TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Humor di Hidupmu, Lebih Sehat dan Menyatukan Perbedaan

#GoodLife Dengan tawa hidup jadi lebih indah bukan?

Pexels/ Artem Bali

Tertawa adalah hal yang paling menyenangkan. Jika tidak ada tawa, hidup ini rasanya hambar dan jenuh. Di sinilah peran humor menjadi sangat penting karena dengan adanya humor, tawa pun akan lebih mudah keluar dari diri kita. Humor sendiri ada dua jenis, yaitu humor sengaja karena memang dilakukan seseorang untuk mengundang tawa dan humor tidak sengaja berupa peristiwa lucu yang terjadi.

Apapun jenis humor itu, tertawa dan merasa bahagia adalah kunci utamanya. Mewarnai hidup dengan humor bisa membawa banyak hal positif dalam kehidupan kita. Apa sajakah itu? Berikut adalah ulasannya!

1. Menjadi lebih sehat

Pexels/Bruce Mars

Menurut beberapa studi ilmiah, tertawa diketahui mampu memberikan banyak efek positif untuk kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi jantung, mengaktifkan sel T (sel imun), dan memicu sekresi hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa sakit.

Studi dari Tohoku Journal of Experimental Medicine juga menyebutkan bahwa tertawa adalah obat yang ampuh untuk berbagai penyakit mental seperti depresi dan stress. Tertawa juga banyak dikaitkan dengan masa hidup seseorang, semakin sering tertawa semakin tinggi pula angka harapan hidup seseorang.

Baca Juga: Legendaris, 6 Grup Lawak Jadul Ini Selalu Sukses Bikin Kita Tertawa

2. Teman menjadi lebih banyak

Pexels/ Helena Lopes

Dengan sering tertawa dan membuat orang lain tertawa, Kamu akan mengeluarkan aura positif di sekitarmu. Hal itu akan membuat orang lain merasa nyaman dan senang berada di dekatmu sehingga lingkungan pertemanan pun akan dengan mudah bertambah.

Tidak hanya itu, tertawa bisa mencairkan suasana yang awalnya kaku menjadi lebih menyenangkan dan membuat kita lebih akrab satu sama lain. Kamu juga bisa lebih akrab dengan orang yang baru ditemui dengan mengetahui kesukaan orang tersebut dan mencari humor yang pas. Dengan cara ini, dijamin orang-orang akan nyaman bersamamu.

3. Meningkatkan solidaritas

Pixabay/ rudyanderson

Hubungan dengan teman, pacar, dan keluarga pastilah sangat berarti dan dipenuhi dengan solidaritas yang tinggi. Namun, tahukah kalian kalau tertawa bersama adalah cara paling ampuh untuk meningkatkan solidaritas tersebut.

Dengan tertawa bersama, hati kita akan menjadi dekat dan di situlah akan timbul persahabatan, cinta, dan kekeluargaan yang lekat. Dengan tertawa jarak yang tadinya jauh akan memendek seketika dan membuat satu sama lain lebih terbuka dan muncullah rasa saling peduli.

4. Bertemu dengan pasangan takdirmu

Pexels/ Leah Kelley

“Tak kenal, maka tak sayang”, kalimat itu berarti sebelum melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius, Kamu harus lebih memahami satu sama lain. Kembali lagi, tertawa bersama bisa menjadi cara yang Kamu gunakan agar bisa lebih dekat dan lebih mengenal orang yang Kamu sukai.

Kamu hanya perlu menemukan kecocokan kalian sehingga bisa menemukan topik humor yang sesuai. Dengan begitu, Kamu bisa mengisi hari-hari bersama kekasihmu dengan menyenangkan setiap harinya. Kenapa? Karena tertawa membuat hidup menjadi lebih berwarna dan menyenangkan.

Baca Juga: Ternyata Apa Yang Membuatmu Tertawa Bisa Menjelaskan Kepribadianmu Lho!

Verified Writer

Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya