Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Kamu Baca 

Millennials dan generasi Z merapat, yuk! 

Ada yang butuh rekomendasi buku bacaan tentang self development atau pengembangan diri? Kalian beruntung banget sudah mampir di sini. Pengembangan diri memang penting banget bagi kehidupan. Pasalnya, poin penting tentang pengembangan diri ini jarang dijelaskan di sekolah.

Bahasan seperti keuangan, mental, gaya hidup, dan cara berkomunikasi yang baik perlu kamu kuasai. Hal tersebut sangat penting agar hidup lebih damai dan berkesan. Penasaran buku apa saja? Simak ulasan di bawah ini hingga selesai, ya!

1. The Life Changing Magic of Tidying Up

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Kamu Baca The Life Changing Magic of Tidying Up (instagram.com/coffee.cocktails.copyrights)

Ada yang sudah baca buku ini belum? Buku ini ditulis oleh Marie Kondo, salah satu pengelola bisnis konsultan asal Jepang. Bagi kalian yang merasa tidak lihai dalam mebersihkan ruangan, wajib banget baca buku Seni Beres-Beres dan Metode Merapikan ala Jepang atau disebut The Life Changing Magic of Tidying Up. Salah satu bahasan yang menarik dalam buku ini adalah buanglah barang yang sudah tidak berguna dan simpan saja barang-barang yang membuatmu semangat.

2. How to Win Friends and Influence People 

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Kamu Baca How to Win Friends and Influence People (instagram.com/joeknowsthemarket)

Selanjutnya, ada buku karya Dale Carnegie. Buku ini dibuat dengan 2 versi. Ada yang versi klasik dan ada versi digital age. Pada versi digital age, buku ini menjelaskan tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik menggunakan diplomasi dan takik di era digital ini. Ia menyebutkan bahwa agar kita bisa memengaruhi orang di sekitar, kita sebaiknya ambil hati mereka terlebih dahulu. Baru, berikan pesan yang akan disampaikan. Selain itu, agar kalimat perintah kita didengar oleh lawan bicara, ubahlah menjadi bentuk pertanyaan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku buat Kamu yang Sedang Lelah Menjalani Hidup

3. Bicara itu Ada Seninya 

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Kamu Baca Bicara itu ada Seninya (instagram.com/bingkaistory)

Masih berkaitan dengan ilmu komunikasi, kali ini ditulis oleh Oh Su Hyang Asal Korea. Ia Lebih menekankan bagaimana cara pengucapan, gestur tubuh, dan pelafalannya. Hal yang menarik dalam buku ini disebutkan bahwa memuji pasangan itu sangat penting. Apalagi bagi pasangan suami istri, hal ini wajib sekali.

Meskipun sibuk, sering-seringlah bertanya hal sepele kepada pasangan. Apalagi tentang pekerjaannya. Agar beban pasangan sedikit berkurang dengan bercerita denganmu.

4. Rich Dad Poor Dad 

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Kamu Baca Rich Dad Poor Dad (instagram.com/_tanmay_barman_)

Beralih ke masalah keuangan, ada buku Rich Dad Poor Dad karya Robert T. Kyosaki yang wajib banget kamu baca. Buku ini mengulas tentang pentingnya pendidikan mengelola keuangan sejak dini. Pendidikan keuangan biasanya tidak secara eksplisit dijelaskan di sekolah. Di sini penulis menjelaskan bahwa aset dan liabilitas itu beda.

Buku ini menepis pendapat orang yang menganggap rumah sebagai aset. Padahal, rumah itu adalah liabilitas. Selain Rich Dad Poor Dad, penulis juga menulis banyak buku lainnya yang berkaitan dengan keuangan.

5. Seni Hidup Minimalis   

5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Kamu Baca Seni Hidup Minimalis (instagram.com/syafniar)

Terakhir, ada buku Seni Hidup Minimalis karya Francine Jay. Sesuai judulnya, ada kata minimalis yang digambarkan dengan sangat detail. Dalam buku ini dijelaskan bahwa dengan memiliki sedikit koleksi barang, stres akan hilang.  

Buat kamu yang pengin membaca untuk bertujuan mengembangkan diri, daftar buku di atas bisa kamu jadikan pilihan. Ada rekomendasi buku yang lain juga? Coba beri komentar, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Love yang Bantu Hidupmu Lebih Positif

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya