Comscore Tracker

3 Oktober 2022 Hari Habitat Sedunia: Begini Sejarahnya

Diperingati setiap hari Senin pertama di bulan Oktober

Tahukah kamu? Setiap hari Senin pertama di bulan Oktober diperingati sebagai Hari Habitat Sedunia. Tahun ini, Hari Habitat Sedunia jatuh pada Senin (3/10/2022).

Peringatan ini dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan tujuan untuk mengingatkan kepada seluruh manusia bahwa kita bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian habitat untuk generasi mendatang.

Kira-kira, bagaimana perayaan yang satu ini bisa terbentuk, ya? Berikut IDN Times sajikan informasi mengenai sejarah Hari Habitat Sedunia. Yuk, baca sampai habis!

Baca Juga: 1 Oktober Hari Lanjut Usia Internasional: Sejarah dan Tujuan

1. Sejarah Hari Habitat Sedunia

3 Oktober 2022 Hari Habitat Sedunia: Begini Sejarahnyailustrasi planet Bumi (Freepik.com/rawpixel.com)

Fenomena urbanisasi semakin berkembang pesat selama 50 tahun terakhir. Orang-orang berpindah dari desa ke kota untuk mencari pekerjaan demi kehidupan yang lebih sejahtera.

Alhasil, daerah perkotaan pun berubah menjadi pusat perekonomian. Namun, di waktu yang bersamaan, bertambahnya jumlah manusia di kawasan tersebut telah menimbulkan sejumlah masalah, seperti peningkatan polusi dan berkurangnya area yang cukup bagi penduduk kota mendapatkan hunian yang layak.

Untuk itu, PBB menginisiasi Hari Habitat Sedunia pada 1985 oleh Majelis Umum PBB melalui Resolusi 40/202 sebagai satu upaya guna menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan tersebut. Hari Senin pertama setiap bulan Oktober pun dipilih sebagai hari peringatan tahunan tersebut.

Dilansir laman United Nations, Hari Habitat Sedunia sendiri bertujuan sebagai bahan refleksi agar kita senantiasa memperhatikan keadaan kota demi terpenuhinya hak dasar semua orang akan tempat tinggal yang layak.

Bukan hanya itu saja, perayaan ini juga dimaksudkan untuk mengingatkan seluruh manusia akan tanggung jawab kolektif kita dalam menjaga lingkungan demi masa depan habitat manusia.

2. Fakta menarik tentang Hari Habitat Sedunia

3 Oktober 2022 Hari Habitat Sedunia: Begini Sejarahnyailustrasi ruang terbuka hijau (Freepik.com/wirestock)

Dari laman National Day, berikut sejumlah fakta menarik tentang Hari Habitat Sedunia yang perlu kita ketahui:

  • Peringatan Hari Habitat Sedunia pertama kali dilakukan pada tahun 1986 di Nairobi, Kenya, dengan tema "Shelter is My Right" ('Tempat Bernaung adalah Hakku').
  • Setiap tahun, PBB memilih tema baru sebagai fokus utama Hari Habitat Sedunia berdasarkan isu-isu lingkungan terkini. Beberapa contoh tema yang diangkat pada peringatan sebelumnya adalah

    - Shelter for the Homeless (1987, New York);
    - Shelter and Urbanization (1990, London);
    - Future Cities (1997, Bonn);
    - Safer Cities (1998, Dubai);
    - Women in Urban Governance (2000, Jamaika);
    - Cities without Slums (2001, Fukuoka);
    - Water and Sanitation for Cities (2003, Rio de Janeiro);
    - Planning our Urban Future (2009, Washington, D.C.);
    - Better City, Better Life (2010, Shanghai, China);
    - Cities and Climate Change (2011, Aguascalientes, Meksiko); dan
    - Accelerating Urban Action for a Carbon-Free World (2021, Yaoundé, Kamerun).

  • Hampir 55 persen populasi manusia mendiami daerah perkotaan.
  • Lebih dari 96.000 ribu unit rumah perlu dibangun tiap tahun untuk memenuhi permintaan akan tempat tinggal yang meningkat.
  • Diperkirakan jumlah penduduk daerah perkotaan di seluruh dunia akan bertambah sebanyak tiga miliar orang pada tahun 2050.

Ternyata, Hari Habitat Sedunia jadi pengingat bagi kita untuk memperhatikan lingkungan sekitar demi terpenuhinya hak akan hunian yang layak serta habitat yang lestari hingga masa depan. Bagikan artikel ini supaya makin banyak orang yang sadar akan pentingnya melestarikan lingkungan, ya!

Penulis: Fria Sumitro

Baca Juga: 2 Oktober Hari Hewan Ternak Sedunia: Begini Sejarahnya

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya