Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Membaca di Pagi Hari, Banyak Manfaat!

Awali pagimu dengan membaca, yuk!

Selain dapat menambah ilmu, membaca merupakan suatu kegiatan yang punya banyak manfaat untuk tubuh. Namun sayangnya seiring kemajuan zaman, kesibukan orang-orang pun bertambah sehingga kebanyakan orang cenderung tidak memiliki waktu untuk membaca.

Padahal tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk membaca, apalagi membaca di pagi hari yang rupanya punya banyak manfaat, lho. Manfaat apa saja ya kira-kira? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

1. Informasi lebih mudah diterima saat pagi hari

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Membaca di Pagi Hari, Banyak Manfaat!ilustrasi membaca (unsplash.com/Joel Muniz)

Pagi hari dapat dikatakan sebagai golden time atau waktu paling baik bagi tubuh. Di waktu pagi, energi di tubuh kita baru saja terisi penuh karena telah beristirahat semalaman. Apalagi jika istirahat tersebut berkualitas, tentu tubuh akan terasa semakin segar dan sehat.

Oleh karenanya, pagi juga menjadi waktu terbaik untuk membaca. Di pagi hari, informasi lebih mudah diterima oleh otak. Berbeda dengan siang hari ataupun sore hari. Di waktu-waktu tersebut, tubuh dan otak cenderung sudah lelah dengan aktivitas yang telah dilakukan sebelumnya sehingga informasi yang didapat dari tulisan mungkin menjadi sulit diterima.

2. Membantu konsentrasi seharian

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Membaca di Pagi Hari, Banyak Manfaat!ilustrasi konsentrasi (unsplash.com/Ben White)

Ada banyak cara untuk melatih konsentrasi, dan membaca adalah salah satunya. Membaca menjadi salah satu metode melatih otak untuk memproses dan memaknai arti dari sebuah tulisan.

Oleh karenanya, orang yang lebih sering membaca punya kemampuan konsentrasi yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak pernah membaca. Maka dari itu, membaca di pagi hari menjadi cara yang baik untuk mengawali aktivitas karena mampu membantu otak untuk berkonsentrasi seharian.

Baca Juga: 5 Tips Membaca Buku Bahasa Inggris bagi Pemula, biar Makin Jago! 

3. Mengurangi stres sisa kemarin

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Membaca di Pagi Hari, Banyak Manfaat!ilustrasi stres (unsplash.com/ahmad gunnaivi)

Rutinitas berulang yang dilakukan oleh manusia sering kali membuat stres. Tak mengenal usia, stres sendiri dapat dialami oleh siapapun. Pelajar, pekerja, hingga ibu rumah tangga, semua bisa mengalami stres, baik ringan maupun berat.

Oleh karenanya, jadikanlah membaca sebagai kegiatan yang kamu lakukan untuk mengawali hari. Sebuah penelitian di University of Sussex mengungkap bahwa membaca dapat mengurangi tingkat stres serta membuat otak lebih rileks. So, gak ada salahnya untuk hilangkan sisa stres hari kemarin dengan membaca di pagi hari.

4. Meningkatkan motivasi

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Membaca di Pagi Hari, Banyak Manfaat!ilustrasi motivasi (unsplash.com/Chase Clark)

Informasi yang diperoleh melalui sebuah tulisan tak jarang dapat menjadi penyemangat bagi sang pembaca. Apalagi jika tulisan yang dibaca merupakan jenis tulisan yang dapat memotivasi.

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami krisis semangat, tak ada salahnya untuk mencoba membaca setiap pagi. Motivasi yang didapat di pagi hari karena bahan bacaan yang kamu baca dapat membantu kamu untuk lebih semangat beraktivitas seharian.

5. Memperlambat dan mencegah penyakit

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Membaca di Pagi Hari, Banyak Manfaat!ilustrasi sehat (unsplash.com/Olia Nayda)

Siapa bilang tubuh sehat hanya diperoleh dengan olahraga? Buktinya dilansir dari Caring Everyday, membaca rupanya dapat memperlambat dan mencegah risiko Alzheimer, lho.

Alzheimer sendiri merupakan penyakit demensia atau penurunan daya ingat. Penyakit ini kerap disebut dengan sebutan "pikun" oleh masyarakat di Indonesia.

Setelah membaca artikel di atas, kamu jadi semakin semangat untuk membaca di pagi hari, bukan? Yuk, luangkan waktu 10-20 menit saja untuk membaca setiap pagi!

 

Baca Juga: 5 Kesalahan Membaca yang Bikin Daya Tarik terhadap Buku Hilang

Jihan Khoerunnisa Photo Verified Writer Jihan Khoerunnisa

Boleh jadi satu langkah yang kamu ambil hari ini, dapat mengubah dunia di hari esok✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya