Comscore Tracker

5 Tips Melatih Kesabaran Anak Secara Tepat, Jadi Anak Penurut!

Anak-anak jadi tak akan memaksakan kehendaknya

Anak-anak biasanya memiliki karakter yang unik dan tidak dapat ditebak. Bisa saja mood yang mereka miliki justru berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Hal yang senada dengan alasan tersebut adalah ketika anak juga memiliki kesabaran yang sulit diatur.

Padahal, kesabaran pada anak juga dapat dilatih agar nantinya ia tidak akan tumbuh menjadi pribadi yang pemaksa. Beberapa tips berikut ini dapat membantumu untuk mendidik anak agar memiliki kesabaran yang baik.

1. Mengajarkan anak dari hal yang kecil

5 Tips Melatih Kesabaran Anak Secara Tepat, Jadi Anak Penurut!Ilustrasi anak dan mainannya (Pexels/Tatiana Syrikova)

Melatih kesabaran anak tidak dapat dilakukan secara tiba-tiba. Kamu harus memperkenalkan apa itu kesabaran pada anak secara bertahap.

Memulai untuk mengajarkan anak mengenai kesabaran dapat dilakukan dari hal-hal yang kecil dan sederhana. Melalui hal-hal kecil tersebut nantinya anak akan terbiasa untuk memiliki kesabaran yang baik.

2. Sengaja menunda sesuatu untuk anak

5 Tips Melatih Kesabaran Anak Secara Tepat, Jadi Anak Penurut!Ilustrasi ayah menasehati anaknya (Pexels/Ketut Subiyanto)

Kadang kala anak-anak memiliki keinginan yang sangat kuat akan sesuatu. Hal ini membuat mereka sering mudah marah apabil tidak dapat memperolehnya.

Orangtua memiliki peran penting untuk mendidik kesabaran tersebut pada anak. Salah satu caranya adalah dengan sengaja menunda sesuatu untuk anak. Cara tersebut untuk melihat bagaimana reaksi anak dalam bersabar.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menghadapi Anak yang Hiperaktif, Perlu Kesabaran Tinggi

3. Mengajarkan anak mengenai kontrol diri

5 Tips Melatih Kesabaran Anak Secara Tepat, Jadi Anak Penurut!Ilustrasi anak ibu bertengkar (Pexels/RODNAE Productions)

Mengajarkan anak-anak mengenai kesabaran juga berkaitan dengan pengelolaan emosi yang dimilikinya. Kadang kala banyak anak yang mudah marah dan emosi apabila tidak dapat bersabar akan sesuatu.

Tidak heran bila kemudian orangtua juga dapat mengajarkan anak mengenai pentingnya mengelola emosi yang dimiliki. Nantinya anak akan merasa lebih mudah dalam bersabar dan dapat mengontrol emosinya dengan baik.

4. Mengajak anak untuk mengantri

5 Tips Melatih Kesabaran Anak Secara Tepat, Jadi Anak Penurut!Ilustrasi membuat antrian (Pexels/freestocks.org)

Ada banyak sekali bentuk dan cara mendidik anak untuk dapat memiliki kesabaran yang baik. Salah satunya adalah dengan mengajak anak untuk ikut mengantri.

Kebiasaan sepele seperti mengantri jelas dapat membantu anak untuk dapat melatih kesabarannya. Selain itu, anak juga bisa lebih menghargai orang lain di sekitarnya.

5. Menunjukkan sikap yang baik dengan saling bergantian

5 Tips Melatih Kesabaran Anak Secara Tepat, Jadi Anak Penurut!Ilustrasi adik dan kakak (Pexels/Anna Shvets)

Orangtua tentunya ingin memiliki anak yang tak hanya sabar, namun juga perduli dengan orang lain. Hal tersebut tentu dapat diperoleh melalui pola didik yang sangat baik.

Salah satu cara dalam mendidik anak agar menjadi seperti itu adalah dengan mengajarkannya untuk saling bergantian. Sebagai contohnya adalah ketika anak sedang menggunakan mainan, maka dapat saling bergantian menggunakannya bersama saudara atau teman.

Melalui pola didik seperti yang disebutkan di atas, maka orangtua dapat membentuk anak untuk memiliki kesabaran dan pengelolaan emosi yang baik. Jangan dipaksa untuk langsung dapat melakukannya, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Gak Boleh Bertengkar di Depan Anak-anak

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya