Comscore Tracker

Dari SBY hingga Jokowi, Ini Arti di Balik Nama Jawa Cucu Presiden RI

Semoga menjadi anak yang berbakti, ya!

Nama cucu seorang presiden menjadi hal yang sangat penting dan mengundang rasa penasaran bagi rakyatnya. Bagi rakyat, mengetahui nama cucu berarti juga mengenal pribadi pemimpin negaranya. Lebih sekedar itu, nama cucu pun bisa jadi inspirasi bagi orang-orang jika akan menimang anak nantinya.

Yuk, kita simak arti nama cucu dua presiden terakhir Indonesia yaitu Presiden SBY dan Presiden Jokowi!

1. Cucu pertama Presiden SBY bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono

Dari SBY hingga Jokowi, Ini Arti di Balik Nama Jawa Cucu Presiden RIinstagram.com/annisayudhoyono

Cucu pertama Presiden SBY ini lahir dari pasangan Agus Harimurthi Yudhoyono dan Annisa Yudhoyono. Penamaan cucu SBY yang pertama ini sendiri terinspirasi dari tokoh wanita abad 14 yang merupakan ratu Kerajaan Majapahit. Almira berarti putri yang mulia, Tunggadewi adalah ratu Majapahit yang setia dan berani, dan Yudhoyono adalah nama keluarga. Almira sendiri lahir pada 17 Agustus 2008.

2. Cucu kedua Presiden SBY dari pasangan Ibas dan Aliya Rajasa bernama Airlangga Satriadhi Yudhoyono

Dari SBY hingga Jokowi, Ini Arti di Balik Nama Jawa Cucu Presiden RIinstagram.com/ibasyudhoyono

Cucu kedua Presiden SBY masih berbau Jawa, tepatnya Kerajaan Majapahit. Jika diartikan secara terpisah, Airlangga berarti pemimpin untuk keluarga, bangsa dan negara. Sementara itu Satriadhi adalah satria yang berjuang di jalan yang benar dan dapat menghadapai segala rintangan dan tantangan. Yudhoyono adalah nama keluarga. Maka keseluruhan arti namanya adalah pemimpin dan satria yang berjuang di jalan benar dan dapat menghadapi segala rintangan untuk keluarga, bangsa, negara.

3. Adik Airlangga bernama Pancasakti Maharajasa Yudhoyono

Dari SBY hingga Jokowi, Ini Arti di Balik Nama Jawa Cucu Presiden RIinstagram.com/aniyudhoyono

Masih bernada Majapahit, nama adik pertama buat Airlangga ini menggabungkan antara nama keluarga Presiden SBY dan besannya yaitu Hatta Rajasa. Secara keseluruhan, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono berarti raja sakti yang memiliki kekuatan dalam menjalankan makna yang terkandung dalam Pancasila, yang memenangkan peperangan. Pancasakti sendiri mengingatkan pada kelahirannya yang jatuh pada Hari Kesaktian Pancasila.

Baca Juga: Kahiyang Ungkap Makna di Balik Nama Putrinya

4. Cucu Presiden SBY yang terakhir adalah Gayatri Idalia Yudhoyono

Dari SBY hingga Jokowi, Ini Arti di Balik Nama Jawa Cucu Presiden RIinstagram.com/ibasyudhoyono

Seakan melengkapi kebahagiaan Presiden SBY dengan dua cucu perempuan dan dua cucu laki-laki, lahirlah Gayatri Idalia Yudhoyono. Gayatri diambil dari nama istri Raden Wijaya pada masa Kerajaan Majapahit, yaitu Gayatri Rajapatni yang menggambarkan perempuan tangguh. Idalia adalah gabungan nama Ibas dan Aliya, sedangkan Yudhoyono adalah nama keluarga. Terinspirasi dari istri raja Majapahit, diharapkan Gayatri menjadi perempuan yang tangguh

5. Sedangkan cucu pertama Presiden Jokowi bernama Jan Ethes Srinarendra

Dari SBY hingga Jokowi, Ini Arti di Balik Nama Jawa Cucu Presiden RIinstagram.com/jokowi

Bila dijabarkan secara terpisah, "Jan" berarti "sangat", "Ethes" berarti "cekatan", dan "Narendra" berarti cerdas. Walau terdengar unik, namun ketiganya adalah kosakata dari bahasa Jawa. Secara keseluruhan Jan Ethes Srinarendra berarti pemimpin yang cerdas dan cekatan sekali.

6. Baru saja diumumkan, cucu kedua Presiden Jokowi bernama Sedah Mirah Nasution

Dari SBY hingga Jokowi, Ini Arti di Balik Nama Jawa Cucu Presiden RIIDN Times/Afriani Susanti

Baik kata "Sedah" dan "Mirah" merupakan kosakata dari Bahasa Jawa, sedangkan "Nasution" merupakan marga dari keluarga Bobby. Nama ini melambangkan harapan Kahiyang dan Bobby sebagai orangtua agar anaknya tak cuma menawan, tapi juga bertakwa pada Tuhan dan suka menolong orang-orang di sekitarnya. Secara keseluruhan, putri pertama Kahiyang Bobby diharapkan bisa menjadi anak yang menawan, soleha, dan dermawan.

Kamu yang sedang mencari ide nama untuk calon anakmu, apakah tertarik mengadopsi salah satu nama cucu presiden RI di atas?

Baca Juga: Kilas Balik Romansa Kahiyang Ayu & Bobby, dari Pacaran Sampai Jadi Ibu

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 10:15:03

Progress: 750.874 dari 813.350 TPS (92.31868%)

Just For You