Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sering Berburuk Sangka pada Orang di Sekitarmu

Stay Positive, guys!

Pada dasarnya, manusia dibekali akal dan pikiran untuk bisa berpikir dan menyimpulkan sesuatu. Namun, setiap pemikiran kamu harus dijaga dengan baik dan jangan sampai menimbulkan prasangka buruk yang dapat merugikan.

Tentu hal ini bukan atas dasar keinginan semata, karena sedikitnya ada lima alasan kamu gak boleh sering berburuk sangka pada orang di sekitarmu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Jangan sakiti perasaannya hanya karena prasangka buruk

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sering Berburuk Sangka pada Orang di SekitarmuPexels.com/fauxels

Secara garis besar, prasangka buruk bisa sangat memungkinkan untuk menyakiti perasaan orang lain. Apa yang kita pikirkan tentang dirinya selalu negatif dan negatif, jadi bukan tidak mungkin jika tindakan tersebut membuat dirinya merasa tersinggung.

Prasangka buruk memang terjadi secara alamiah, apa yang kita pikirkan tergantung dengan apa yang kita lihat. Namun, bukan berarti boleh dilakukan secara terus menerus, apalagi sampai diketahui dan menyakiti perasaan seseorang.

2. Cobalah untuk mencari fakta sebenarnya sebelum berburuk sangka

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sering Berburuk Sangka pada Orang di SekitarmuPexels.com/Gustavo Fring

Pada dasarnya, berburuk sangka masih jauh dari fakta-fakta yang ada, prasangka buruk timbul atas dasar pemikiran kamu yang liar dan menerka nerka apa yang terjadi sebenarnya.

Karena hal ini belum mengatasnamakan fakta yang ada, kita tidak boleh terus terusan berburuk sangka pada orang di sekitarmu. Bukan hanya karena belum ada fakta yang jelas, tapi tidak menyimpulkan sesuatu yang dapat merugikan orang lain.

3. Prasangka buruk bisa menjadikan kamu pribadi yang suka menuduh

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sering Berburuk Sangka pada Orang di SekitarmuPexels.com/mentatdgt

Secara umum, berburuk sangka masih di bawah tahap menuduh, karena prasangka buruk masih dalam batas pemikiran dan belum dilakukan secara verbal atau langsung.

Namun lama kelamaan, prasangka burukmu bisa menjadi tuduhan jika dibiarkan secara terus menerus. Bukan tidak mungkin jika prasangka buruk tersebut hanya sebagai awalan, sedangkan tuduhan sebagai akhir dari tindakan kamu.

Baca Juga: 5 Kerugian Jika Kamu Sering Berburuk Sangka ke Orang Lain

4. Lebih meyakinkan diri bahwa orang di sekelilingmu merupakan orang baik

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sering Berburuk Sangka pada Orang di SekitarmuPexels.com/fauxels

Adanya prasangka buruk bisa disimbolkan sebagai hilangnya kepercayaan pada orang di sekitarmu. Kepercayaan sangatlah penting untuk dijaga, apalagi kamu berada di area atau lingkungan yang sama.

Cobalah untuk meyakinkan diri bahwa orang di sekelilingmu merupakan orang yang baik, prasangka burukmu hanya akan menimbulkan hilangnya kepercayaan satu sama lain.

5. Tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan atas prasangka burukmu yang tidak berdasar

5 Alasan Kamu Gak Boleh Sering Berburuk Sangka pada Orang di SekitarmuPexels.com/Christina Morillo

Prasangka buruk dimulai sejak kamu dengan cepat menyimpulkan tindakan orang lain, apa yang kamu lihat untuk pertama kalinya disimpulkan begitu saja tanpa menilai dari sudut pandang yang berbeda.

Sudah seharusnya kita tidak terlalu cepat dalam mengambil kesimpulan atas prasangka buruk yang tidak berdasar, jangan sampai kesimpulan yang kamu buat merugikan atau bahkan merendahkan orang lain.

Itu dia deretan alasan kamu gak boleh sering berprasangka buruk pada orang di sekitarmu. Prasangka buruk hanya akan membawa pengaruh buruk, baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitar.

Baca Juga: Jarang Berburuk Sangka, 4 Zodiak Ini Pandai Menikmati Hidup

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya