Comscore Tracker

5 Beasiswa untuk Program Non-Degree, Ada Student Exchange!

Benefitnya banyak, lho!

Beasiswa yang disediakan biasanya bukan hanya bersifat akademik saja. Namun, banyak pula beasiswa non-akademik atau non-degree. Biasanya, beasiswa ini berupa pertukaran pelajar, penelitian, pelatihan, dan sebagainya.

Program non-degree biasanya diselenggarakan oleh universitas, lembaga diklat, atau bahkan institusi riset. Simak deretan beasiswa non-degree yang bisa kamu ikuti di bawah ini!

1. Beasiswa Magang Penelitian Sains dan Teknik di KAUST

5 Beasiswa untuk Program Non-Degree, Ada Student Exchange!Situs Visiting Student Research Program (VSRP) KAUST (dok. KAUST)

Beasiswa pertama adalah program magang penelitian di King Abdullah University of Science and Technology (KAUST), Arab Saudi. Beasiswa ini dikhususkan untuk bidang Sains dan Teknik. Program ini dinamakan dengan Visiting Students Research Program (VSRP). Bagi peserta yang terpilih, nantinya akan dibimbing oleh mentor untuk melakukan penelitian. Penelitian yang disediakan pun terdapat lebih dari 150 proyek.

Beberapa keuntungan yang akan didapatkan adalah tunjangan hidup sekitar $1.000, asuransi kesehatan, akomodasi, tiket pesawat, biaya visa, hingga beberapa fasilitas lainnya. Program ini biasanya akan berlangsung di bulan Juli setiap tahunnya. Untuk mendaftar ke program ini, kamu harus berada di tahun ketiga S1 atau mahasiswa S2. Ketahui informasi lengkapnya dengan mengunjungi https://vsrp.kaust.edu.sa/.

2. Beasiswa CCIP Aminef di Amerika Serikat

5 Beasiswa untuk Program Non-Degree, Ada Student Exchange!Situs Community College Initiative Program Aminef (dok. Aminef)

Beasiswa non-degree berikutnya diberikan oleh lembaga Aminef, yakni merupakan institusi yang kerap memberikan beasiswa untuk warga Indonesia ke wilayah Amerika. Program yang satu ini bernama CCIP atau Community College Initiative Program. Program ini akan memberikan pelatihan dengan tujuan meningkatkan skill, kemampuan berbahasa Inggris, hingga mempelajari tentang kepemimpinan.

Nantinya, para peserta terpilih akan menempuh pelatihan selama satu tahun di Amerika Serikat. Program ini terbuka untuk lulusan SMA, SMK, D1, D2, D3, hingga S1. Benefit yang akan didapatkan adalah biaya studi, akomodasi, asuransi kesehatan, biaya hidup, dan masih banyak lagi. Tenggat pendaftarannya adalah 31 Desember 2022. Segera kunjungi https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/fellowships/community-college-initiative-program/ untuk mendaftar ke program ini.

3. Make Our Planet Great Again (MOPGA) - Campus France Scholarship

5 Beasiswa untuk Program Non-Degree, Ada Student Exchange!Situs Make Our Planet Great Again (MOPGA) Campus France (dok. Campus France)

Make Our Planet Great Again (MOPGA) merupakan program beasiswa yang disediakan oleh Campus France di Prancis. Program ini berupa penelitian yang ditujukan untuk mahasiswa S3. Pendaftarannya sudah dibuka sejak 12 Oktober 2022 dan akan ditutup pada 16 Januari 2023.

Beberapa keuntungan yang akan didapatkan adalah tunjangan bulanan, perlindungan jaminan sosial, dan asuransi kesehatan. Tentunya, semua kebutuhan penelitian pun akan ditanggung oleh pihak Campus France. Jika tertarik, kamu bisa mengunjungi https://www.campusfrance.org/en/mopga-make-our-planet-great-again-funding-programs untuk melihat persyaratan lengkapnya.

Baca Juga: 5 Beasiswa S1 ke Luar Negeri, Deadline Bulan Desember 2022!

4. Beasiswa Swiss Government Excellence Scholarships

5 Beasiswa untuk Program Non-Degree, Ada Student Exchange!Situs Swiss Government Excellence Scholarships (dok. Swiss Government Excellence Scholarships)

Selanjutnya adalah program research fellowship atau penelitian yang disediakan oleh Swiss. Beasiswa ini akan segera ditutup pada 9 Desember 2022. Bantuan beasiswa yang diberikan meliputi tunjangan bulanan, biaya hidup, dan tentunya kebutuhan penelitian selama di Swiss.

Program ini dikhususkan untuk penelitian dari mahasiswa S2 atau pascasarjana. Nantinya, para peserta terpilih akan melakukan penelitian di salah satu dari 10 universitas Swiss. Jika tertarik, kamu bisa mengunjungi https://www.sbfi.admin.ch/sbfi/en/home/education/scholarships-and-grants/swiss-government-excellence-scholarships.html.

5. Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) Aminef

5 Beasiswa untuk Program Non-Degree, Ada Student Exchange!Situs Global Undergraduate Exchange Program Aminef (dok. Aminef)

Kembali dari Aminef, programnya kali ini berupa student exchange atau pertukaran pelajar. Deadline dari program ini adalah pada tanggal 15 Desember 2022. Untuk mendaftar program ini, kamu harus merupakan WNI, berusia lebih dari 18 tahun, terdaftar sebagai mahasiswa S1/D4, serta memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

Ketika sudah selesai melakukan pertukaran pelajar, maka kamu harus berkomitmen untuk kembali ke Indonesia. Jika ingin mendaftar ke program ini, kamu bisa mengunjungi https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/fellowships/global-undergraduate-exchange-program/.

Itu dia beberapa program beasiswa untuk non-degree di luar negeri yang bisa kamu ikuti. Yuk, segera daftarkan dirimu sebelum ketinggalan!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Beasiswa S1 untuk Mahasiswa Teknik, Yuk Daftar!

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Carpe Diem

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya