Comscore Tracker

5 Rekomendasi Online Course Gratis, Bikin Belajar Lebih Mudah

#IDNTimesLife Bisa diakses di mana dan kapan saja

Mempelajari kemampuan dan keterampilan baru merupakan cara terbaik agar kalian bisa lebih sukses dalam karir.

Sebagian pekerjaan sangat menghargai kalian yang memiliki skill yang multitasking. Oleh karena itu, kalian harus menjadi seseorang yang dinamis, berkembang, dan beradaptasi dengan pertumbuhan bidang.

Di era teknologi seperti sekarang, mengasah skill tak harus dengan bimbel berbayar. Sudah banyak platform yang menyediakan untuk kalian yang ingin mengasah skill gratis hanya dari rumah. Mari dimanfaatkan, yuk!

1. Coursera 

5 Rekomendasi Online Course Gratis, Bikin Belajar Lebih Mudahtampilan website cousera (dok.pribadi)

Coursera merupakan perusahaan teknologi pendidikan Amerika Utara yang menawarkan kursus online di berbagai bidang. Jika mengikuti kursus di sini, kalian bisa mengatur jadwal sesuai yang kalian inginkan.

Program yang ditawarkan Coursera tentu memiliki kualitas tinggi. Profesor mereka sebagian besar merupakan jebolan universitas dari institusi terkenal Amerika.

Meskipun untuk kursus kejuruan jangka panjang berbayar, tapi lebih dari 900 kursus didistribusikan secara gratis di sini, jadi bisa kalian coba, deh!

2. Udemy 

5 Rekomendasi Online Course Gratis, Bikin Belajar Lebih Mudahtampilan website udemy (Classcentral.com)

Udemy merupakan pasar global untuk belajar dan mengajar secara online. Kamu dapat menguasai keterampilan baru lewat 55.000 kursus yang diajarkan oleh instruktur ahli. 

Sistem yang digunakan adalah Massive Open Online Course, yaitu sistem pembelajaran online dengan partisipasi tak terbatas dan dapat di akses lewat web.

Udemy juga menyediakan forum pengguna interaktif yang dapat membangun komunitas antara pengajar dengan muridnya. 

3. Skillshare 

5 Rekomendasi Online Course Gratis, Bikin Belajar Lebih Mudahlogo skillshare (classcentral.com)

Kursus selanjutnya berfokus pada empat bidang yaitu, kreatif, bisnis, teknologi dan lifestyle.

Kursus ini cocok untuk kalian yang ingin meningkatkan skill di bidang desain grafis, video, pemograman, game hingga make-up.

Baca Juga: Gak Perlu Kursus Mahal, Ini Panduan Lengkap Dapat Skor IELTS 6.5

4. Future Learn 

5 Rekomendasi Online Course Gratis, Bikin Belajar Lebih Mudahtampilan website futurelearn (dok.pribadi)

Tak jauh berbeda dengan kursus lain, Future Learn yang berasal dari Inggris ini menyediakan banyak kursus dari berbagai universitas internasional, bahkan ada beberapa yang diajarkan oleh pihak UNESCO lho.

Kurikulum kursus di sini di paparkan secara gamblang, tiap pertemuan terdapat forum diskusi. Selain itu, di akhir kelas akan ada tugas yang harus dikerjakan untuk menguji pemahaman kamu terhadap pokok bahasan. 

Platform ini memberikan fasilitas gratis untuk kursus. Namun, untuk sertifikasi tes akhir, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp500 ribu.

5. edX 

5 Rekomendasi Online Course Gratis, Bikin Belajar Lebih MudahTampilan Website edX (Classcentral.com)

Didirikan oleh Harvard dan MIT pada tahun 2012, edX adalah platform pembelajaran terbuka yang dirancang untuk meningkatkan pendidikan kualitas tinggi bagi semua orang di mana saja.

Dengan lebih dari 120 institusi dan lebih dari 20 juta siswa, kursus di edX juga menawarkan opsi untuk mengauditnya secara gratis atau membayar sertifikat terverifikasi.

Itu dia beberapa platform yang menawarkan kursus gratis, bisa langsung kalian akses setelah ini. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Belajar Online, Begini Tips Menggunakan Aplikasi Digital

Nisrina Qonita Photo Writer Nisrina Qonita

Cerita hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya