Comscore Tracker

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi 

Pencerahan nih

Memiliki rumah sempit adalah tantangan buat semua orang. Bagaimana tidak, tiap akan beli perabot atau keperluan lainnya kita harus jeli memperhitungkan ukurannya agar tetap muat masuk rumah. Gak jarang kamu pun mengorbankan banyak hal dan memilah mana saja yang sebaiknya dibeli dan tidak.

Ada baiknya, kok. Kamu bisa menghemat pengeluaran dan berkontribusi dalam mengurangi sampah. Sedihnya, ada beberapa hal yang menurutmu tidak bisa dikorbankan, misal meja kerja atau rak penyimpanan yang urgent dimiliki. Berikut beberapa tips cerdas menghemat ruang dalam keterbatasan lahan. 

1. Rak tingkat untuk perkakas dapur 

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi livinginashoebox.com

Rak tingkat ini siap menampung perintilan dapur. Lumayan, tidak perlu beli atau bangun lemari, kamu masih bisa simpan gawai dapur idamanmu seperti  blender dan food processor di atas meja tanpa kehilangan space untuk simpan sendok, spatula, hingga piring dan buah. 

2. Bangku panjang untuk ruang makan 

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi casadevalentina.com.br

Rumah sempit berharap punya meja makan? Bisa, kok. Sontek layout yang satu ini. Posisi meja dan kursi makan dirapatkan pada dinding, kombinasikan dengan bangku panjang agar tidak banyak space yang tersita. Cukup sampai empat orang. 

3. Meja kerja tanpa kursi 

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi elle.se

Letaknya yang dekat dengan kasur membuatmu bisa menghemat ruang untuk kursi. Silakan kalau ingin coba bikin sendiri, cukup dengan papan kayu persegi panjang. Jangan lupa beri desk lamp. 

4. Kamar untuk double bed 

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi instagram.com/ad_spain

Saat dihadapkan pada kamar sempit padahal ada double bed yang harus dimasukkan, kebanyakan orang akan memilih untuk merapatkan salah satu sisi kasur pada dinding. Alasannya tentu untuk memperbanyak ruang. Namun, coba pikir ulang dan lihat inspirasi di atas.

Justru meletakkan kasur tepat di tengah membuat kamar tetap terlihat lapang dan profesional bak ditata oleh desainer interior. Kedua penghuni pun jadi punya akses keluar masuk sendiri. 

5. Cara cerdas punya bedside table tanpa beli meja nakas

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi instagram.com/madedotcom

Ingin deh punya bedside table alias meja nakas untuk menaruh buku atau mengisi daya ponsel, tapi apalah daya punya kamar sempit. Jangan putus asa dulu, tiru ide di atas. Kamu bisa membuatnya dengan papan kayu dengan lebar yang gak seberapa, tetapi punya panjang yang lumayan. Ide yang cerdas. 

Baca Juga: 10 Tips Dekorasi Kebun Mini di Apartemen, Bisa Gunakan Area Balkon

6. Floating bedside table

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi ignant.com

Tips lain terbebas dari meja nakas yang makan tempat adalah membuat meja melayang berbahan kaca. Kalau diperhatikan di menyatu dengan dipan. Kreatif banget idenya, gemas ingin membuat sendiri. 

7. Meja rias dan rak buku sekaligus 

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi sfgirlbybay.com

Bingung memilih beli meja rias atau rak buku dulu? Dapatkan keduanya dengan perabot keren ini. Fusion antara meja rias dengan rak buku yang elegan sekaligus vintage. Gak ngerti lagi kenapa bisa sekeren ini. 

8. Kotak penyimpanan di atas meja 

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi instagram.com/madedotcom

Punya knick-knacks yang ingin dipajang, tetapi perlu tempat untuk menyimpan perkakas lain yang kurang sedap dipandang. Silakan letakkan kotak storage di atas meja. Lalu, gunakan penampang kotaknya sebagai tempat meletakkan pajangan berhargamu. 

9. Menyimpan mainan anak dengan elegan 

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi instagram.com/ad_spain

Mainan yang berserakan sudah jadi tanda umum kalau ada anak kecil yang turut menghuni rumah. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menyimpannya dengan rapi. Silakan sediakan kabinet dengan penutup seperti ini untuk menyimpan segala rupa mainan si kecil. Letaknya rendah, anak pun bisa mengaksesnya dengan mudah. 

10. Daripada rak memanjang, apa salahnya pilih rak tinggi? 

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi instagram.com/madedotcom

Bila tak ada kepentingan khusus seperti memanfaatkan penampang atas rak untuk televisi atau pajangan. Apalagi memang tidak sengaja membutuhkan rak rendah yang bisa diakses anak, ada baiknya memilih rak tinggi nan ramping. Posturnya yang seperti ini bisa menghemat ruang seoptimal mungkin. 

11. Jendela mati dengan balok kaca untuk penerangan

11 Cara Cerdas Menghemat Ruang di Rumah tanpa Mengorbankan Fungsi nstagram.com/catherinezarrabian

Butuh penerangan alami di ruang tengah, tetapi tak ada space untuk bukaan jendela, bikin saja jendela mati berbahan balok kaca. Letaknya tinggi dan kacanya pun buram, jadi tidak mengganggu privasimu maupun tetangga. 

Susah-susah gampang untuk diaplikasikan. Selain banyak perabot yang harus dibuat secara custom, butuh niat dan biaya pula untuk memulainya. Namun, kalau memang ada rezeki dan waktu, boleh lho mempercantik rumah biar makin betah. 

Baca Juga: 6 Tips Dekorasi Cake untuk Pemula, Dijamin Langsung Bisa!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya