Comscore Tracker

5 Cara Agar Berani Mengatakan "Tidak" pada Orang Lain

Mengatakan "tidak" berarti kita mengetahui batasan diri

Di antara kita pasti ada yang memiliki sifat gak tegaan untuk menolak sesuatu, takut akan menyakiti dan sebagainya. Tetapi, mengapa kita harus berani belajar bilang "tidak" pada permintaan orang lain kepada kita?

Artikel di bawah ini akan memberitahumu bagaimana agar kita lebih berani berkata "tidak" kepada orang lain.

1. Buat respon sederhana

5 Cara Agar Berani Mengatakan Tidak pada Orang Lainpexels/Pedro Sandrini

Jujurlah pada orang lain jika kita tidak dapat melakukan sesuatu yang diminta. Terkadang jika kita memakai kata "mungkin" hanya akan membuat kondisi yang akan memaksa kita untuk menjelaskan lebih banyak alasan.

Beberapa orang menyerah membuat alasan untuk penolakan dan akhirnya hanya bisa berkata "ya" dengan hati yang berkata "tidak".

2. Beri diri sendiri waktu

5 Cara Agar Berani Mengatakan Tidak pada Orang Lainpexels/Liam Anderson

Jika kita masih merasa sulit untuk menolak permintaan dari orang lain, ambillah jeda untuk berpikir dan meyakinkan diri. Ingatlah alasan mengapa kita harus berkata "tidak".

Setelah melakukan hal tersebut, kita akan lebih percaya diri dari sebelumnya dan lebih berani untuk mengatakan penolakan.

Baca Juga: Berani Berkata Tidak Itu Menguntungkan, Ini 6 Buktinya!

3. Pisahkan dua jenis penolakan

5 Cara Agar Berani Mengatakan Tidak pada Orang Lainidealintroductions.com.au

Coba beri tahu pada orang lain bahwa saat kita menolak permintaan, bukan bermaksud tidak baik pada orang yang meminta tolong tersebut. Kadang kita tidak sanggup menolak karena tidak enak pada orang tersebut.

Dengan meyakinkan hal di atas, kita akan merasa lebih nyaman saat menolak dengan alasan yang benar-benar jelas dan tidak menyakiti.

4. Jujurlah pada keadaan

5 Cara Agar Berani Mengatakan Tidak pada Orang Laingymjunkies.com

Beberapa orang ingin dimengerti, tapi tidak ingin berterus terang pada keadaan yang tengah dihadapinya. Kata "tidak" bukanlah kata yang buruk untuk diucapkan.

Jelaskan dengan sejujur-jujurnya maka kemungkinan besar penolakan kita diterima oleh orang yang meminta pertolongan kepada kita.

5. Introspeksi diri

5 Cara Agar Berani Mengatakan Tidak pada Orang Lainpexels.com/t4hlil

Sebelum berkata "tidak", tanyakanlah pada diri sendiri, mengapa kita ingin membantu seseorang. Apakah karena ingin meringankan beban orang tersebut ataukah demi kepuasan diri.

Jika karena demi kepuasan diri, maka kita akan cenderung pamrih, mudah kecewa dan juga berharap banyak pada orang tersebut. Jika dengan alasan seperti itu, lebih baik katakan "tidak".

Itulah cara-cara yang bisa kita lakukan agar kita berani mengambil keputusan saat orang lain meminta bantuan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: Jangan Gegabah, 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengambil Keputusan

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

Writer from Universitas Padjadjaran, IG: ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya