Comscore Tracker

Mengenal Variabel Bebas, Pengertian dan Contoh 

Beda, lho, dengan variabel terikat

Dalam penelitian, kita mengenal istilah variabel bebas. Apalagi bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, hadirnya variabel ini bukanlah hal baru. 

Sebelum lebih jauh membahas pengertian variabel bebas, perlu memahami terlebih dahulu apa itu variabel penelitian. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Pengertian variabel

Mengenal Variabel Bebas, Pengertian dan Contoh ilustrasi mengetik (pexels.com/Tranmautritam)

Menurut Hatch dan Farhady dalam buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D milik Sugiyono, variabel dapat didefinisikan sebagai atribut seseorang, atau obyek, yang mempunyai "variasi" antara satu orang dengan yang lain atau satu objek dengan objek yang lain. Variabel juga dapat merupakan atribut dari bidang keilmuan atau kegiatan tertentu.

Sementara itu, variabel penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Nah, apa itu variabel bebas?

Variabel bebas atau sering disebut dengan variabel independen merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat). Hal ini berarti variabel bebas ini berdiri sendiri tanpa dipengaruhi oleh variabel lainnya. 

Sedangkan variabel terikat atau variabel dependen merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel terikat biasanya terletak di akhir judul suatu penelitian. 

2. Perbedaan variabel bebas dan variabel terikat

Mengenal Variabel Bebas, Pengertian dan Contoh ilustrasi brainstorming (pexels.com/fauxels)

Terlihat dari definisinya pun variabel bebas dan variabel terikat sudah jelas memiliki perbedaan. Variabel terikat dipengaruhi variabel bebas, sedangkan variabel bebas tidak dipengaruhi.

Contohnya adalah hubungan komitmen kerja dengan produktivitas kerja. Komitmen kerja merupakan variabel bebas karena tidak dipengaruhi oleh produktivitas kerja. Sedangkan produktivitas kerja merupakan variabel terikat karena dipengaruhi oleh komitmen kerja.

3. Contoh variabel bebas

Mengenal Variabel Bebas, Pengertian dan Contoh ilustrasi mengetik (pexels.com/Polina Zimmerman)

Contoh lainnya adalah tingkat pendidikan dengan gaya hidup seseorang. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh pendidikan dengan gaya hidup seseorang. Asumsinya adalah tingkat pendidikan memengaruhi gaya hidup seseorang, tetapi bisa saja tidak berpengaruh.

Variabel bebas berdasarkan contoh judul di atas adalah “tingkat pendidikan” merupakan sebagai pengaruhnya. Artinya, tingkat pendidikan merupakan variabel bebas dalam penelitian ini. Sedangkan gaya hidup merupakan variabel terikat karena pada judul penelitian ini gaya hidup dipengaruhi oleh tingkat pendidikan.

Baca Juga: Sistematika Penulisan Skripsi yang Tepat, Gak Boleh Sembarangan!

Demikian informasi mengenai variabel bebas. Variabel bebas banyak digunakan dalam suatu penelitian. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa itu variabel bebas.

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Cynthia Nanda Irawan
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya