Comscore Tracker

Dimana atau Di Mana? Berikut Penulisan yang Tepat

Jangan sampai salah tulis lagi, ya

Banyak orang yang masih memiliki kekeliruan dalam penulisan kata dimana atau di mana. Penulisan di yang dipisah dengan di- yang disambung ternyata memiliki makna yang berbeda, lho.

Meski bahasa Indonesia terkesan mudah untuk diucapkan atau dipelajari, bahasa kita memiliki struktur kata dan kalimat yang cukup luas untuk dipahami. Salah satu struktur kata yang sering kali salah dalam penulisannya adalah kata depan di.

Untuk kamu yang ingin mengetahui penulisan kata dimana atau di mana yang benar, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Dimana atau di mana?

Dimana atau Di Mana? Berikut Penulisan yang TepatIlustasi orang bingung (freepik.com/wayhomestudio)

Bahasa Indonesia memiliki dua penggunaan kata di sebagai imbuhan dan kata depan. Sebagai imbuhan, di- disebut dengan prefiks, yakni imbuhan yang terletak di depan kata tanpa dipisahkan oleh spasi.

Imbuhan ini diikuti dengan kata kerja, seperti proses, perbuatan, atau keadaan. Contoh imbuhan di- adalah diminum, dipikul, didengar, atau yang lainnya.

Sementara itu, kata di sebagai kata depan menunjukkan suatu tempat. Di dalam kata ini merupakan kata yang berdiri sendiri dan dipisahkan menggunakan spasi. Contoh kata depan di adalah di pasar, di rumah, di atas, di bawah, di mana, dan yang lainnya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa penulisan dimana atau di mana yang benar adalah di mana. Kata mana merupakan kata ganti tempat yang dipadukan dengan kata depan di.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Kalimat Efektif: Pengertian, Syarat, dan Contoh

2. Penggunaan kata "di" yang wajib dipisah

Dimana atau Di Mana? Berikut Penulisan yang TepatIlustrasi mengecek catatan keuangan. (Pexels.com/George Milton)

Penggunaan di wajib dipisah jika menunjukkan nama tempat, waktu, nama, dan lokasi. Kata depan di ini penggunaannya tidak dapat diubah menjadi kata kerja aktif.

Ambil contoh di rumah, kata tersebut tidak bisa diganti menjadi me-rumah. Jika ditambah imbuhan me-, maka kata tersebut kehilangan makna sebagai kata tempat. Berikut contoh kalimat yang menggunakan di sebagai kata depan.

Dikantor banyak sekali pulpen yang siap untuk di pakai. (Salah)

Di kantor banyak sekali pulpen yang siap untuk dipakai. (Benar)

3. Penggunaan kata "di" yang disambung

Dimana atau Di Mana? Berikut Penulisan yang Tepatilustrasi seseorang sedang menulis (Pexels.com/Judit Peter)

Berikutnya, kata di- yang merupakan imbuhan peranannya tidak perlu memakai spasi. Penggunaan di- ini diikuti oleh kata kerja pasif yang dapat diubah menjadi kata kerja aktif dengan memberikan imbuhan me-.

di + kata kerja pasif = digabung

Berikut ini contoh penulisan di- yang digabung yang benar. Simak contohnya berikut ini:

  • ditulis, bukan di tulis
  • dibeli, bukan di beli
  • dibuka, bukan di buka
  • dikurangi, bukan di kurangi
  • dicintai, bukan di cintai
  • ditambah, bukan di tambah
  • dialihkan, bukan di alihkan.

Nah, itu dia jawaban atas pertanyaan dimana atau di mana yang tepat. Kini kamu bisa menuliskan kata tersebut dengan benar. Sangat mudah, bukan?

Baca Juga: Pengertian Rima, Jenis, dan Contohnya

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya