TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara untuk Membantu Anak Melatih Mindfulness

Mampu menavigasi lingkungan dengan keputusan yang matang  

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Dilansir laman Healthline tahun 2019, anak-anak sekarang lebih memilih bermain gadget daripada melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat alih-alih berinteraksi secara langsung dengan lingkungan sekitar, menatap layar gadget dengan bermain game online ataupun mengakses media sosial terkadang membuat mereka jadi lupa waktu. Penggunaan gadget yang berlebihan membuat mereka kehilangan banyak waktu untuk meningkatkan produktivitas diri dan berkegiatan positif lainnya.

Dilansir PMC tahun 2011, Mindfulness membawa berbagai dampak positif psikologis, termasuk peningkatan positif impact kepada orang lain, pengurangan gejala psikologis dan reaktivitas emosional, serta peningkatan regulasi perilaku. Melatih mindfulness adalah  cara yang tepat untuk dapat membantu mereka lebih paham akan diri mereka sendiri sehingga mereka lebih sadar diri dan mampu memikirkan dampak yang terjadi pada orang lain dari apa yang telah mereka lakukan. Berikut ada beberapa cara untuk membuat anak lebih produktif dalam menjalani hidup mereka.

1. Peran orang tua untuk menjadi contoh yang baik 

Pexels.com/Kamaji Ogino

Anak cenderung akan mencontoh perilaku yang sama pada orang tua. Apa yang orang tua kerjakan dapat dengan mudah ditiru anak. Orang tua perlu memberikan perhatian penuh tanpa gangguan ponsel saat menghabiskan waktu bersama dan diganti dengan kegiatan yang bermanfaat.

2. Melatih pernapasan 

Pexels.com/Monstera

Pada laman Healthline, juga menyebutkan bahwa menghembuskan napas panjang memicu sistem saraf parasimpatis, yang bertugas menenangkan kita. Jika merasa gelisah, minta mereka untuk melakukan latihan sederhana, membuang napas dengan suara 5 kali berturut-turut. Latihan ini akan menumbuhkan ketenangan batin dan tubuh akan merasa lebih rileks.

Baca Juga: Tak Hanya Orang Dewasa, Diabetes Juga Bisa Menyerang Anak-anak 

Memberi tahu si buah hati untuk memperhatikan sensasi di kaki mereka, lalu kaki, lengan, dan ke seluruh tubuh mereka. Saat mereka merasa nyaman melakukan ini, mulailah meminta mereka untuk menarik napas dalam, lalu rileks saat menghembuskan napas. Seiring waktu, mereka akan terbiasa dan belajar sendiri untuk dapat melatih indra mereka.

3. Menguatkan indra mereka 

Pexels.com/Jennifer Murray

4. Ungkapkan rasa terima kasih  

Pexels.com/Any Lane

Memberikan perhatian penuh dengan menghargai setiap langkah positif yang dilakukan anak Anda menjadi bentuk ungkapan terima kasih Anda atas pencapaian yang dilakukanya. Hal-hal positif akan mengiringi langkah mereka untuk sesuatu yang menginspirasi. Melatih rasa bersyukur atas apa yang telah dilewati dan membuat mereka berefleksi di usia muda dalam membangun kualitas diri.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Pakaian untuk Anak-Anak Jangan Sampai Gak Muat!

Verified Writer

Anisa Kusuma

Keep going!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya