Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Tetap Harus Bersyukur Gak Lulus Kuliah Tepat Waktu

#EdFunFact: Semua orang akan lulus pada waktu yang tepat

Saat awal – awal masuk kuliah, kamu bener – bener berkoar – koar dan bersemangat untuk bisa mengejar IP tinggi dan lulus kuliah tepat waktu bahkan  maunya sih  kurang. Tapi ternyata realita tak seindah harapan, ada suatu masa kamu gagal dan harus memperbaiki hingga kamu tak bisa lulus kuliah tepat waktu. saat hal itu terjadi, otomatis kamu bakal sedih banget dan merasa dunia gak adil.

Meski begitu, kamu harus tetep bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan punya rencana yang lebih indah untuk hidupmu. 5 alasan di bawah ini wajib kamu baca karena semua masalah pasti ada hikmahnya.

1. Gak lulus tepat waktu akan kasih waktu kamu buat lebih dewasa

5 Alasan Kamu Tetap Harus Bersyukur Gak Lulus Kuliah Tepat Waktupexels.com/ Anna Madeleine Uribe

Dunia rasanya runtuh dan gak adil buat kamu, tapi saat hal ini terjadi ada satu hal yang membuat kamu sadar yaitu arti kehidupan. Disini kamu bakal ngerasain bahwa hidup gak serta merta berjalan selalu sesuai apa maumu dan disini kamu bakal jadi sosok yang lebih dewasa dan bijaksana dalam menjalani hidup. Kamu pun bakal bersyukur karena dengan keadaan kamu bisa dewasa.

2. Kamu mampu melihat banyak hal dan dari sisi yang jauh berbeda

5 Alasan Kamu Tetap Harus Bersyukur Gak Lulus Kuliah Tepat Waktupexels/ Bruce Mars

Disini kamu sadar bahwa kuliah gak melulu tentang lulus dan mendapatkan pekerjaan bagus, tapi kamu mulai berpikir tentang apa arti iklas menjalani hidup. Kamu akan sadar bahwa kegagalan justru akan membuatmu lebih berjuang keras dalam menjalani hidup.

Waktumu yang mangkir bisa kamu manfaatkan untuk hal yang lebih berarti seperti mulai mencari uang untuk mengurangi beban orang tua akibat dari perpanjangan masa studimu dan kamu pun akan mengerti bila mencari uang itu sulit dan butuh pengorbanan. So, bersyukurlah selalu karena semua ada hikmahnya. 

3. Kamu akan tahu apa yang kamu mau

5 Alasan Kamu Tetap Harus Bersyukur Gak Lulus Kuliah Tepat Waktupexels.com/Chetan Menaria

Dari kecil kita selalu didoktrin untuk menjadi orang sukses seperti dokter, insinyur atau ilmuwan, sehingga kita gak banyak mikir apa yang benar – benar kita mau karena kita cuma ikut – ikutan dan ngerasa itu semua keren. Jika kita saat ini gagal lulus tepat waktu, kita bakal jauh lebih berpikir soal diri kita dan jalan yang mau kita tempuh.

Apakah memang jalan ini yang mau di ambil atau jalan yang lain? Sehingga kamu pun bisa lebih mengerti soal dirimu dan apa keinginanmu dan bukan ikut – ikutan trend belaka.

4. Enggak lulus tepat waktu adalah tanda kamu bukan orang yang biasa

5 Alasan Kamu Tetap Harus Bersyukur Gak Lulus Kuliah Tepat Waktupexels.com/ Nikolai Ulltang

Yang namanya hidup pastinya gak melulu ada diatas, begitupun kita. Cobaan lulus gak bisa bareng yang lain adalah hal yang berat dan pasti kita pernah mikir kenapa harus terjadi di diri kita. Boleh jadi kita mikir kita udah sungguh – sungguh kuliah tapi kenyataannya kita tak bisa lulus tepat waktu.

Walau sulit, kita harus tetep berpikiran positif pada Tuhan karena siapa tahu Tuhan memilih kita atas cobaan ini karena emang Tuhan yakin kalau kita emang kuat menghadapinya sehingga kita bukan orang biasa yaitu orang yang kuat dan tahan banting dengan ujian kehidupan.

5. Sejatinya semua orang akan lulus pada waktunya

5 Alasan Kamu Tetap Harus Bersyukur Gak Lulus Kuliah Tepat Waktupexels.com/pixabay.com

Emang bener kuliah tepat waktu dan cumlaude pastinya merupakan suatu prestasi yang membanggakan dan menjadi dambaan setiap orang. Tapi, kita tetep harus berpikir kalau kuliah itu bukan cuma tentang nilai dan akademik. Percuma pinter akademik tapi kikuk dalam kehidupan yang nyata. Ketika kuliah kita banyak berproses dalam belajar karena dunia kuliah merupakan cerminan dunia saat kita terjun ke masyarakat nantinya.

Saat kuliah kita musti bener – bener belajar arti kehidupan karena itu semua bakalan kepake setelah kita lulus. Sejatinya nilai kesabaran dalam bangku perkuliahan akan mengantarkan kita menjadi orang yang berhati baja dan kuat dalam cobaan apapun. Semua orang tentu akan lulus pada waktu yang benar – benar tepat sehingga bersyukurlah kamu sudah mampu menghadapi cobaan ini dengan baik.

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya