Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Suatu Proses Jauh Lebih Penting Dibanding Hasil

Cobalah untuk memikirkannya baik-baik!

Pada dasarnya, tujuan utama adanya suatu proses adalah hasil yang kita dapatkan. Tanpa ada proses, tentu tidak akan ada hasil, begitu pun sebaliknya. Apa yang kita dapatkan dari suatu proses pada akhirnya berujung pada sebuah hasil akhir.

Namun terlepas dari itu, sedikitnya ada lima alasan mengapa suatu proses jauh lebih penting dibanding hasil yang didapatkan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Proses merupakan inti dari hasil yang kita dapatkan

5 Alasan Mengapa Suatu Proses Jauh Lebih Penting Dibanding HasilPexels.com/cottonbro

Secara garis besar, proses merupakan inti daripada hasil. Tanpa ada proses, tentu kita tidak akan mendapatkan hasil apa pun. Maka dari itu, peran proses dalam hal ini ternyata jauh lebih penting.

Meski pada akhirnya hasil akhirlah yang kita dapatkan, peran proses sangat berpengaruh dalam hal ini. Bagaimana pun juga, sebuah hasil tidak akan terbentuk jika kita sebagai penggerak tidak memulai proses itu sendiri.

2. Mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga dari berbagai macam proses

5 Alasan Mengapa Suatu Proses Jauh Lebih Penting Dibanding HasilPexels.com/Pixabay

Sejatinya, suatu proses tidak akan pernah selamanya berjalan sesuai dengan keinginan kita. Ada masanya di mana proses sangat berat dan membebani hidup, hingga pada akhirnya mencapai hasil yang kita inginkan.

Dalam hal ini, peran proses sangatlah penting. Suatu proses bisa memberikan pembelajaran yang sangat berharga dan mungkin tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain. Meski sulit, pada akhirnya proseslah yang akan memberikan kamu sesuatu yang lebih berharga.

3. Melatih mental kita dengan cara melewati berbagai macam proses yang ada

5 Alasan Mengapa Suatu Proses Jauh Lebih Penting Dibanding HasilPexels.com/izhar khan

Melalui begitu banyak proses kenyataannya tidaklah mudah, butuh mental yang kuat hanya untuk sekadar mendapatkan suatu hasil. Dalam hal ini, tentu kita harus terbiasa dengan proses itu sendiri agar mental yang kita miliki bisa terlatih dengan sendirinya.

Meski di awal sangatlah berat, lama kelamaan juga akan terbiasa. Peran proses lebih dari sekadar tahapan untuk mendapatkan hasil, tapi juga membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat dan tahan banting.

Baca Juga: 5 Pemain yang Sukses Bermain untuk Manchester United dan Chelsea 

4. Lebih menghargai hasil yang telah kita dapatkan

5 Alasan Mengapa Suatu Proses Jauh Lebih Penting Dibanding HasilPexels.com/Karolina Grabowska

Sebagian besar orang seringkali melakukan kesalahan dalam menggunakan hasil yang telah didapatkan selama ini. Banyak orang yang berpikir bahwa hasil adalah segalanya, namun lupa bahwa ada proses panjang dibalik itu semua.

Makanya, peran proses sangatlah penting dibanding hasil. Setidaknya kita bisa belajar bahwa kadang kala, hasil yang didapatkan tidak sebanding dengan proses yang dilakukan.

5. Dapat menilai suatu hasil dari sudut pandang yang jauh lebih baik

5 Alasan Mengapa Suatu Proses Jauh Lebih Penting Dibanding HasilPexels.com/Karolina Grabowska

Pada dasarnya, suatu proses sangat memengaruhi hasil itu sendiri. Proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula, begitu pun sebaliknya. Pada akhirnya, proseslah yang berperan penting dalam hal ini.

Kita dapat menilai suatu hasil dari sudut pandang yang jauh lebih baik. Jika proses yang dilakukan tidak sesuai atau bahkan menyimpang, kita dapat dengan jelas melihat hasil yang buruk pula.

Itu dia deretan alasan mengapa suatu proses jauh lebih penting dibanding hasil. Meski hasil adalah tujuan awal dari adanya proses, namun proseslah yang akan membawa kamu pada kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Kesalahan Sepele yang Bisa Bikin Proses Move On-mu Berjalan Lama

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya