Comscore Tracker

5 Tips Jitu agar Menjadi Mahasiswa yang Aktif, Jadi Lebih Kritis!

Mahasiswa harus beda

Menjadi mahasiswa adalah suatu kebanggaan tersendiri sekaligus tanggung jawab yang besar. Berbeda dengan siswa SMP ataupun SMA, mahasiswa cenderung memiliki sifat dewasa dalam berpikir dan menentukan sebuah sikap yang harus diambil.

Mahasiswa dituntut aktif dan kritis dalam menyikapi sesuatu, baik itu di dalam kelas, organisasi, maupun nanti ketika terjun ke masyarakat. Harapannya, mahasiswa dapat melatih pola pikir dalam memecahkan suatu permasalahan dan tidak memiliki sikap yang apatis terhadap lingkungan sekitar. Maka dari itu, penting sekali bagi seorang mahasiswa memiliki jiwa yang aktif dan kritis. Nah, bagaimana tipsnya? Yuk simak dengan baik!

1. Berani berbicara

5 Tips Jitu agar Menjadi Mahasiswa yang Aktif, Jadi Lebih Kritis!ilustrasi pria berbicara di depan kelas(pexels.com/fauxels)

Keberanian kamu dalam mengungkapkan sesuatu yang kamu anggap penting merupakan kunci dari hidup ini. Jika kamu ingin dimengerti, ingin mengubah dan membangun sesuatu, maka kamu harus berani berbicara.

Mempunyai keberanian dalam berbicara merupakan langkah awal menjadi mahasiswa yang aktif. Walaupun kita punya daya intelektual tinggi dan pengetahuan yang luas sekalipun, tapi ketika itu semua tidak tersampaikan maka akan menjadi hal yang sia-sia.

2. Perbanyak membaca

5 Tips Jitu agar Menjadi Mahasiswa yang Aktif, Jadi Lebih Kritis!ilustrasi orang sedang membaca (pexels.com/Pixabay)

Membaca merupakan poin penting sebagai mahasiswa. Dengan membaca, mahasiswa akan mendapatkan beberapa manfaat, yaitu ilmu yang luas, bisa mendapatkan ide dan gagasan, paham akan sejarah, banyak referensi, dan masih banyak lagi. Dengan membaca, kita bisa lebih peka dan mulai dekat akan kebenaran yang hakiki.

Namun, saat ini tampaknya minim sekali minat baca pemuda, khususnya mahasiswa. Mereka membaca jikalau ada tugas dari dosen atau karena ingin menyelesaikan skripsi, tesis, dan disertasi. Kemampuan membaca harus diasah. Semakin banyak membaca, sedikit demi sedikit pola pikir akan berubah.

Baca Juga: 5 Tips Jitu dalam Memilih Teman untuk Partner Bisnis, Harus Jeli!

3. Buatlah kelompok diskusi

5 Tips Jitu agar Menjadi Mahasiswa yang Aktif, Jadi Lebih Kritis!ilustrasi orang sedang berdiskusi(pexels.com/fauxels)

Berdiskusi merupakan kegiatan saling bertukar pikiran, ide, dan saling menanggapi satu sama lain untuk menghasilkan kesimpulan yang dapat diterima oleh masing-masing pihak. Berbeda dengan debat, diskusi terkesan lebih santai dan fleksibel.

Seorang mahasiswa harus memperbanyak diskusi dan menghidupkan budaya literasi. Bentuklah kelompok diskusi skala kecil maupun besar agar kita dapat berpikir luas terhadap suatu permasalahan. Jangan sampai mahasiswa terombang-ambing mengikuti arus globalisasi.

4. Belajar dengan semangat

5 Tips Jitu agar Menjadi Mahasiswa yang Aktif, Jadi Lebih Kritis!ilustrasi wanita belajar dengan semangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Semangat merupakan faktor penting dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari, termasuk dalam pembelajaran. Biasanya, orang yang belajar dengan rasa semangat akan cenderung lebih mudah mendapatkan ilmu daripada orang yang loyo, lemas, dan bertele-tele.

Hal ini dikarenakan rasa semangat yang timbul dalam diri akan mendorong seseorang untuk mendapatkan suatu hal yang baru dan merasa haus ilmu pengetahuan. Dengan adanya semangat yang baik dalam belajar, kamu akan menjadi mahasiswa yang aktif.

5. Carilah teman belajar

5 Tips Jitu agar Menjadi Mahasiswa yang Aktif, Jadi Lebih Kritis!ilustrasi belajar bersama teman(pexels.com/cottonbr studio)

Tak kalah pentingnya, mencari teman atau partner dalam belajar merupakan salah satu metode dalam belajar yang patut dicoba. Karena dengan adanya teman yang memberikan support kepada kita akan membangkitkan rasa semangat dalam belajar.

Jika kamu ingin menjadi seorang mahasiswa yang aktif, carilah teman yang bisa membantumu dalam hal intelektual maupun emosional. Selain itu, saling mendukung satu sama lain sehingga terjalin hubungan yang baik. 

Tanggung jawab sebagai mahasiswa harus ditanamkan dalam diri masing-masing, jangan sampai titel mahasiswa hanya sekedar almamater belaka. Mahasiswa harus mempunyai pandangan luas, berkarakter, kemampuan berinteraksi, penguasaan intelektual, dan emosional. Dengan demikian, kita dapat mengetahui identitas sejati dari seorang mahasiswa. Nah, itulah beberapa tipsnya, sekarang sudah tahu kan harus berbuat apa?

Baca Juga: 5 Tips Jitu Dapatkan Penghasilan ala Mahasiswa Zaman Now!

Faqih Firdaus Photo Verified Writer Faqih Firdaus

Ikatlah ilmu dengan tulisan, menulis untuk keabadian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya