Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Menuntut Ilmu Hukumnya Wajib, Jangan Malas!

Tidak ada alasan untuk malas dalam belajar, ya!

Manusia tidak akan pernah berhenti untuk belajar sepanjang hidupnya. Pembelajaran ini bukan hanya terbatas pada pendidikan formal, melainkan juga hal-hal informal hingga pengalaman yang diperolehnya.

Meski menjadi hal yang wajib, nyatanya banyak orang yang merasa malas dan tak bersemangat untuk belajar. Padahal, beberapa hal berikut ini dapat menjadi alasan untuk tetap semangat dalam belajar dan tidak pernah berhenti melakukannya.

1. Menyokong masa depan yang lebih baik

5 Alasan Mengapa Menuntut Ilmu Hukumnya Wajib, Jangan Malas!ilustrasi anak muda (unsplash.com/@brookecagle)

Hal pertama yang harus dipahami adalah masa depan yang diinginkan. Semua orang tentu mengharapkan masa depan yang cerah dan sesuai dengan harapan. Namun, semuanya tidak akan dapat diperoleh dengan cara yang sederhana.

Proses belajar akan membantu seseorang untuk dapat memperoleh hal baru serta mengembangkan kemampuan dirinya dengan maksimal. Lewat cara tersebut, mereka pun jadi dapat menyokong masa depan yang lebih baik lagi.

2. Bagian dari kewajiban sebagai manusia

5 Alasan Mengapa Menuntut Ilmu Hukumnya Wajib, Jangan Malas!ilustrasi perempuan (unsplash.com/@priscilladupreez)

Sebagai manusia biasa, tentunya semua orang memiliki kewajibannya tersediri. Kewajiban tersebut bukan hanya berkaitan dengan perilaku berbuat baik, namun juga hal-hal lain seperti aktivitas belajar.

Sangat disayangkan apabila orang-orang justru tak mampu menunaikan kewajiban belajarnya dengan baik. Hal ini hanya akan membuat mereka kesulitan untuk menggali potensinya dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Hak dan Kewajiban Harus Seimbang, agar Gak Terjadi Ketidakadilan

3. Usaha untuk memperoleh karier yang lebih baik

5 Alasan Mengapa Menuntut Ilmu Hukumnya Wajib, Jangan Malas!ilustrasi perempuan karier (unsplash.com/@mimithian)

Perjalanan hidup manusia tentunya bukan hanya sebatas mengenai bersosialisasi semata. Nyatanya manusia juga memerlukan usaha ekstra untuk dapat memperoleh karier yang lebih baik lagi ke depannya.

Cara dalam mendapatkan karier tersebut tentunya tidak instan serta membutuhkan proses yang relatif panjang. Dengan tetap menuntut ilmu dan berusaha, semua orang pun dapat memperoleh karier yang lebih baik dan menjanjikan ke depannya.

4. Membantu mengubah pola pikir

5 Alasan Mengapa Menuntut Ilmu Hukumnya Wajib, Jangan Malas!ilustrasi berpikir (pexels.com/@Athena)

Ada banyak hal yang dilihat dari manusia, salah satunya adalah cara mereka dalam berpikir. Pola berpikir ini tentunya bukanlah sesuatu yang sederhana sebab menjadi bawaan dari diri sendiri. Dengan demikian, segala sudut perspektif yang berbeda dapat terlihat dengan jelas.

Memperoleh pola berpikir yang kritis tersebut tentunya memerlukan proses, salah satunya melalui pembelajaran. Dengan demikian, pendidikan bukan hanya mengajarkan orang-orang untuk pintar, namun juga mengajarkan cara berpikir yang kritis dan tepat.

5. Bagian dari ibadah

5 Alasan Mengapa Menuntut Ilmu Hukumnya Wajib, Jangan Malas!ilustrasi anak belajar (unsplash.com/@anniespratt)

Kepercayaan tentu biasanya merupakan bagian dari diri setiap orang. Dalam menjalankan kepercayaan tersebut tentunya memerlukan proses tersendiri, salah satunya dengan beribadah.

Nyatanya ibadah memiliki bentuk yang sangat beragam, salah satunya dengan menuntut ilmu. Tidak mengherankan menuntut ilmu adalah bagian dari ibadah sehingga jangan sampai ada kata malas dalam melakukannya.

 

Dengan memahami pentingnya menuntut ilmu, tentu tidak ada alasan untuk tidak mengamalkannya. Dengan demikian, masa depan yang lebih baik pun dapat tercapai. Jangan disepelekan, ya!

Baca Juga: Nadiem Makarim Promosikan Merdeka Belajar ke Negara G20

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya