Comscore Tracker

Terapkan 7 Tips Ini Supaya Gak Bolos Kuliah Saat Puasa

#RamadanMasaKini Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan

Puasa merupakan bulan penuh berkah. Sehingga, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan ya. Dari ibu rumah tangga, para pekerja, anak sekolah, hingga mahasiswa sebaiknya menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Kita harus pintar-pintar mengatur waktu, terutama jam istirahat, supaya lancar berpuasa. Bahkan, kita bisa lebih produktif jika menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang benar selama puasa. Gak percaya? Coba deh terapkan tips berikut agar kalian tetep rajin kuliah walau berpuasa.

1. Kerjakan tugas kuliah usai sahur saja. Di momen ini, pikiranmu justru sedang fresh, gak heran tugas bisa cepat selesai

Terapkan 7 Tips Ini Supaya Gak Bolos Kuliah Saat Puasapixabay.com

Kuliah pada takdirnya memang penuh dengan deadline yang bikin pusing tujuh keliling. Alangkah baiknya, untuk meminimalisir kelelahan pada bulan puasa, cobalah kerjakan tugasmu usai sahur saja. Pagi hari justru membuat pikiranmu segar dan fokus. Gak heran, tugas kuliah juga lebih cepat selesai dan kamu menjadi lebih produktif. Jangan jadikan alasan banyak tugas jadi lemas puasanya ya.

2. Terapkan resep minum air putih 2-4-2 gelas

Terapkan 7 Tips Ini Supaya Gak Bolos Kuliah Saat Puasarestaurantcoverings.com

Minum air putih itu paling penting untuk menjaga kesehatan serta ion di tubuh kamu, apalagi buat kamu yang akan menjalankan puasa dengan aktivitas yang masih padat. Saat bulan puasa, pasti kebanyakan dari kalian lebih memillih minuman-minuman manis ketimbang air mineral. Nah, saat puasa, tinggalkanlah kebiasaan buruk itu dan konsumsilah air lebih banyak. Dua gelas saat buka, empat gelas saat menjelang tidur, dua gelas saat sahur bisa diterapkan supaya tubuh tak mudah lemas, dan wajah tetap berseri.

3. Siapkanlah baju-baju kuliah yang bahannya gak panas

Terapkan 7 Tips Ini Supaya Gak Bolos Kuliah Saat Puasathegirlwithbangs.com

Biasanya sih, bulan puasa itu selalu gerah. Buat kamu yang hobi banget ke kampus pake baju ribet-ribet dengan bahan yang luar biasa panas, mending ditinggalkan dulu kebiasaan itu. Mulailah memilah-milah pakaian yang adem buat dipakai ke kampus. Gak perlu yang susah-susah, yang penting nyaman, sopan, dan rapi.

Baca juga: Checklist: Waktu di Kuliah, Kamu Sempat Melakukan 8 Hal Ini Gak?

4. Makan sahur dan buka jangan sembarangan, pastikan nutrisi lengkap kamu dapatkan

Terapkan 7 Tips Ini Supaya Gak Bolos Kuliah Saat Puasaplaybuzz.com

Saat sahur, coba deh pilih makanan yang bergizi. Jangan hanya makan mie instan doang, ya. Pilih menu sehat, misalnya perbanyak sayur dan buah. Sertakan bahan makanan yang kaya akan nutrien baik untuk tubuh.

5. Saat sahur, makanlah makanan yang banyak serat

Terapkan 7 Tips Ini Supaya Gak Bolos Kuliah Saat Puasahellodoctor.co.za

Sering denger kan kalau makan makanan yang berserat saat sahur jauh lebih baik untuk aktivitasmu di siang harinya? Nah, buat kamu yang masih memiliki banyak urusan di kampus, lebih baik perbanyaklah sahurmu dengan makann seperti pudding, buah dan semacamnya. Selain sehat, makanan berserat bakal membawamu kepada aktivitas yang optimal juga di kampus.

6. Jauhilah orang-orang di kampus yang berpotensi bikin badmood

Terapkan 7 Tips Ini Supaya Gak Bolos Kuliah Saat PuasaPhoto by Allef Vinicius on Unsplash

Pasti ada saja orang yang nggak kamu suka di kampus? Saat puasa, kamu juga harus menahan amarah dan ghibah. Makanya, kurangilah membenci orang saat bulan puasa. Kalau nggak bisa, hindari aja orang yang kamu nggak suka itu. Puasa lancar, hati senang!

7. Yang terpenting, jangan lupa untuk banyak-banyak salat biar lebih semangat dan hatimu lebih sejuk

Terapkan 7 Tips Ini Supaya Gak Bolos Kuliah Saat Puasaislamicboard.com

Apa artinya puasa kalau tidak dibarengi dengan salat? Selain menambah pahalamu di bulan yang berkah ini, salat itu dapat membuat hatimu lebih tentram, sejuk, serta tabah dari segala godaan yang menghadang.

Air wudhu yang kamu ambil pun juga akan menyegarkan dirimu yang sedang berpuasa ini. Kalau di kampus, mau sesibuk apapun, jangan sampai lupa terhadap shalat ya! Waktu senggangmu menunggu jam kuliah juga bisa kamu gunakan untuk membaca Al Quran dan dzikir, loh.

Sekarang sudah pasti semangat kan kuliahnya?

Baca juga: 5 Tanda Bahwa Kegiatan Ekstrakurikulermu Gak Efektif dan Buang Waktu

Topic:

Berita Terkini Lainnya