Comscore Tracker

5 Manfaat yang Kamu Dapat Jika Tahu tentang Kelemahan Diri Sendiri

Gak perlu jadi minder, kamu tetap harus pede ya!

Banyak yang mengatakan jangan terpaku pada kelemahan diri. Fokus saja pada kelebihan dan terus berusaha supaya bisa sukses. Kerja keras agar kamu bisa melampaui batasan diri, itu memang benar sih. Namun, jangan hanya karena ingin terus maju lalu kamu mengabaikan tentang kelemahanmu.

Mengetahui kelemahan diri sendiri itu banyak manfaatnya, lho. Bukan untuk membuatmu pesimis, di bawah ini ada lima manfaat yang akan kamu dapat jika tahu tentang kelemahan diri sendiri.

1. Jadi tahu kapan kamu perlu meminta bantuan orang lain

5 Manfaat yang Kamu Dapat Jika Tahu tentang Kelemahan Diri Sendiripexels.com/Lukas

Jika kamu tahu kelemahanmu apa, kamu akan mudah untuk memutuskan kapan waktunya minta tolong kepada orang lain. Kamu tidak akan memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan itu. Sebab, sudah tahu kalau kamu tidak bisa dan jika memaksa untuk dikerjakan, kamu bisa celaka.

2. Tahu waktu untuk menolak suatu permintaan dari orang

5 Manfaat yang Kamu Dapat Jika Tahu tentang Kelemahan Diri Sendiripexels.com/Joël Super

Nah, ini hampir sama dengan poin yang pertama. Saat kamu tahu dengan benar hal apa yang tidak bisa kamu kerjakan. Kamu bisa dengan mudah menolak saat orang lain memintamu untuk mengerjakannya. Karena kamu tahu, meski memaksa mengerjakannya kamu tetap tidak bisa yang ada pekerjaan itu malah amburadul. Orang yang kamu tolong pun pasti akan kecewa juga.

Baca Juga: 5 Hal Tak Berfaedah Ketika Kamu Sibuk Bahas Kelemahan Orang Lain

3. Bisa menghindari masalah yang mungkin akan membuatmu malu

5 Manfaat yang Kamu Dapat Jika Tahu tentang Kelemahan Diri Sendiripexels.com/Pixabay

Apa kamu masih suka memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang tidak pernah bisa kamu lakukan? Lalu bagaimana akhirnya, berhasilkah atau malah membuatmu malu?

Dengan mengetahui kelemahanmu, kamu bisa menghindari malu di depan umum. Misalnya kamu tidak bisa makan pakai sumpit, maka kamu gak akan memaksa menggunkannya. Pasti kamu akan meminta garpu dan atau sendok.

4. Kamu tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk menirukan gaya orang lain

5 Manfaat yang Kamu Dapat Jika Tahu tentang Kelemahan Diri Sendiripexels.com/Stas Knop

Pasti dalam hidup kamu punya role model 'kan. Selain memberi pengaruh dalam berpikir, dia juga memberi pengaruh pada gaya hidupmu. Nah, jika kamu tahu kelemahan dirimu, kamu pasti akan menyesuaikan diri apa hal positif darinya yang dapat diterapkan pada hidupmu.

Bukan, semua omongan dan motivasi darinya serta merta kamu aplikasikan ke hidupmu. Sebab itu sama saja dengan mengimitasi cara hidupnya. Ingat kawan, kamu itu bukan dia. Mungkin dia berhasil sukses dengan cara yang seperti itu. Namun, saat kamu coba caranya, mungkin kamu malah stuck.

5. Tidak akan lagi membandingkan diri dengan orang lain

5 Manfaat yang Kamu Dapat Jika Tahu tentang Kelemahan Diri Sendiripexels.com/bruce mars

Jika kamu tahu kelemahanmu, kamu pasti akan memiliki pikiran bila kalian berbeda. Kamu tak akan membandingkan dirimu dengannya, sebab tahu bahwa ada beberapa poin dari dirinya yang tidak bisa kamu lakukan, begitu juga sebaliknya. Dengan begini kamu pasti lebih fokus untuk memperbaiki kelemahanmu dan mengembangkan kelebihan.

Nah kawan, itulah lima manfaat jika kamu tahu tentang kelemahan diri sendiri. Kelemahan bukanlah suatu hal yang memalukan, tapi dia ada untuk menjadi batasan dirimu sebagai manusia. Juga hal yang akan membuatmu harus terus belajar.

Baca Juga: 5 Alasan Memang Sebaiknya Kamu Lebih Percaya pada Diri Sendiri

Arsya Naira Photo Verified Writer Arsya Naira

Hanya manusia ciptaan Tuhan yang suka menulis sambil minum kopi. Instagram-ku @_adhesa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya