar terbiasa mendengarkan kosakata dalam bahasa Inggris.

2. Mendengarkan lagu dalam Bahasa Inggris dan mencari liriknya

7 Jurus Jitu Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Gak Bikin Malasunsplash.com/@comparefibre

Di zaman teknologi yang sudah maju ini, kamu bisa mendengarkan lagu kapan pun dan di mana pun hanya dengan satu aplikasi musik. Saat mendengarkan lagu, kamu juga bisa mencari liriknya di browser kamu.

Jadi sambil mendengarkan, kamu dapat memahami apa arti dari lirik dalam lagu tersebut. Hal ini membantumu untuk memperkaya vocabulary.

3. Gunakan hobi sebagai sarana untuk berbicara dalam Bahasa Inggris. Misalnya, bergabung dalam forum atau komunitas games dari seluruh dunia

7 Jurus Jitu Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Gak Bikin Malasunsplash.com/@anniespratt

Melalui hobi, kamu dapat berinteraksi dengan orang-orang yang pandai berbahasa Inggris. Jika senang bermain games, seperti Among Us atau Fortunite, kamu bisa bergabung dalam forum yang berisi sekumpulan orang dari seluruh dunia.

Kamu bisa mempraktikkan Bahasa Inggris dalam forum tersebut. Meskipun belum fasih, kamu gak perlu khawatir! Semakinsering berlatih, lambat laun kamu akan terbiasa dan lancar berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Baca Juga: 9 Kosakata Bahasa Jawa yang Miliki Kemiripan dengan Bahasa Inggris!

4. Gunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa bawaan pada perangkat ponselmu atau gawai yang lainnya

7 Jurus Jitu Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Gak Bikin Malasunsplash.com/@glvrdru

Cobalah untuk mengubah tampilan bahasa di perangkat digitalmu menjadi Bahasa Inggris! Begitu pula berlaku pada browser atau sosial media lainnya.

Jika menggunakan Google Chrome, kamu bisa menambahkan fitur Bahasa Inggris sebagai penerjemah. Dengan begitu, kamu bisa memahami halaman yang kamu cari dan bisa menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia.

5. Untuk melatih kepercayaan diri saat berbahasa Inggris, berlatihlah menggunakan cermin!

7 Jurus Jitu Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Gak Bikin MalasPexels.com/Gabby K

Mungkin saat berbicara Bahasa Inggris, kamu merasa grogi dan gugup. Solusi yang tepat adalah berlatih di depan cermin. 

Meskipun kamu masih terbata-bata, jangan takut! Semakin kamu berlatih, maka kemampuan berbicaramu akan semakin lancar dan tidak lagi grogi.

6. Carilah teman untuk praktik Bahasa Inggris

7 Jurus Jitu Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Gak Bikin Malaspexels.com/Mary Taylor

Selain berlatih di depan cermin, kamu bisa minta bantuan teman yang memiliki level penguasaan Bahasa Inggris sama atau yang lebih tinggi. Mulailah dari yang sederhana, seperti perkenalan, lalu ajukan pertanyaan, atau kamu bisa menjawab pertanyaan darinya!

Jangan berekspektasi melakukan percakapan penuh di awal! Lakukanlah semua dengan perlahan!

Kamu juga dapat berbicara dengan teman atau kerabat yang memang tidak begitu paham Bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan memiliki pengalaman berbicara tanpa tekanan ketika salah dalam berbicara.

7. Ikut kursus Bahasa Inggris

7 Jurus Jitu Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Gak Bikin Malaspexels.com/@katerina holmes

Jika enggan meminta bantuan pada orang terdekat, kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris. Dengan mengikuti kursus, kamu dapat dibimbing secara langsung oleh orang-orang yang ahli.

Orang yang ahli itu bisa dari kalangan lokal yang lihai berbahasa Inggris atau native speaker (orang asing yang memang berbahasa Inggris). Bahkan saat pandemik seperti sekarang, kamu bisa mengikuti kursus online seperti di English Academy by Ruangguru.

Itu dia jurus jitu yang bisa kamu praktikan sendiri di rumah. Intinya jangan lupa untuk banyak membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris. Karena semakin kamu banyak berlatih, kemampuan berbahasa Inggrismu akan semakin lancar. Semangat!

Baca Juga: [QUIZ] Tes Pengetahuan Tentang Bahasa Jawa, Ada yang Mirip Bahasa Inggris!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya