Comscore Tracker

5 Cara Melahirkan Normal dengan Mudah Tanpa Jahitan

Yang penting, sabar sedikit ya!

Buat kamu yang baru akan menjadi ibu, mendengar proses persalinan yang melibatkan jahitan pasti terasa sangat mengerikan. Apalagi kalau itu melibatkan robekan pada vagina. Maklum saja, persalinan normal bisa membuat perineum (dinding antara vagina dan anus) meregang dan berpotensi berakhir robek.

Namun, kamu tidak perlu bersedih atau terbayang-bayang seramnya jahitan sobekan itu. Sebenarnya, ada beberapa cara agar robekan saat persalinan bisa dicegah dan kamu pun tidak perlu mengalami jahitan. Ketahui yuk tips atau cara melahirkan normal dengan mudah tanpa jahitan!

1. Perhatikan posisimu saat melahirkan. Posisi tertentu bisa memberikan tekanan pada perineum, lho!

5 Cara Melahirkan Normal dengan Mudah Tanpa JahitanIDN Times/Arief Rahmat

Posisi saat persalinan dapat menentukan banyak hal, termasuk cepatnya proses persalinan, lamanya kontraksi, hingga luka robekan pada kemaluan. Posisi yang beragam pun, dapat memberikan tekanan yang bervariasi pula pada perineum. Maka dari itu, cobalah berbaring dengan posisi miring, duduk, atau berlutut dengan dua tangan bertumpu di antara kedua paha.

2. Jauh sebelum persalinan tiba, biasakan menjalani gaya hidup sehat. Di antaranya adalah mengatur pola makan dan rajin olahraga

5 Cara Melahirkan Normal dengan Mudah Tanpa JahitanPexels/Nathan Cowley

Dengan pola makan yang sehat dan teratur serta kecukupan vitamin, jaringan tubuh akan berfungsi sebaik mungkin. Olahraga yang rutin, seperti senam kegel akan melengkapi asupan nutrisi supaya tubuh kuat. Eh, keduanya ternyata tidak cukup lho!

Lakukan pula relaksasi agar stres yang mengiringi kehamilan bisa hilang. Bila perlu, pijat perineum dua kali seminggu agar lebih fleksibel pada saat persalinan. Ini bisa kamu lakukan pada saat kehamilanmu kira-kira 34 minggu.

3. Biarkan perineummu tetap hangat dengan handuk atau kain hangat saat proses persalinan terjadi

5 Cara Melahirkan Normal dengan Mudah Tanpa JahitanPexels/Dom J

Sudah bukan rahasia lagi kalau suhu yang hangat, mampu membuat aliran darah lancar. Otot yang kaku pun menjadi lebih lemas ketimbang sebelumnya. Tak terkecuali dengan area perineum. Maka dari itu, tempatkan handuk atau kain hangat di sekitar perineum saat proses persalinan.

Kalau memungkinkan, kamu bisa meminta seseorang agar bagian perineum ditekan dengan handuk hangat. Memang, hal ini jarang dilakukan para ibu mengingat proses persalinan sendiri sudah membuat panik. Namun cara ini terbilang cukup efektif untuk menghindari kerobekan saat kepala bayi terdorong keluar.

Baca Juga: 9 Posisi Persalinan Tahap Pertama yang Baik untuk Mengurangi Sakit

4. Pakailah pelumas dengan bahan dasar minyak mineral yang dihangatkan. Fungsinya adalah mengurangi gesekan saat persalinan

5 Cara Melahirkan Normal dengan Mudah Tanpa JahitanPexels/Mareefe

Pilihlah pelumas dengan bahan dasar minyak mineral yang dihangatkan. Ini berfungsi untuk mengurangi gesekan dan mempermudah keluarnya bayi. Tapi, pastikan tidak ada alergi apa pun (khususnya alergi obat) darimu. Karena jika ini dilanggar, rasa gatal atau kemerahan pada kulit bisa terjadi.

5. Terakhir, atur cara mengejanmu dengan baik berikut pernapasannya saat persalinan. Ini akan membuat kepala bayi keluar perlahan nan mulus

5 Cara Melahirkan Normal dengan Mudah Tanpa JahitanPexels/Oleksandr Pidvalnyi

Menjelang kontraksi datang, biasanya dokter atau suster akan menginformasikan waktu untuk mengejan. Maka, mengejanlah sekuat tenaga dengan langkah yang tepat. Saat kontraksi hilang, minta suster mengusap pusar supaya kontraksi kembali datang. 

Begitu kepala bayi mulai nampak, biasanya kamu akan diinformasikan untuk berhenti mengejan. Lalu, ambil napas pendek untuk dikeluarkan dari mulut. Dengan ini, kepala bayi akan keluar perlahan. Perineum pun meregang alami tanpa robek. Intinya, ikuti saran dokter atau bidan serta jangan sungkan berkonsultasi dengan dokter kandungan kepercayaan ya!

Itu dia cara melahirkan normal tanpa jahitan yang perlu kamu ketahui. Ngilu tidak perlu, proses penyembuhan pun setingkat lebih cepat. Semangat buat kamu, calon mama baru!

Baca Juga: Perlu Latihan, 8 Posisi Persalinan Tahap Kedua Ini Mampu Redakan Sakit

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You