Comscore Tracker

Kesulitan Belajar? Ini 5 Platform yang Bikin Belajar Makin Mudah 

Gak cuma mudah, tapi juga seru!

Belajar adalah kegiatan wajib bagi para murid. Setiap hari, mereka datang ke sekolah untuk menuntut ilmu, mengerjakan pekerjaan rumah, dan tak jarang yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.

Banyak yang bilang, biaya pendidikan itu mahal. Untuk mendapatkan ilmu, kita perlu mengeluarkan uang lebih agar bisa mengikuti kursus privat yang berkualitas. Padahal, sekarang banyak sekali platform belajar yang mempermudah kita untuk belajar. Mau tahu apa saja platform yang bikin belajar makin mudah? Yuk, kita cek!

1. Ruangguru mempertemukan guru dan murid di dunia online lewat perantara aplikasi

Ruangguru adalah startup yang mempertemukan guru dengan murid di dunia online. Perusahaan rintisan di bidang edukasi ini, diluncurkan pada tahun 2014 dan sudah banyak menggaet guru-guru berkualitas dari seluruh penjuru Indonesia.

Kamu bisa mendapatkan video materi pelajaran, simulasi ujian, mengobrol dengan guru privat ketika kesulitan, dan masih banyak lagi. Pokoknya, belajar menjadi tidak susah lagi!

2. Zenius Education adalah teman baikmu untuk persiapan tes perguruan tinggi

Kesulitan Belajar? Ini 5 Platform yang Bikin Belajar Makin Mudah instagram.com/zeniuseducation

Zenius adalah platform edukasi yang mungkin paling tua di Indonesia. Sejak tahun 2004, ia sudah membantu banyak pelajar untuk semakin gampang mencari ilmu. Kekhasan Zenius ada pada produk persiapan tes perguruan tinggi, yaitu ujian mandiri dan SBMPTN.

Seluruh materi yang akan diuji di SBMPTN, telah dirangkum oleh Zenius dengan video-video yang menarik. Kamu juga bisa mencoba simulasi ujian di aplikasinya. Gak hanya SBMPTN, terdapat juga simulasi ujian tertulis UGM, Simak UI, dan ujian seleksi masuk STAN lho!

3. Baru saja diluncurkan, Leson.id adalah platform latihan soal dengan fitur chat dengan tutor

Kesulitan Belajar? Ini 5 Platform yang Bikin Belajar Makin Mudah instagram.com/loker_gramedia

Leson.id adalah Ed-Tech yang fokus memberikan paket pembelajaran berupa latihan soal untuk murid. Platform ini merupakan terobosan dari Penerbit Grasindo (Gramedia Group). Soal-soal di dalamnya dibuat langsung oleh guru dan sesuai Kurikulum Nasional. Leson.id juga menyediakan fitur chat langsung dengan tutor untuk memudahkan bertanya.

Selain itu, Leson.id juga menyediakan paket pembelajaran untuk murid-murid kejuruan (SMK). Jadi, kamu yang belajar di sekolah pariwisata, ekonomi akuntansi, atau tata boga juga bisa mendapat pelajaran sesuai kurikulumnya.

Baca Juga: Bikin Belajar Makin Seru dengan Latihan Soal di Leson.id

4. Lain lagi dengan Bahaso. Ia merupakan platform belajar Bahasa Inggris yang interaktif

Platform satu ini khusus untuk kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris. Kamu juga gak perlu kesulitan mencari materi yang cocok denganmu. Bahaso menyediakan akses level dan kurikulum yang disesuaikan dengan kemampuan, kok!

Untuk mempercepat pembelajaran dan membuatnya lebih seru, Bahaso menyajikan materi dengan berbagai format seperti teks, foto, audio, dan video. Kalau kamu ingin mengikuti tes TOEFL atau IELTS, ia juga menyediakan kelas persiapan tes tersebut. Kelas dibimbing langsung dengan tutor yang berpengalaman, lho!

5. Tidak terbatas pada pelajaran sekolah, Superprof menawarkan kursus privat dengan tutor yang bisa kita pilih sendiri

Kesulitan Belajar? Ini 5 Platform yang Bikin Belajar Makin Mudah instagram.com/superprof.id

Kalau platform sebelumnya menyediakan materi belajar secara online, startup satu ini sedikit berbeda. Superprof adalah perusahaan rintisan yang mempertemukan orang yang butuh tutor dengan seseorang yang ingin menjadi tutor. Kita bisa mencari tutor yang pas dengan keinginan dan juga budget kita. Pertemuan belajarnya pun bisa diatur sendiri.

Kalau punya keterampilan di bidang tertentu, kamu juga bisa menjadi tutor lho! Siapa pun bisa menjadi tutor untuk bidang apa pun, baik akademik ataupun non akademik. Kita juga bisa menentukan sendiri harga dan tempat belajar bersama murid.

Semoga daftar tadi bermanfaat untukmu, ya! Dari lima platform yang bikin belajar makin mudah, mana yang paling cocok buatmu?

Baca Juga: Resmi dari Pemerintah, Ini 6 Alasan Perlu Coba Layanan Rumah Belajar 

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya