Comscore Tracker

Doa Syafaat dan Pokok Doa yang Bisa Kamu Panjatkan

Isi doanya untuk mendoakan orang lain

Jika Doa Bapa Kami merupakan doa wajib umat Kristiani, lain halnya dengan doa syafaat. Doa syafaat biasa dipanjatkan dalam ibadah, seperti ibadah Minggu atau persekutuan doa. Tapi, kamu juga tetap bisa berdoa syafaat secara pribadi, tidak terbatas waktu dan tempat.

Tidak ada ketentuan khusus dalam doa syafaat. Kamu bebas mendoakan siapa pun, berbentuk pokok-pokok doa. Nah, kalau kamu bingung, coba cek contoh doa syafaat kristen dan pokok doa di bawah ini.

1. Apa itu doa syafaat?

Doa Syafaat dan Pokok Doa yang Bisa Kamu Panjatkanilustrasi berdoa (unsplash.com/Patrick Fore)

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan - Roma 8:26

Sederhananya, doa syafaat merupakan doa yang dipanjatkan untuk orang lain. Syafaat sendiri memiliki makna menggantikan posisi seseorang ketika datang ke hadapan Tuhan.

Doa syafaat juga diartikan sebagai doa umat untuk pergumulan dunia. Melalui pendoa syafaat, kita diajak untuk memohon pengasihan Allah agar kasih-Nya terus dinyatakan dalam hidup ini.

Kita sudah menerima kasih Tuhan tanpa syarat. Maka, hendaklah kita juga bisa mengasihi orang lain tanpa syarat dengan mendoakan mereka.

Baca Juga: Doa Novena Hati Kudus Yesus, Doa yang Dipercaya Tidak Pernah Gagal

2. Pokok doa syafaat secara umum

Doa Syafaat dan Pokok Doa yang Bisa Kamu Panjatkanilustrasi berdoa (unsplash.com/Prescilla Du Preez)

Ada beberapa pokok doa syafaat yang bisa kamu panjatkan. Pokok doa ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Berikut ini adalah pokok doa syafaat secara umum:

  • Berdoa untuk pemerintah pusat dan pemerindah daerah di Indonesia, serta pemimpin dunia. Berdoa agar mereka diberi hikmat untuk mengambil keputusan yang tepat dalam setiap pekerjaannya.
  • Berdoa untuk pemerintah dan seluruh jajarannya agar Tuhan berikan hikmat dalam mengatasi pandemik.
  • Berdoa untuk seluruh masyarakat agar bisa bersatu padu dalam menaati setiap protokol kesehatan dan tidak terprovokasi oleh berita-berita buruk.
  • Berdoa untuk garda terdepan, para tenaga kesehatan yang sedang berjuang mengatasi penanganan pandemik ini, agar mereka diberi kekuatan dan kesehatan.
  • Berdoa untuk siapa pun yang terlibat langsung dalam penanganan COVID-19.
  • Berdoa untuk pasien yang dinyatakan positif COVID-19 agar mengalami pemulihan.
  • Berdoa untuk orang-orang yang sedang sakit.
  • Berdoa untuk keluarga atau anggota keluarga yang ditinggalkan, yang sedang berduka, agar diberi kekuatan dan penghiburan.
  • Berdoa untuk setiap pelajar dan pekerja agar mampu beradaptasi dalam situasi new normal.
  • Berdoa untuk setiap sektor bisnis yang terdampak akibat pandemik agar Tuhan pulihkan dan bangkitkan.

3. Contoh doa syafaat

Doa Syafaat dan Pokok Doa yang Bisa Kamu Panjatkanilustrasi berdoa (unsplash.com/Ben White)

Doa syafaat tentu dibuka dengan doa pembuka, isi doa atau pokok doa yang akan dipanjatkan, bisa ditutup dengan Doa Bapa Kami.

Bapa yang ada di Sorga. Kami mengucap syukur atas penyertaan dan berkat yang sudah Kau beri. Terima kasih juga kalau saat ini kami boleh berkumpul di tempat ini untuk memuji dan memuliakan nama-Mu. Sebentar kami akan menaikkan beberapa pokok doa untuk mereka yang penting dalam hidup kami.

(Naikkan pokok-pokok doa syafaat)

Terima kasih, ya Tuhan. Kami naikkan doa syafaat ini dalam nama Tuhan Yesus. Ampuni segala dosa dan kesalahan kami. Inilah seluruh rangkaian doa syafaat yang kami panjatkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus, yang sudah mengajarkan kami untuk berdoa:

Bapa kami yang di sorga,
Dikuduskanlah nama-Mu,
datanglah Kerajaan-Mu,
jadilah kehendak-Mu
di bumi seperti di sorga.
Berikanlah kami pada hari ini
makanan kami yang secukupnya
dan ampunilah kami akan kesalahan kami,
seperti kami juga mengampuni
orang yang bersalah kepada kami;
dan janganlah membawa kami kedalam pencobaan,
tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat.
Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan
dan kuasa dan kemuliaan
sampai selama-lamanya. Amin.

Itulah contoh doa syafaat kristen dan pokok-pokok doa yang bisa kamu panjatkan. Ketika berdoa, arahkan hati dan pikiranmu kepada Tuhan, ya!

Baca Juga: Contoh Doa Kristen Sehari-hari, Meminta Ampun dan Bersyukur

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya