Comscore Tracker

Doa Kristen Menyambut Tahun Baru 2022, Penuh Harapan Baik!

Doa itu penuh kuasa

Tahun baru merupakan momen penuh harapan bagi sebagian besar orang. Ada yang berharap akan karier yang bagus, kisah asmara yang berakhir bahagia, atau luka yang mulai sembuh. Kamu sudah melewati tahun 2021 dengan sangat baik.

Momen pergantian tahun ini boleh jadi refleksi kamu. Kamu bisa menyampaikan harapanmu melalui doa agar tahun 2022 menjadi tahun yang penuh berkah dan membawa perubahan positif untukmu. Berikut ini beberapa contoh doa Kristen untuk menyambut tahun baru yang sudah IDN Times rangkum.

Baca Juga: Doa Syafaat dan Pokok Doa untuk Hari Natal 2021

1. Contoh doa mengucap syukur sudah melewati tahun 2021

Doa Kristen Menyambut Tahun Baru 2022, Penuh Harapan Baik!ilustrasi berdoa (unsplash.com/Aaron Burden)

Jangan lupa bersyukur pada Tuhan yang sudah menyertaimu sepanjang tahun yang sulit ini. Kami bisa sampai ucapan syukur dan refleksimu dalam doa seperti ini:

"Tuhan Yesus, terima kasih untuk penyertaan dan berkat yang melimpah sepanjang tahun 2021 ini. Terima kasih, Engkau telah menuntun kami untuk bisa melewati tahun yang sulit ini. Tahun ini penuh dengan kabar menyediahkan, Bapa. Banyak hati yang remuk karena harus kehilangan orang tersayang. Namun, kami bersyukur bahwa Kau tetap memberi kami kekuatan dan penghiburan.

Kami mengucap syukur kalau Engkau izinkan kami dan keluarga bisa berkumpul dalam keadaan sehat. Ampuni segala kesalahan kamu, ya Bapa. Ampuni kami yang seringkali mengabaikan perintah Tuhan dan fokus pada permasalahan kami sendiri. Ampuni kami yang tidak mengandalkan Engkau.

Kiranya penghujung tahun ini menjadi refleksi untuk kamu bisa berbenah diri. Tanpa kasih karunia-Mu, kami pasti tak mampu melewati ini semua. Kami bawa doa ini dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin."

2. Contoh doa meminta berkat dan hikmat

Doa Kristen Menyambut Tahun Baru 2022, Penuh Harapan Baik!ilustrasi berdoa (focusonthefamily.com)

Pergantian tahun merupakan momen terbaik untuk kembali memohon berkat dari Tuhan. Bukan hanya tahun yang berganti, kebiasaan dan kenangan buruk juga harus ditanggalkan. Tentunya, kamu memohon kekuatan dari Tuhan dari Tuhan.

"Tuhan Yesus Kristus yang bertahta dalam hidup ini. Dengan segala kerendahan hati, kami memohon ampun untuk setiap kesalahan yang melukai hati-Mu. Ampuni kami yang seringkali menjauh dari Engkau.

Di tahun yang baru ini, kiranya Tuhan memampukan kami untuk meninggalkan dosa. Berikanlah kami hikmat dari Tuhan saja agar kami mampu meningkalkan hal-hal buruk. Berikankan kami kebijaksanaan untuk bisa mendengar dan melihat karya-Mu dalam hidup kami, Tuhan.

Kami percaya Tuhan selalu menyediakan apa yang baik. Kami juga percaya bahwa Tuhan yang akan pakai kami sedemikian rupa untuk menjadi perpanjangan tangan-Mu di tahun baru ini. Kiranya tangan, hati, pikiran, dan jiwa kami hanya tertuju pada Tuhan saja. Inilah doa kami, Bapa. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami memohon ampun dan mengucap syukur. Amin."

3. Contoh doa malam pergantian tahun

Doa Kristen Menyambut Tahun Baru 2022, Penuh Harapan Baik!Ilustrasi berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

"Di malam pergantian tahun ini, terangi mata hati kami untuk terusa mengucap syukur. Tengah malam berlalu, kiranya momen pergantian tahun ini bisa menjadi awal yang baik untuk kami. Kiranya kami juga bisa lebih mendekatkan diri pada Tuhan.

Malam yang damai dan penuh sukacita ini, kami serahkan dalam nama Tuhan Yesus. Hari esok di tahun yang baru biarlah menjadi kehendak Tuhan. Terjadilah pada-Mu, apa yang Kau inginkan. 

Walaupun pandemik belum selesai, kami percaya ada hadirat Tuhan di sini. Ada kuasa Tuhan yang bekerja atas hidup kami. Ada kuasa Tuhan yang jauh lebih besar daripada permasalahan dunia. Terima kasih Tuhan untuk karya-Mu. Amin."

Baca Juga: Doa Syafaat dan Pokok Doa untuk Hari Natal 2021

4. Contoh doa penutup tahun

Doa Kristen Menyambut Tahun Baru 2022, Penuh Harapan Baik!ilustrasi menyembah (unsplash.com/Igor Rodrigues)

"Bapa, aku telah sampai pada penghujung tahun. Begitu banyak hal yang sudah ku lewati sepanjang tahun 2021 ini. Banyak sukacita dan dukacita melingkupi hidup kami, tapi aku percaya bahwa semua itu merupakan anugerah-Mu.

Mungkin hari-hari ke depan tidaklah mudah, tapi aku yakin Engkau adalah Tuhan yang tidak pernah sekalipun pergi meninggalkan kami. Hambamu ini berdoa Tuhan untuk semua orang yang saat ini sedang berduka. Kiranya kasih Tuhan saja yang menyertai mereka melewati lembah dan mencapai kemenangan di dalam Tuhan.

Kami juga berdoa untuk mereka yang sudah berjuang untuk apa pun itu. Kalau bukan karena kekuatan dari Tuhan, mungkin kami tak akan bisa melewati tahun ini dengan damai sejahtera. Kami tutup lembaran di tahun ini. Kami akan membuka lembaran baru di tahun 2022. Isilah lembaran itu dengan kasih karunia-Mu.

Terima kasih Bapa, Engkau begitu baik. Aku percaya anugerah-Mu besar buat kami. Kami naikkan doa dan permohonan ini dalam nama Tuhan Yesus. Haleluya. Amin."

5. Contoh doa menyambut tahun baru 2022

Doa Kristen Menyambut Tahun Baru 2022, Penuh Harapan Baik!ilustrasi salib (pexels.com/RODNAE Productions)

"Puji syukur kepada Allah, Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Terpujilah Kau Tuhan, Raja di atas segala Raja. Terima kasih tak henti-hentinya kami ucapkan untuk tahun baru dan penyertaan Tuhan setahun kemarin. Banyak kebaikan yang Tuhan berikan dalam hidup kami. Walaupun terasa menyesakkan hati, kami percaya Tuhan tetap baik.

Terima kasih Tuhan Yesus untuk tubuh-Mu yang Kau pecah sehingga kami bisa tinggal di dalam Tuhan dan Tuhan tinggal di dalam kami. Terima kasih, kami boleh berbuah sepanjang tahun 2021. Terima kasih untuk darah-Mu yang tertumpah. Bukan sekadar menyucikan dosa, tapi melindungi di sepanjang tahun 2022 sehingga kami aman dan gak perlu kuatir. Sekalipun kami harus menghadapi berbagai badai, lembah, gunung, marabahaya, sebab darah-Mu melindungi kami secara sempurna.

Karier, percintaan, keluarga, apa pun itu yang menjadi pergumulan kami akan kami serahkan dalam nama Tuhan Yesus. Kami mau dedikasikan sepanjang tahun 2022 ke dalam tangan dan pemeliharan tangan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus, kita semua sudah diberkati. Sama-sama katakan, Amin."

Itulah beberapa referensi doa Kristen yang bisa kamu panjatkan untuk menyambut tahun baru 2022. Mari lewati tahun 2021 dengan hati yang penuh syukur dan hadapi tahun 2022 dengan penuh harapan baik!

Baca Juga: Doa Novena Hati Kudus Yesus, Doa yang Dipercaya Tidak Pernah Gagal

Topic:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya