Comscore Tracker

Fakta Columbia University, Mantan Kampus Erina Gudono dan Cinta Laura

Kampus bergengsi dunia yang ramah untuk kaum disabilitas!

Columbia University merupakan salah satu universitas yang berlokasi di New York, Amerika Serikat. Kampus ini berhasil menjadi salah satu yang terbaik di dunia, sehingga banyak calon mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Indonesia, yang berminat untuk bisa kuliah di sana meskipun harus melalui tahapan seleksi yang ketat dan sulit.

Beberapa nama anak bangsa yang berhasil lulus dari kampus ini adalah Cinta Laura, Tasya Kamila, dan Erina Gudono, yang merupakan calon istri Kaesang Pangarep. Nah, buat kamu yang penasaran dengan Columbia University, di bawah ini ada beberapa fakta yang menarik. Yuk, simak!

1. Columbia University jadi salah satu pusat penelitian terpenting di dunia

Fakta Columbia University, Mantan Kampus Erina Gudono dan Cinta Laurailustrasi subway station (pexels.com/Charlotte May)

Columbia University memiliki lingkungan belajar yang khas dan istimewa bagi para mahasiswa, baik jenjang sarjana maupun pascasarjana di berbagai bidang pengetahuan ilmiah dan profesional. Selain jadi tempat ternyaman bagi siswanya, kampus ini juga termasuk dalam salah satu pusat penelitian terpenting di dunia. 

Memiliki lokasi yang strategis tepat di kota, New York, menjadikan Columbia University senantiasa berupaya untuk menghubungkan penelitian dan pengajarannya dengan sumber daya yang luas di tengah kota metropolis ini. Sehingga, kampus ini terus berusaha untuk memilih staf dan mahasiswa internasional terbaik, demi ikut serta dan mendukung penelitian hingga pengajaran tentang isu-isu global dan untuk hubungan akademik yang baik dengan banyak negara dan wilayah.

2. Lingkungan pembelajaran 

Fakta Columbia University, Mantan Kampus Erina Gudono dan Cinta Laurailustrasi lingkungan kampus (pexels.com/Pixabay)

Memiliki mahasiswa yang berasal dari berbagai negara, menjadikan Columbia University berusaha untuk mengembangkan lingkungan yang beragam, inklusif, dan setara. Di kampus ini, seluruh mahasiswa, staf, pengajar, dan alumni bisa berkembang bersama.

Dikutip situs resminya, Columbia University terus berdedikasi untuk menemukan solusi yang bisa mengatasi ketidakadilan dalam sistematik masyarakat. Sehingga, seluruh mahasiswa dan masyarakat kampus dituntut untuk bisa berkomitmen untuk ikut serta dalam mencapai tujuan itu.

3. Peringkat kampus

Fakta Columbia University, Mantan Kampus Erina Gudono dan Cinta Laurailustrasi bangunan kampus (pexels.com/Pixabay)

Ranking universitas merupakan salah satu pertimbangan yang perlu diperhatikan saat memilih kampus, karena hal tersebut turut menunjukan kualitasnya. Di bawah ini, informasi mengenai peringkat Columbia University menurut beberapa lembaga survei dunia:

  1. Peringkat ke-11 dunia tahun 2023 menurut Times Higher Education.
  2. Peringkat ke-22 dunia tahun 2023 menurut QS world University Ranking.
  3. Peringkat ke-7 tahun 2023 berdasarkan QS World University Ranking by Subject.
  4. Peringkat ke-18 tahun 2023 berdasarkan Graduate Employability Ranking. 
  5. Peringkat ke-7 tahun 2023 menurut US Uni (Universities)

Baca Juga: 5 Fakta Erasmus University Rotterdam, Kampus Favorit di Belanda!

4. Fasilitas kampus yang ramah untuk disabilitas

Fakta Columbia University, Mantan Kampus Erina Gudono dan Cinta Laurailustrasi fasilitas kampus yang ramah disabilitas (pexels.com/Judita Tamošiūnaitė)

Selanjutnya, Columbia University juga telah didukung oleh berbagai fasilitas lengkap yang mampu mendukung pembelajaran jadi optimal. Seluruh fakultas yang ada di kampus ini telah memiliki gedung komunitas, pusat pengembangan karier, penitipan anak, dan sebagainya.

Hal lain yang gak kalah menarik dan dimiliki oleh kampus ini adalah layanan disabilitas. Columbia University memfasilitasi akses yang setara bagi mahasiswa penyandang disabilitas dengan mengoordinasikan akomodasi hingga layanan dukungan.

5. Notable alumni

Fakta Columbia University, Mantan Kampus Erina Gudono dan Cinta Laurapotret Barack Obama (instagram.com/barackobama)

Jika di Indonesia kamu mengenal aktris cerdas Cinta Laura yang sangat peduli terhadap masalah pendidikan dan Erina Gudono yang berhasil jadi Puteri Indonesia DIY 2022, Columbia University juga telah banyak melahirkan orang-orang hebat lain yang memiliki pengaruh di dunia. Berikut beberapa daftarnya:

  1.  Barack Obama : Mantan Presiden Amerika Serikat
  2. Jake Garfunkel : Penyanyi Amerika Serikat
  3. Alicia Keys : Pemenang 15 Grammy Award
  4. Sara Ali Khan : Bintang Bollywood
  5. Casey Affleck : Pemenang Academy Awards
  6. Amanda Peet : Aktor dan penulis
  7. Julia Stiles : Queen of teens movie
  8. Amelia Earhart : Aviator perempuan Amerika pertama

Itulah beberapa fakta tentang Columbia University, mantan kampus Erina Gudono dan Cinta Laura. Nah, setelah mengetahui beberapa informasi di atas, apakah kamu tertarik melanjutkan studi di sini juga?

Baca Juga: 5 Fakta New York University, Kampus Taylor Swift dapat Gelar Doktor

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya