Comscore Tracker

5 Tips Hidup Ringan dan Mudah, Jangan Mempersulit Diri

Hidup sebenarnya mudah, diri sendiri yang mempersulit 

Kita saat ini hidup di zaman teknologi berkembang dan tuntutan akan hidup meningkat. Seiring bertambahnya usia, kita dituntut untuk bekerja lebih keras secara mandiri demi menghidupi diri sendiri dan keluarga yang kita miliki nantinya. Akan tetapi, terkadang usaha yang kita maksimalkan belum cukup memenuhi hidup.

Semua orang memandang hidup dengan kacamata yang berbeda-beda. Dunia ini tidak sama di mata setiap orang yang menjalaninya. Oleh karena itu, berikut merupakan tips agar hidupmu lebih mudah dan ringan.

1. Miliki waktu sendiri 

5 Tips Hidup Ringan dan Mudah, Jangan Mempersulit Diriilustrasi sendiri (pexels.com/Luis Fernandes)

24 jam dalam sehari biasanya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu 8 jam untuk beraktivitas, 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk tidur. Pola yang sama selalu berulang-ulang dalam lingkar yang disebut produktivitas. Pada waktu selama itu, luangkan waktu untuk memahami dirimu sendiri.

Pemahaman akan diri akan mengantarkanmu pada pengetahuan akan apa yang sesungguhnya kamu butuhkan dalam hidup. Layaknya petani yang butuh 2 jam sehari untuk mengurus sawah dan sisanya hanya waktu luang.

2. Berhenti mengikuti mode 

5 Tips Hidup Ringan dan Mudah, Jangan Mempersulit Diriilustrasi pakaian jalan (pexels.com/Lum3n)

Sebuah fatamorgana terjadi pada saat kamu melirik mode-mode yang sedang populer saat ini. Bayangan akan sebuah hasrat tertanam pada diri demi cocok dengan orang yang satu generasi denganmu. Pada nyatanya, tidak ada yang berubah dari padamu. Dirimu tetaplah orang yang sama dengan nafsu yang terpuaskan.

Kita tidak pernah mengejar sebuah mode, kita mengikutinya. Semakin lama terseret arus, kamu dalam kerugian. Tetaplah di sini, menggunakan apa yang kamu miliki saat ini.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Bintang di Langit, Menginspirasi!

3. Pertimbangkan sebelum membeli sesuatu 

5 Tips Hidup Ringan dan Mudah, Jangan Mempersulit Diriilustrasi berbelanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penglihatan kita sangat terikat akan nafsu memiliki yang bagus, indah, dan disukai. Dua alasan kita membeli sesuatu biasanya antara suka atau butuh. Ketika butuh, pasti akan terdorong untuk membelinya dengan alasan yang jelas. Tetapi, ketika rasa suka mengendalikan diri untuk mengambil keputusan, kesalahan terjadi.

Melepaskan hasrat akan sesuatu karena suka atau gengsi, kamu telah mempermudah hidupmu. Terpenuhinya kebutuhan, sudah mencukupi bagimu agar hidup tetap ringan.

4. Mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati 

5 Tips Hidup Ringan dan Mudah, Jangan Mempersulit Diriilustrasi sakit (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Hampir semua orang menilai bahwa sakit merupakan hal yang negatif. Pada nyatanya, sakit merupakan sesuatu yang normal sebagai manusia. Kita dapat mengalaminya secara tiba-tiba tanpa mengenal tempat dan waktu.

Ubah persepsi menjadi penyakit berarti ada sesuatu yang salah pada dirimu. Tidak akan muncul sesuatu tanpa penyebabnya. Sakit merupakan cara tubuh memberitahumu bahwa ada sesuatu yang salah telah kamu lakukan.

5. Mengendalikan diri sendiri 

5 Tips Hidup Ringan dan Mudah, Jangan Mempersulit Diriilustrasi kontrol diri (pexels.com/Natalie)

Hidup ini mudah, diri sendiri yang membuatnya rumit hingga lupa kita caranya bagaimana menjadikannya mudah. Hiduplah ideal layaknya hewan, cukup pada pemenuhan kebutuhan, maka rasa khawatir akan hilang.

Biarkan orang lain berkata apa pun tentangmu, itu tidak akan mengubah dirimu karena kita tidak dapat mengendalikannya. Apa yang bisa kita lakukan hanya mengubah dan mengelola pikiran kita sendiri.

Ingat selalu 4 kebutuhan pokok manusia, yaitu rumah, makanan, pakaian, dan obat. Seekor burung hanya butuh waktu 2 hari untuk membangun sarangnya, tetapi manusia yang lebih cerdas butuh 30 tahun untuk memilikinya tanpa menyicil. Bagaimana caranya hidup mudah dan ringan? Jawabannya ada pada dirimu saat ini.

Baca Juga: Hidup dalam Ketakutan? 5 Cara Ini Bisa Buatmu Bebas Menjalani Hidup

Adam Ghifari Photo Writer Adam Ghifari

Menulis untuk manfaat diri dan orang lain

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya