Comscore Tracker

Manfaat Kalau Kamu Berani Coba Hal Baru, Jangan Pesimistis!

Saatnya berani eksplorasi potensi

Mencoba hal baru bukanlah suatu hal yang mudah. Karena gak semua orang siap meninggalkan zona nyamannya. Ketika mencoba hal baru, kamu pasti akan menghadapi berbagai tantangan dan ketakutan tersendiri. Akan ada beberapa pertimbangan karena hal tersebut bisa saja menguntungkan atau malah merugikanmu.

Padahal mencoba hal yang baru memiliki banyak manfaat bagi hidup kita karena hidup akan menjadi membosankan, alias gitu-gitu aja, kalau kita tetap diam di tempat. Coba deh hiraukan dulu keraguannya, karena 5 manfaat berikut ini bisa kamu rasakan.

1. Mampu mengatasi ketakutan dan keraguan

Manfaat Kalau Kamu Berani Coba Hal Baru, Jangan Pesimistis!Seorang perempuan tengah kebingungan di depan laptop (ShutterStock/LuisMolinero)

Dengan memberanikan diri untuk  mencoba hal-hal baru, otomatis berbagai ketakutan yang ada dalam benakmu akan bisa kamu atasi. Pastikan dulu kamu beneran tertarik sama hal yang mau kamu coba. Jika sudah, mulailah mencari tau dan mendalami bidang tersebut.

Kalau gagal tapi masih penasaran, ya coba aja lagi sampai berhasil. Hitung-hitung sebagai cara learning by doing. Karena kamu gak akan benar-benar tahu tentang sesuatu sampai kamu benar-benar merasakan atau mencobanya.

Mungkin saja ketakutan itu hanya pikiranmu belaka. Padahal sejatinya mencoba sesuatu yang baru tak selalu menakutkan bahkan justru menyenangkan. So beranilah untuk mencoba agar segala macam jenis ketakutan bisa kamu atasi dengan baik.

Baca Juga: Pegadaian Salurkan Dana Rp1,5 T untuk 354 ribu Pengusaha Ultra Mikro 

2. Menambah wawasan dan pengetahuan

Manfaat Kalau Kamu Berani Coba Hal Baru, Jangan Pesimistis!Seorang perempuan tengah memegang buku. (ShutterStock/KaptureHouse)

Ketika mencoba melakukan aktivitas yang belum pernah kamu lakukan, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran, menambah wawasan, serta pengalaman. Dari yang awalnya gak tahu, kini menjadi tahu. Dari yang gak pernah, menjadi pernah. Dari yang gak kenal, menjadi kenal.

Hal Ini tentu akan menambah wawasan dan pengalamanmu. Alhasil, berkat ilmu dan pengetahuan yang semakin luas, kamu pun bisa menjadi lebih percaya diri.

Mencoba hal baru juga dapat meningkatkan fungsi otak lho. Ternyata, rutinitas dan aktivitas baru bahkan baik untuk menjaga kesehatan mental, dan mengurangi risiko terkena demensia di masa mendatang.

3. Bisa dapat relasi baru

Manfaat Kalau Kamu Berani Coba Hal Baru, Jangan Pesimistis!Seorang lelaki bersama teman-temannya. (ShutterStock/OduaImages)

Nah, kalau yang ini sepertinya jadi salah satu manfaat yang paling seru, karena ketika mencoba hal baru kamu juga akan kenal dengan orang-orang baru. Apalagi, jika kamu ikut komunitas yang sejalan dengan hal baru yang kamu coba. Jadinya, relasi pertemanan kamu jadi semakin luas deh.

Selain itu, kamu juga bisa belajar banyak dari mereka yang baru kamu kenal. Dengan memperluas lingkup pergaulan, kamu akan memiliki banyak koneksi, tidak merasa kesepian, dan bahkan bisa mendapatkan ilmu atau mungkin inspirasi baru, lho. Siapa tahu lingkungan baru ini juga bisa menjadi support system yang baik untukmu.

4. Sebagai cara menemukan passion

Manfaat Kalau Kamu Berani Coba Hal Baru, Jangan Pesimistis!Seorang perempuan tengah melukis. (ShutterStock/OduaImages)

Mungkin kamu adalah satu dari sekian orang yang masih kesulitan menemukan passion buat hidupnya. Bisa jadi hal tersebut karena kamu enggan mengeksplorasi dirimu dengan hal-hal baru. Bagaimana mau menemukan passion-mu jika kamu saja gak mau mencarinya? Nah, buat yang masih bingung passion-nya apa, kali ini IDN Times mau merekomendasikan kegiatan baru yang bisa kamu coba, yaitu berwirausaha. Kenapa? Karena saat ini akses untuk berbisnis sudah sangat terbuka berkat kehadiran teknologi digital.

Para wirausahawan di Indonesia menunjukkan kemampuan mereka lewat berbagai kreativitas produk yang hadir di tengah masyarakat. Mulai dari jasa sampai barang, semuanya tersedia dengan mudah di zaman serba canggih. Namun agar berhasil, tidak hanya permasalahan berapa banyak modal yang dimiliki, melainkan juga perencanaan. Maka dari itu, strategi bisnis yang tepat sangat dibutuhkan demi menghasilkan keuntungan berlipat.

Manfaat Kalau Kamu Berani Coba Hal Baru, Jangan Pesimistis!Webinar Inspirasi Emas #PunyaRencana dengan tema “Penjualan Meningkat Dengan Strategi Bisnis Tepat”. (Dok. Pegadaian)

Untuk mempelajari strategi bisnis yang tepat, pas banget nih Pegadaian dan KASKUS kembali menghadirkan Webinar Inspirasi Emas #PunyaRencana dengan tema “Penjualan Meningkat Dengan Strategi Bisnis Tepat”.

Webinar dilaksanakan secara nasional pada Kamis, 27 Januari 2022, pukul 13.00 - 14.30 WIB dan menghadirkan bintang tamu spektakuler dalam bidang keuangan dan bisnis yakni Merry Riana selaku Entrepreneur, Influencer, dan Educator. Lalu ada Damar Latri Setiawan selaku Direktur Jaringan, Operasi, & Penjualan PT. Pegadaian.

Untuk mendukung berjalannya protokol kesehatan dengan baik, webinar akan dilaksanakan secara online menggunakan platform KASKUS TV dan Zoom tanpa dipungut biaya, alias gratis! Cara ikutannya gampang banget. Kamu bisa langsung mengunjungi link ini dan mengisi informasi yang dibutuhkan. Yuk, ikuti webinarnya!

5. Lebih menghargai diri

Manfaat Kalau Kamu Berani Coba Hal Baru, Jangan Pesimistis!Seorang lelaki berbisnis kue kering. (ShutterStock/OduaImages)

Mencoba sesuatu hal yang baru berarti kamu mencoba menggali potensi yang ada dalam dirimu yang bahkan kamu pun tak menyadarinya. Dengan begitu, kamu akan mampu lebih menghargai dirimu sendiri. 

Eksplorasi minat dan bakat merupakan salah satu bentuk penghargaan diri yang pastinya sering tak kamu sadari lho. 

Jadi, sudah tahu kan manfaatnya jika kamu berani mencoba hal yang baru? Selagi itu hal yang baik, maka cobalah. Jangan sia-siakan kesempatan dalam hidupmu hanya dengan berdiam diri di zona nyamanmu. Oke? (WEB)

Baca Juga: Mau Investasi Safe Haven? Begini Cara Buka Rekening Emas di Pegadaian

Topic:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya