Comscore Tracker

Doa Meminta Keberkahan saat Sikat Gigi dan Artinya

Jangan lupa diterapkan setiap sikat gigi

Menyikat gigi merupakan salah satu cara untuk merawat dan menjaga kebersihan diri, lho! Dengan rutin membersihkan gigi dengan pasta dan sikat gigi, tentu kita akan terhindar dari segala kuman dan penyakit yang akan menyerang kesehatan gigi.

Rupanya, saat akan menggosok gigi, ada sebuah doa yang bisa kita diamalkan. Lantas, bagaimana bunyi doa meminta keberkahan saat menyikat gigi? Berikut doa saat sikat gigi dan artinya.

1. Doa saat menyikat gigi

Doa Meminta Keberkahan saat Sikat Gigi dan Artinyailustrasi sikat gigi bersama (pexels.com/Kampus Production)

Doa meminta keberkahan saat menyikat gigi tersebut dikutip oleh Syekh Ibrahim Al Bajuri, Hasyiyatul Bajuri, (Beirut, Darul Kurub Al-ilmiyyah: 1999 M/1420 H), juz I, halaman 84. Nah, bunyi doa dari sikat gigi seperti sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَّتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِي وَأَفْصِحْ بِهِ لِسَانِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ وَأَثِبْنِيْ عَلَيْهِ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latin: Allāhumma bayyidh bihī asnānī, wa syudda bihī litsātî, wa tsabbit bihī lahātī, wa bārik lī fīhi, yā arhamar rāhimīn.

Artinya: “Ya Allah putihkan gigiku dan kuatkan gusiku, serta kuatkan lahatku (daging yang tumbuh di atas langit-langit mulut), fasihkan lidahku, berkatilah aku, dan berikan aku pahala karena siwak wahai Dzat yang paling mengasihi di antara para pengasih.”

Baca Juga: Selain Obat Gosok, Ini 5 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung saat Haid

2. Sunah menyikat gigi

Doa Meminta Keberkahan saat Sikat Gigi dan Artinyailustrasi bayi sikat gigi (pexels.com/MART PRODUCTION)

Gosok gigi merupakan salah satu kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Bahkan tidak hanya di rumah, semasa hidup Nabi Muhammad SAW selalu membawa siwak kayu di saku bajunya untuk menggosok gigi setiap kali berwudu sebelum salat.

Selain doa yang dikutip oleh Syekh Ibrahim Al Bajuri, Hasyiyatul Bajuri, (Beirut, Darul Kurub Al-ilmiyyah: 1999 M/1420 H), dijelaskan juga beberapa sunah dalam menggosok gigi. Ini dia sunah saat menggosok gigi. Apa saja, ya?

  • Pertama, perlunya menggosok gigi yang diawali dengan niat atau doa.
  • Kedua, menggosok gigi dengan tangan kanan. Kebiasaan ini ditiru dari perilaku Rasulullah yang selalu menggunakan tangan kanannya untuk melakukan hal-hal baik.
  • Ketiga, jari kelingking berada di bawah sikat gigi atau siwak. Sedangkan jari manis, tengah, dan telunjuk berada di atasnya, sedangkan untuk jari jempol berada di bawah bagian kepala sikat gigi atau siwak.
  • Keempat disunahkan untuk menggosok gigi hingga bagian pangkal gigi geraham, baik secara membujur atau melintang.

Bahkan saat menyikat gigi, kita tetap harus memohon keberkahan kepada Allah SWT. Terutama, dengan membaca doa ataupun mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW dalam menyikat gigi. Jangan lupa diterapkan setiap hari, ya!

Baca Juga: 9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!

Topic:

  • Bella Manoban
  • Febriyanti Revitasari
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya