Comscore Tracker

Berikut Daftar Nama Negara Anggota ASEAN

Indonesia salah satu pelopor berdirinya ASEAN, lho!

Pengetahuan mengenai dunia internasional sudah dipelajari sejak bangku sekolah. Mulai dari sekitar Asia Tenggara, Asia, hingga dunia. Salah satu yang sering dibahas dalam mata pelajaran PKN dan IPS adalah mengenai negara ASEAN.

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nation merupakan perhimpunan bangsa-bangsa yang berada di wilayah Asia Tenggara. Didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967. Asean dibentuk bertujuan untuk menggalang kerja sama antarnegara anggota dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi, mendorong perdamaian dan stabilitas wilayah, serta membentuk kerja sama dalam berbagai bidang kepentingan Bersama. 

1. Sejarah ASEAN

Berikut Daftar Nama Negara Anggota ASEANIDN Times/Marisa Safitri

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Negara-negara yang menjadi pelopor atau Founding Father dari berdirinya ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Kemudian Brunei Darussalam bergabung pada tanggal 7 Januari 1984, Kamboja pada 30 April 1999, Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos dan Myanmar pada 23 Juli 1997. Pada saat ini, sudah ada 10 negara yang bergabung menjadi anggota ASEAN. 

Tokoh-tokoh yang berjasa dalam mendirikan ASEAN asal Adam Malik dari Indonesia, Tun Abdul Razak dari Malaysia, Narciso R. Ramos dari Filipina, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khotman dari Thailand. Kelima tokoh tersebut, menandatangani sebuah deklarasi yang berisi mengenai pendirian perhimpunan bangsa-bangsa untuk kerja sama antara negara-negara yang ada di Asia Tenggara.

2. Daftar negara Asean saat ini

Berikut Daftar Nama Negara Anggota ASEANIlustrasi pertemuan di KTT ke-33 ASEAN Singapura (Biro Pers Istana/Laily Rachev)

Pada awalnya, ASEAN hanya beranggotakan lima negara. Lalu, terjalinnya hubungan yang baik setelah deklarasi ASEAN dinilai positif negara-negara Asia Tenggara. Berikut sepuluh negara ASEAN saat ini:

  1. Indonesia (8 Agustus 1967)
  2. Malaysia (8 Agustus 1967)
  3. Singapura (8 Agustus 1967)
  4. Thailand (8 Agustus 1967)
  5. Filipina (8 Agustus 1967)
  6. Brunei Darussalam (8 Januari 1984)
  7. Vietnam (28 Juli 1995)
  8. Laos (23 Juli 1997)
  9. Myanmar (23 Juli 1997)
  10. Kamboja (30 April 1999)

Baca Juga: Malaysia Dorong ASEAN Punya Kerangka Jelas untuk Myanmar 

3. Peran Indonesia dalam ASEAN

Berikut Daftar Nama Negara Anggota ASEANMenlu RI Retno Marsudi di HUT ASEAN ke-55. (youtube.com/ASEAN Secretariat)

1. Penyelenggara KTT pertama
Peran penting Indonesia dalam ASEAN adalah sebagai penggagas Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama. KTT merupakan pertemuan puncak para pemimpin anggota ASEAN. KTT ASEAN pertama diselenggarakan di Bali pada 23-24 Februari 1976. Pertemuan tersebut bertujuan meningkatkan hubungan ekonomi dan budaya antaranggota ASEAN.

2. Turut andil dalam SEA Games
Peran Indonesia dalam ASEAN adalah turut andil dalam pesta olahraga Asia Tenggara, yakni SEA Games. SEA Games merupakan festival multi-olahraga di Asia Tenggara yang diadakan tiap dua tahun sekali. Sebagai negara anggota ASEAN, Indonesia beberapa kali menjadi tuan rumah SEA Games.

3. Menengahi konflik dan menciptakan perdamaian
Di ASEAN, Indonesia juga berperan penting dalam membantu menciptakan perdamaian di kawasan ini. Salah satu implementasinya, yaitu Indonesia bergabung menjadi Pasukan Perdamaian PBB di akhir Perang Vietnam pada 1973 hingga 1974. Indonesia juga memfasilitasi perdamaian di Filipina, antara pemerintah setempat dengan gerakan pembebasan Moro. Selain itu, Indonesia juga turut aktif dalam mendamaikan Perang Kamboja pada 1988.

Itulah beberapa informasi mengenai ASEAN. Sebagai saudara satu wilayah yaitu Asia Tenggara, sudah seharusnya kita saling bekerja sama untuk menciptakan perdamaian di Asia dan dunia.

Baca Juga: Menlu Retno: ASEAN Harus Bergerak Maju, Tak Disandera Situasi Myanmar

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Pinka Wima
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya