Comscore Tracker

Apa yang Dimaksud Wawancara Kelompok? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Pernah mendengar jenis wawancara ini?

Wawancara adalah sebuah kegiatan yang dilakukan antara pewawancara dan narasumber guna menggali informasi atau mendapat kesaksian langsung dari sumber berita. Materi tentang wawancara ini sudah diajarkan kepada kamu saat sekolah dulu. Coba, ada yang masih ingat sub materi pelajaran Bahasa Indonesia berikut ini?

Secara jumlah narasumber, wawancara dibagi menjadi tiga jenis, yakni wawancara individu, kelompok dan konferensi. Nah, apa yang dimaksud dengan wawancara kelompok? Wawancara kelompok adalah wawancara yang dilakukan suatu kelompok yang terdiri dari beberapa orang kepada satu subjek narasumber. 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Wawancara Individual? Ini Penjelasannya

Tujuan dan contoh wawancara kelompok yang sering dilakukan dalam kehidupan 

Apa yang Dimaksud Wawancara Kelompok? Ini Penjelasan Lengkapnya!ilustrasi wawancara (pixabay.com/mmamontov)

Jenis wawancara kelompok ini memang menjadi jenis wawancara yang membuat narasumber sedikit akan merasa terintimidasi. Karena pastinya sangat nervous diwawancarai oleh banyak orang sekaligus. Tujuan dari wawancara ini adalah mengetahui secara bersamaan mengenai beberapa jenis informasi dari narasumber. 

Nah dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kamu akan menemui jenis wawancara ini dalam sebuah wawancara kerja, wawancara beasiswa dan wawancara saat masuk sekolah. Biasanya yang mewawancarai adalah orang-orang yang memiliki disiplin ilmu masing-masing. 

Seperti contohnya saat wawancara kerja, pasti ada HRD yang ingin mengulik psikologis calon pelamar, user yang ingin mengulik kinerja calon pelamar, dan lain-lain. Jadi jangan heran kalau di tahap interview ini bisa banyak orang yang gagal untuk mendapat sesuatu.

Nah, itulah penjelasan mengenai wawancara kelompok yang perlu kamu ketahui. Tentunya persiapan mental saat wawancara ini harus dipersiapkan dengan matang. Supaya jangan sampai karena nervous kamu jadi blank terhadap pertanyaan pewawancara. 

Baca Juga: Tips Sukses Wawancara Kerja dengan Metode STAR, Ngomong Lebih Teratur!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya