Comscore Tracker

5 Manfaat Positif jika Suka Mengamati Orang di Sekitarmu

Kamu jadi tahu bedanya orang yang fake dan benar-benar tulus

Meskipun terlahir sebagai makhluk sosial, kita tidak berinteraksi terus menerus sepanjang hari dengan orang lain. Makanya terkadang kita pun mengamati orang di sekitar kita, entah hanya sekedar memperhatikan atau dengan maksud tertentu.

Terlepas dari itu, suka memperhatikan orang sekitar sebenarnya ada manfaatnya, lho. Dan kali ini kita akan membahas beberapa manfaat positifnya, jadi simak baik-baik, ya!

1. Pelan-pelan kamu mengerti bagaimana cara mengenali pribadi orang

5 Manfaat Positif jika Suka Mengamati Orang di SekitarmuIlustrasi bicara(pexels.com/Cliff Booth)

Manfaat positifnya yang pertama jika kamu sering memperhatikan orang sekitar ialah, pelan-pelan kamu akan mengerti bagaimana caranya mengenali pribadi orang. Entah dari cara orang lain berbicara, dari segi penampilannya, atau juga sikapnya pada orang lain. Dan tanda sadar hal ini bisa menjadi skill tersendiri untukmu, lho.

2. Punya banyak informasi terkait sekitar

5 Manfaat Positif jika Suka Mengamati Orang di SekitarmuIlustrasi teman(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memperhatikan sekitar juga bermanfaat baik karena dirimu jadi tahu banyak tentang informasi sekitar. Karena pada dasarnya kamu tidaklah cuek, jadi kamu pun tahu apa yang terjadi di sekitarmu. Jangan disepelekan, karena kamu sebenarnya membutuhkan hal ini untuk menjaga diri, lho. Kamu tahu tempat yang berbahaya dari cerita orang, kejadian viral di lingkungan sekitarmu dari mengamati sekitar dan gak cuek.

Baca Juga: 5 Manfaat Bertemu Orang yang Salah, Gak Selalu Sial!

3. Tanpa sadar kamu justru belajar menjadi orang yang peka

5 Manfaat Positif jika Suka Mengamati Orang di SekitarmuIlustrasi pasangan bicara(pexels.com/Alex Green)

Mungkin banyak yang gak menyadari ini, bahwa mengamati sekitar bisa membuatmu beljar menjadi orang yang peka. Pertama, kamu peduli terhadap detail kecil. Sehingga tahu orang-orang yang sedang bahaya atau kesakitan, meski mereka tidak meminta pertolongan. Kepekaan membawa banyak keuntungan untukmu, jadi banggalah terhadap hal itu, ya!

4. Terhindar dari melakukan kesalahan yang sama seperti mereka

5 Manfaat Positif jika Suka Mengamati Orang di SekitarmuIlustrasi percaya diri(pexels.com/Fauxels)

Mereka mungkin tidak curhat padamu, tapi dengan dirimu yang mengamati sekitar tentunya tahu kalau ada orang yang mengalami kesulitan atau melakukan kesalahan. Kamu bisa belajar dari situ, dan berusaha agar tidak melakukan hal yang sama dengan orang tersebut. Dan hal ini gak hanya di lingkungan sosial saja, tapi juga di tempatmu bekerja. Mengamati orang sekitar tentu ada manfaatnya.

5. Kamu tahu mana orang yang fake, baik di depan tapi buruk di belakang

5 Manfaat Positif jika Suka Mengamati Orang di SekitarmuIlustrasi kencan(pexels.com/Cottonbro)

Terakhir, manfaat baiknya kalau kamu suka mengamati orang sekitarmu ialah, kamu jadi tahu bagaimana membedakan antara orang yang fake dan yang benar-benar tulus. Karena dimanapun kita, pasti ada saja orang yang seperti ini, baik di depan tapi buruk di belakang. Dan kamu bisa mengetahuinya berkat mengamati sekitar dan melihat perubahan sikapnya.

Jika tak didasari niat jahat, maka apapun yang kita lakukan pasti ada manfaatnya. Termasuk lima manfaat positif tadi yang didapat dari mengamati sekitar. Benar kan?

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan dari Merapikan Tempat Tidur Setelah Bangun

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya