Comscore Tracker

5 Tips Memperluas Wawasan, Lakukan Hal Ini

Semua orang cenderung suka ngobrol sama yang wawasannya luas

Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut kita untuk terus upgrade diri agar lihai dalam menangani berbagai perubahan yang cepat. Terlebih, di era disrupsi saat ini kemudahan mengakses informasi menjadi kesempatan yang tidak boleh dilewatkan untuk mengeruk ilmu sedalam-dalamnya agar menjadi individu yang memiliki wawasan luas. Seseorang yang memiliki wawasan yang luas adalah mereka yang luas pengetahuannya dan selalu ingin tahu. Memiliki pengetahuan yang luas adalah investasi. 

Untuk mengetahui tips agar memiliki wawasan yang luas, simak 5 tips berikut! 

1. Menumbuhkan motivasi untuk belajar 

5 Tips Memperluas Wawasan, Lakukan Hal IniIlustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Plaquadlo)

Untuk melakukan sesuatu kamu memerlukan motivasi yang kuat, tak terkecuali untuk belajar sesuatu agar wawasan kamu luas. 

Untuk meningkatkan motivasi belajar kamu bisa memulai dengan membuat jadwal harian. Selain itu, kamu dapat mencari tipe belajar versi kamu,, di mana tipe belajar itu ada tipe visual, auditory, read/write, atau kinestetik. Jika sudah mengenal tipe belajar versi kamu, motivasi kamu akan meningkat karena dapat belajar dengan menyenangkan dan memudahkan. 

2. Ubah mindset 

5 Tips Memperluas Wawasan, Lakukan Hal IniIlustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Plaquadlo)

Kamu punya mindset, "Kewajiban belajar hanya ketika di ruang kelas" maka mindset tersebut harus diubah dengan belajar dari mana pun dan kapan pun. Sejatinya lingkungan di manapun kita berada merupakan sumber belajar dan ilmu pengetahuan.

Ketika memiliki motivasi yang kuat untuk mempelajari, maka hal tersebut merupakan satu langkah kamu dalam mengembangkan diri. Mengingat dalam realitsa kita bukan hanya memerlukan ilmu akademis, tetapi ilmu non akademis pun sangat menunjang hidupmu yang lebih baik. 

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Seseorang yang Memiliki Wawasan Luas  

3. Baca dan update

5 Tips Memperluas Wawasan, Lakukan Hal IniIlustrasi membaca(Pexels.com/Christina Marillo)

Untuk menjadi individu yang memiliki wawasan yang luas kamu perlu banyak membaca dan update dengan hal-hal baru, agar ketika kamu ngobrol dengan orang di sekitarmu kamu dapat mengimbangi dan nyambung bersama mereka. 

Misalnya kamu harus rutin membaca berita terkini terkait dengan situasi ekonomi, politik, sosial, teknologi, dll yang berkaitan dengan edukasi. Jadi jangan kebanyakan baca berita gosip, ya, guys! Gunakan waktu sebaik mungkin. 

4. Membangun komunikasi yang aktif 

5 Tips Memperluas Wawasan, Lakukan Hal IniIlustrasi wanita berbincang (Pexels.com/fauxels)

Cara agar kamu berwawasan luas, satu di antaranya kamu perlu banyak berkomunikasi dengan orang sekitar terutama dengan mereka yang memiliki wawasan yang luas. 

Sempatkan diri kamu untuk ngobrol, berdiskusi di setiap harinya bisa dengan teman, sahabat, kakak, adik, dll. 

5. Peka terhadap lingkungan sekitar dan rasa ingin tahu yang tinggi

5 Tips Memperluas Wawasan, Lakukan Hal IniIlustrasi wanita di alam(Pixels.com/Pixabay)

Ketika kamu memiliki kepekaan terhadap lingkungan, kamu akan tergugah untuk mencari tahu lebih detail sesuatu yang kamu lihat dan dengar. 

Misalnya suatu hari ketika kamu melihat ikan, lalu kamu mulai penasaran apakah ikan itu tidur? dengan muncul penasaran, jangan berhenti sampai di sana kamu perlu mencari tahu apa yang belum kamu tahu. Maka wawasanmu akan luas. 

Menambah wawasan gak ada negatifnya. Kalau kamu sekarang sudah menyukai membaca, mulailah untuk mencari bacaan menarik dan menambah wawasan daripada sekadar membaca tulisan yang mungkin faktanya belum jelas. Pilih dan pilah apa yang kamu konsumsi untuk membentangkan wawasanmu.

Baca Juga: 8 Channel YouTube Buat Kamu yang Butuh Hiburan Sambil Menambah Wawasan

Aneu Rizky Yuliana Photo Verified Writer Aneu Rizky Yuliana

A girl without others.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya