Comscore Tracker

L'Oréal Brandstorm Indonesia 2021, Angkat Tema Industri Kecantikan

#IDNTimesLife Ada dua pemenang yang akan mewakili Indonesia

L'Oréal Brandstorm adalah sebuah ajang perlombaan inovasi yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia. Kompetisi ini diadakan sejak tahun 2009 di Indonesia.

Berselang 12 tahun dari awal dimulainya kompetisi ini di tanah air, terdapat banyak kelompok mahasiswa yang membawa banyak ide dan perubahan baru dalam karyanya. Termasuk juga dengan ide yang dibawakan oleh tim "Get This Look!" dan "Voir" yang menjadi pemenang dari kejuaraan nasional ini.

Dalam press conference yang diadakan pada Jumat (9/4/2021), pukul 10.00 WIB, kedua tim mempresentasikan temuan inovasinya. Berikut rangkuman acaranya.

1. Selama 12 tahun digelar di Indonesia, sudah ada lebih 7 ribuan mahasiswa yang berpartisipasi

L'Oréal Brandstorm Indonesia 2021, Angkat Tema Industri KecantikanPress conference L'Oréal Brandstorm 2021 National Final Indonesia, Jumat (9/4/2021). IDN Times/Tyas Hanina

"Tahun ini adalah tahun ke-12 kompetisi ini diadakan. Sudah ada lebih dari 7 ribuan mahasiswa yang berpartisipasi," tutur Restu Widiati selaku HR Director L’Oréal Indonesia.

Selama belasan tahun lomba inovasi ini diadakan, pencapaian tertinggi yang pernah didapatkan Indonesia adalah menjadi juara di tingkat Internasional. Kemeriahan itu tetap terasa pada kompetisi yang digelar tahun ini.

"Tahun ini L'Oréal Brandstorm punya 1.500 tim mahasiswa yang mendaftar dan datang dari 68 universitas yang berbeda," tambah Restu.

Setiap tahunnya L'Oréal Brandstorm memiliki tema baru, di tahun 2021, tema tersebut adalah “Invent the Beauty Shopping Experience through Entertainment”. Dari sana ada tiga tantangan yang harus dihadapi oleh para peserta, yakni: untuk menciptakan produk atau jasa baru; menciptakan model bisnis baru; dan menciptakan pengalaman baru yang terinspirasi dari tren terkini di dunia hiburan.

2. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada kompetisi tahun ini ada dua tim yang meraih gelar juara

L'Oréal Brandstorm Indonesia 2021, Angkat Tema Industri KecantikanPress conference L'Oréal Brandstorm 2021 National Final Indonesia, Jumat (9/4/2021). IDN Times/Tyas Hanina

Salah satu tujuan utama dari penyelenggaraan kompetisi inovasi global ini adalah untuk menciptakan wadah pengalaman bagi generasi muda untuk terus bisa belajar dan mengembangkan dirinya.

"Diharapkan para mahasiswa nantinya bisa belajar dan mendorong mereka untuk discover dan berinteraksi dengan para ahli di bidang digital, retail, e-commerce, dan lain-lain. Itu menurut kami sangat relevan untuk diketahui generasi muda saat ini," ungkap Restu.

Terdapat beberapa sentuhan berbeda pada kompetisi L'Oréal Brandstorm tahun ini. Pertama, para peserta bisa membentuk tim yang berasal dari kampus yang berbeda. Selain itu, pada hari final sebelumnya juga diumumkan bahwa ada dua tim yang meraih gelar juara. Yaitu tim "Get This Look!" dan tim "Voir!"

3. Salah satu tim juara adalah tim "Get This Look!". Mereka menggabungkan passion dan ketertarikan customer di bidang film dan kecantikan

L'Oréal Brandstorm Indonesia 2021, Angkat Tema Industri KecantikanPress conference L'Oréal Brandstorm 2021 National Final Indonesia, Jumat (9/4/2021). IDN Times/Tyas Hanina

Tim "Get This Look!" terdiri dari tiga orang mahasiswi yang berasal dari kampus yang berbeda. Anggota tim ini di antaranya adalah: Alea Najla (Universitas Bina Nusantara), Veronica Lila (Universitas Prasetiya Mulya), dan Giselza Satya Kusmaharani (Institut Teknologi Bandung).

Mereka merancang sebuah aplikasi kecantikan yang ditargetkan khusus untuk para penggemar film dan beauty enthusiast di seluruh dunia. Ide ini berangkat dari meningkatnya popularitas film dan serial drama Korea Selatan selama pandemik COVID-19 terjadi setahun belakangan ini.

“Terinspirasi dari aktris KDrama yang kami tonton, kami pun menciptakan ide berupa aplikasi untuk memudahkan setiap pencinta drama supaya bisa lebih mudah mencari informasi produk yang kredibel dan membeli produk yang pas untuk meniru look tersebut,” ujar Giselza, salah satu anggota dari tim "Get This Look!".

Selain menyajikan informasi terkait produk-produk kecantikan yang relevan. Mereka juga mendesain teknologi yang memungkinkan para customer untuk mencocokkan produknya dengan warna kulit atau pun kondisi kulit mereka.

Setelah mendapat informasi produk yang cocok, para pelanggan nantinya juga bisa langsung melakukan pembelian produk-produk terkait pada aplikasi tersebut.

Baca Juga: 5 Beasiswa Luar Negeri dengan Batas Pendaftaran April 2021, Ada S1-S3

4. Tim lainnya yang bernama "Voir" merancang sebuah aplikasi kecantikan yang bersifat inklusif. Khususnya untuk para penyandang tunanetra

L'Oréal Brandstorm Indonesia 2021, Angkat Tema Industri KecantikanPress conference L'Oréal Brandstorm 2021 National Final Indonesia, Jumat (9/4/2021). IDN Times/Tyas Hanina

Tim juara lainnya adalah "Voir" yang terdiri dari tiga orang mahasiswa asal Universitas Indonesia. M. Hanif Permana, Michael Hukom, dan Alif Rizkia menjadi anggota dari kelompok ini.

Lahirnya ide dari konsep yang mereka usung berasal dari keresahan mereka tentang bagaimana mayoritas tunanetra belum mendapat perhatian khusus sebagai konsumen produk kecantikan.

Mereka pun merancang sebuah aplikasi yang bertujuan untuk menjadi akses bagi para penyandang visually impaired (tunanetra) mendapatkan informasi seputar dunia kecantikan.

Selain aplikasi Voir, ada juga konsep "MoreThanMeetsTheEye" yaitu sebuah retailtainment store yang berfokus pada pengalaman terbaru konsumer. Retail kecantikan ini dirancang untuk melibatkan seluruh panca indera para visitor sehingga mereka punya pengalaman baru dan berbeda dibandingkan belanja di toko kecantikan lainnya.

"Tim kami terinspirasi dari riset tentang banyaknya teman-teman tunanetra yang ternyata mayoritas adalah perempuan. Dan, punya kesulitan memilih dan mengaplikasikan produk kecantikan," ujar Hanif selaku perwakilan dari tim "Voir".

5. Kedua tim akan mendapatkan mentoring untuk mempersiapkan diri menuju kompetisi internasional

L'Oréal Brandstorm Indonesia 2021, Angkat Tema Industri KecantikanPress conference L'Oréal Brandstorm 2021 National Final Indonesia, Jumat (9/4/2021). IDN Times/Tyas Hanina

Enam orang peserta akan mendapatkan arahan khusus dan program mentorship dari L'Oréal Indonesia. Sehingga dua kelompok mahasiswa berprestasi ini bisa punya kesempatan lebih untuk meraih gelar juara pada ajang International Final di Paris.

"Melalui kompetisi ini kami yakin bahwa nilai-nilai penting bisa didapatkan para mahasiswa. Kami berharap antara dua tim juara dapat maju ke tingkat internasional dan membawa kembali kemenangan untuk indonesia," ujar Restu.

Itu dia rangkuman acara press conference L'Oréal Brandstorm Indonesia 2021. Semoga kedua tim bisa mengharumkan nama bangsa, ya!

Baca Juga: ITB Kembali Wakili Indonesia dalam Ajang L'OREAL Brandstorm 2020

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya