Comscore Tracker

5 Manfaat Biasakan Anak Bantu Pekerjaan Rumah, Jadi Mandiri

Jadi basic life skill untuk mengurus dirinya sendiri

Ada berbagai cara parenting yang baik untuk diterapkan pada anak, yang mana salah satunya ialah membiasakan anak bantu pekerjaan rumah orangtua. Bukan karena orangtua tidak bisa mengerjakannya sendiri, tapi lebih kepada didikan yang nantinya membentuk kerakter anak. 

Logikanya seperti ini, jika ingin membentuk pribadi anak yang baik dan ringan tangan untuk membantu orangtua ketika ia dewasa nanti, maka dimulai dari membiasakan nya membantu orangtua sedari masih kecil. Tidak hanya mengajarkannya jadi anak berbakti, tapi juga melatih kemandirian dan basic life skill-nya. Lebih jelasnya bisa simak beberapa manfaatnya di bawah ini. 

1. Membuatnya terbiasa membantu orangtua sampai dewasa

5 Manfaat Biasakan Anak Bantu Pekerjaan Rumah, Jadi Mandiriilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Kampus Production)

Membentuk kepribadian yang baik itu dimulai dari kebiasaan, termasuk untuk membentuk kepribadian baik pada diri anak. Jika anak sudah terbiasa membantu pekerjaan rumah orangtuanya sejak ia kecil, maka kebiasaan itu akan terbawa hingga ia dewasa. 

Ia tidak akan pikir panjang dan mengharapkan imbalan untuk membantu orangtuanya jika dibutuhkan. Dan tidak hanya padamu saja, pada orang tua di sekitarnya pun ia jadi peka dan ringan tangan untuk menolong. 

2. Tahu dasar-dasar mengurus rumah

5 Manfaat Biasakan Anak Bantu Pekerjaan Rumah, Jadi Mandiriilustrasi anak (pexels.com/Gustavo Fring)

Manfaat lainnya jika membiasakan anak membantu pekerjaan rumah ialah hal itu akan menjadi pelajaran sendiri untuknya dalam mengurus rumah. Anak cenderung lebih mudah mengerti jika langsung mempraktekkannya. 

Sehingga dia yang dari kecil sudah biasa membantu orangtuanya menyapu rumah, melipat pakaian, merapikan tempat tidur, hingga mencuci piring, maka itu menjadi basic life skill untuknya. Yang mana kemampuan dasar seperti ini sangat berguna untuk kehidupannya di masa depan nanti. 

3. Melatih kemandiriannya mengurus diri sendiri

5 Manfaat Biasakan Anak Bantu Pekerjaan Rumah, Jadi Mandiriilustrasi anak sekolah (pexels.com/Max Fischer)

Manfaat ketiga dari membiasakan anak membantu orangtua ialah dapat melatih kemandiriannya mengurus diri sendiri. Yang mana ia terbiasa tidak menyusahkan orangtua karena sudah dibiasakan untuk jadi sosok anak yang membantu. 

Dengan sendirinya anak akan merasa segan untuk bergantung pada orangtua, dan pelan-pelan jadi terbiasa melakukan semuanya sendiri. Mulai dari bangun tidur sendiri, makan sarapan tanpa merengek, dan menyiapkan keperluan sekolahnya sendiri. Itu karena anak sudah terbiasa mengerjakan berbagai hal sehingga ia merasa mampu mengurus dirinya sendiri. 

Baca Juga: 5 Tips untuk Membantu Anak Tidur Nyenyak, Orangtua Harus Paham!

4. Memiliki basic life skill seperti memasak dan bersih-bersih

5 Manfaat Biasakan Anak Bantu Pekerjaan Rumah, Jadi Mandiriilustrasi anak memasak (pexels.com/Kampus Production)

Basic life skill itu gak bisa terbentuk dalam sekejab, yang mana biasanya dipelajari dan pelan-pelan dari kecil seperti membantu orangtua. Anak belajar memasak ketika membantu ibunya memasak, ia juga belajar bagaimana bersih-bersih yang benar ketika membantu orangtuanya membersihkan rumah. 

Karena meskipun kelihatannya pekerjaan yang simple, tapi kan ada teknik dan caranya supaya yang dikerjakan hasilnya baik dan rapi. Dan jika anak sudah menguasainya, maka ia pasti bisa bertahan dimanapun ia berada nantinya. 

5. Bisa survive di perantauan atau saat hidup sendiri

5 Manfaat Biasakan Anak Bantu Pekerjaan Rumah, Jadi Mandiriilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Semua orangtua tentu paham bahwa kita tidak bisa selamanya mendampingi anak, mungkin nanti ada saatnya harus meninggalkan anak hidup sendiri atau dia harus pergi merantau sendirian. Maka dari itu membiasakan anak untuk membantu pekerjaan rumah sebenarnya membantu ketika ia dihadapkan situasi seperti ini nantinya. 

Anak yang tidak biasa mengurus rumah akan terkejut dan sulit survive ketika tiba-tiba harus tinggal sendiri. Sedangkan anak yang sudah biasa mandiri dan tahu bagaimana mengurus segala hal di rumah akan lebih mudah menyesuaikan keadaan dan survive atas dirinya. Dengan kata lain pribadinya terbentuk jadi lebih matang. 

Kesimpulannya, membiasakan anak bantu pekerjaan rumah orangtua merupakan salah satu cara parenting yang baik. Selain membentuk pribadinya, juga membuatnya terlatih mandiri. 

Baca Juga: 5 Tips Membantu Anak Mengatasi Rasa Takut, Orangtua Wajib Tahu!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya