Comscore Tracker

Antibosan, Ini 8 Kegiatan Jadul yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAja

Simpan sejenak ponselmu ya?

Momen #DiRumahAja jika dilihat dari kacamata positif memang banyak mendatangkan kebaikan, lho. Selain sebagai dukungan dalam upaya memberantas serangan virus corona yang semakin menggila, yang tak kalah penting tentu saja tentang momen kebersamaan bersama keluarga.

Ada banyak hal-hal produktif yang bisa dilakukan selama #DiRumahAja, salah satunya dengan bernostalgia melakukan kegiatan yang biasa dilakukan saat kamu masih kecil.

Saat kamu merasa bosan ‘ngoprek’ ponsel saat #DiRumahAja, beberapa kegiatan jadul ini mungkin bisa kamu lakukan bersama keluarga. Dijamin seru dan bikin hari-hari kamu gak ngebosenin, deh!

1. Buka gudang, lalu ambil permainan masa kecil bersama keluarga

Antibosan, Ini 8 Kegiatan Jadul yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAjaInstagram.com/nikinikuno

Coba bongkar gudang dan temukan beberapa permainan masa kecil yang biasanya masih tersimpan rapi di sana. Ada satu set permainan ludo (dadu, kertas, bidak, dalam bentuk fisik), set monopoli, congklak, karet, gambar-gambaran dan sejenisnya.

Abaikan dulu game di ponsel, dan alihkan sejenak perhatian pada permainan-permainan jadul yang sering kamu mainkan di masa kecil. Mainkan bersama anggota keluarga, dan kamu akan merasakan sensasi keseruan tak terhingga ketika permainan tersebut mulai dimainkan.

2. Dengerin radio sambil kirim pesan ke orang-orang nun jauh di sana

Antibosan, Ini 8 Kegiatan Jadul yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAjaInstagram.com/airaputra_vintage

Jika selama ini kamu menggunakan mata dan telingamu untuk melihat layar ponsel terus menerus, coba deh sesekali dengerin radio. Putar gelombang radio dan temukan stasiun radio yang memutarkan lagu-lagu favoritmu.

Kamu juga biasanya akan tergelitik untuk berbicara dengan penyiar serta mengirimkan salam untuk para pendengar radio lainnya. Sensasi mendengarkan musik dari ponsel dengan radio tentu saja akan memberikan nuansa berbeda karena kamu bisa mengenang kembali masa silam dengan bahagia.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Bikin Berkebun Jadi Kegiatan yang Menyenangkan

3. Isi TTS bisa menambah wawasan juga, lho!

Antibosan, Ini 8 Kegiatan Jadul yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAjaInstagram.com/tatik_suminarti

Jika selama ini kamu biasa mengisi TTS di ponsel, coba deh buka isi lemari dan temukan buku TTS jadul yang tidak sepenuhnya terisi. Kotak-kotak kosong dari buku TTS biasanya akan memancing otak kamu untuk mengisinya secara penuh.

Saat kamu melihat ada kotak-kotak yang masih kosong, kamu akan merasa penasaran dan sebisa mungkin mencari jawaban dengan benar. Rasa penasaran kamu biasanya akan terpenuhi saat kotak-kotak kosong tersebut sudah terisi penuh dan sempurna.

4. Baca komik-komik jadul

Antibosan, Ini 8 Kegiatan Jadul yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAjaInstagram.com/lapaktole

Bagi yang suka baca komik, kamu bisa juga membaca buku komik jadul yang biasanya masih tersimpan rapi di lemari atau gudang. Meski sudah kusam, kamu tetap bisa melihat isi komik dan bernostalgia dengan kisah-kisah di dalamnya. Ada kisah Petruk dan kawan-kawan karya Tatang S, ada kisah Wiro Sableng, atau kisah-kisah dari negeri dongeng nusantara lainnya.

5. Sesekali boleh curhat di diary, asyik lho!

Antibosan, Ini 8 Kegiatan Jadul yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAjaPexels/Tirachard Kumtanom

Coba deh sesekali ubah kebiasaan kamu curhat keluhan di media sosial dengan menuliskannya di buku diary. Jika di medsos segala curhat dan keluhan kamu ditanggapi sinis oleh orang, lain halnya jika kamu meluapkan suasana hati dengan menulis di buku diary.

Di sana, kamu bisa bebas mengungkapkan isi hati tanpa takut mendapat respon tak baik dari orang. Menuliskan unek-unek di buku diary dipercaya bisa melegakan dan menenangkan pikiran juga, lho!

6. Bikin es mambo bareng keluarga

Antibosan, Ini 8 Kegiatan Jadul yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAjaInstagram.com/rahayu_sri1005

Masih ingat dengan es mambo yang dijual oleh mamang-mamang di halaman sekolah saat kecil dulu? Ya, selagi #DiRumahAja, gunakan kesempatan ini untuk membuat jajanan masa kecil bersama keluarga. Mudah dibuat, es mambo juga bisa dikreasikan dengan bahan-bahan lain yang tentu saja akan menambah kenikmatan rasanya. Sambil santai dan menonton TV, kamu bisa merasakan sensasi nostalgia dengan mengemut es mambo bersama keluarga.

7. Bikin kerajinan tangan dari kertas

Antibosan, Ini 8 Kegiatan Jadul yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAjaInstagram.com/_indriyani_f1203

Saat masih kecil, kamu tentu masih ingat dong dengan berbagai kerajinan tangan dari kertas yang dibuat di sekolah? Simpan sejenak ponsel dan aplikasi tetek-bengek di dalamnya, lalu segeralah berkreasi dengan bahan dasar kertas membuat bentuk-bentuk benda, binatang, atau lainnya. Kira-kira, anak zaman now bisa gak ya bikin bola, kodok loncat, perahu, kapal-kapalan, yang kesemuanya bisa dibuat hanya dari media kertas?

8. Bongkar isi lemari, lihat album foto jadul masa kecil

Antibosan, Ini 8 Kegiatan Jadul yang Bisa Dilakukan Saat #DiRumahAjaInstagram.com/widimulia

Jika selama ini kamu selalu disibukkan dengan rutinitas harian yang menyita banyak waktu, coba deh bongkar isi lemari dan temukan album foto jadul di sana. Bisa untuk unjuk gigi memenuhi tantangan #UntilTomorrow, kamu bisa memilih foto-foto jadul dengan berbagai kekhasan uniknya.

Melihat foto-foto jadul bareng keluarga sambil tertawa terbahak biasanya memang memberikan sensasi kebahagiaan tersendiri, lho. Sambil melihat-lihat foto jadul, orang tua juga biasanya akan bercerita tentang kelakuan unik kamu di masa kecil yang bikin tengsin.

Yuk, tetap dukung anjuran pemerintah dengan tetap #DiRumahAja bagi yang tidak memiliki kegiatan mendesak lain di luar rumah. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan ya?

Baca Juga: 5 Tips Menata Koleksi Bukumu Biar Cantik, Anti Gabut #DiRumahAja Nih!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya