Comscore Tracker

5 Tips Beri Self Reward Tanpa Bikin Kantong Bolong di Akhir Bulan

#IDNTimesLife Menggaji diri itu perlu, asal gak berlebihan

Belakangan self reward atau memberi penghargaan pada diri sendiri atas kerja kerasnya, tengah marak di kalangan anak muda millenial. Ada berbagai macam bentuk penghargaan yang bisa kamu berikan untuk dirimu sendiri. Misalnya, pergi liburan ke luar kota atau membeli sepatu yang selama ini diidam-idamkan.  

Tentu saja untuk memenuhi self reward tersebut, kamu harus menyisihkan sebagian pendapatanmu dalam sebulan, dong. Tak masalah, kok menggunakan gaji untuk menyenangkan diri sendiri sekali waktu. Asalkan tidak sampai berlebihan dan membuat kantongmu bolong, ya! Nah, berikut ada lima tips beri self reward diri, tapi gak bikin keuanganmu krisis akhir bulan nanti. Keep reading! 

1. Utamakan membayar semua tagihan dan kebutuhan pokokmu dulu

5 Tips Beri Self Reward Tanpa Bikin Kantong Bolong di Akhir BulanIlustrasi bayar kartu kredit (pexels.com/Andrea Piacquadi)

Sebelum mengambil uang untuk self reward, tentu saja kamu harus mendahulukan kebutuhan pokok. Seperti membayar sewa kos, makan minum selama sebulan, uang bensin, tagihan kartu kredit dan lain-lain. Baru setelah semua itu terpenuhi, kamu bisa menghitung kira-kira berapa dana yang bisa digunakan untuk memenuhi self reward bulan ini.

Pengalokasian uang ini penting banget, lho. Terutama buat kamu yang tidak memiliki penghasilan dengan nominal tetap tiap bulannya. Seperti seorang pekerja lepas, misalnya. 

2. Jangan lupa sisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan

5 Tips Beri Self Reward Tanpa Bikin Kantong Bolong di Akhir BulanIlustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Memang segala kebutuhan primer sudah terpenuhi, tapi jangan buru-buru beli hadiah buat diri sendiri dulu, ya! Sebab kamu gak boleh lupa, menyisihkan sebagian uang yang ada untuk tabungan. Kenapa ini dilakukan di awal? Ya, berjaga-jaga saja kalau nanti kamu sampai kalap belanja. Alhasil, sudah gak ada uang yang tersisa sama sekali.  

Padahal punya tabungan itu penting, lho. Sebagai dana darurat yang sewaktu-waktu bisa digunakan. Misalnya, kamu butuh mengganti ban mobil yang bocor atau mesti berobat ke rumah sakit. 

Baca Juga: 5 Bentuk Self Reward yang Ampuh Bahagiakan Diri tapi Hemat

3. Tentukan jenis self reward yang akan kamu beli

5 Tips Beri Self Reward Tanpa Bikin Kantong Bolong di Akhir BulanIlustrasi belanja online (pexels.com/Liza Summer)

Ada baiknya dari jauh-jauh hari kamu sudah menentukan mau beli apa sebagai self reward bulan ini. Ingat, pikirkan matang-matang barang apa yang sekiranya punya fungsi dan berguna. Bukan karena lagi 'lapar mata' saja. Dengan begitu, kan kamu bisa tahu kira-kira butuh budget berapa nantinya. 

Sesuaikan dengan pendapatanmu juga, ya! Gak perlu mewah dan mahal kalau memang belum mampu membelinya. Percaya, deh ini bisa jadi motivasi untukmu agar bekerja lebih giat bekerja, lho! Sehingga bulan depan, kamu bisa memberi hadiah yang lebih bagus buat dirimu sendiri. 

4. Jika ada sisa uang sebaiknya ditambah ke tabungan

5 Tips Beri Self Reward Tanpa Bikin Kantong Bolong di Akhir BulanIlustrasi menabung (pexels.com/cottonbro)

Setelah membeli barang yang kamu inginkan, ternyata uangnya masih sisa, nih. Wah, asik bisa belanja lagi! Eh, tunggu dulu, daripada dihabiskan untuk berbelanja lebih baik alokasikan sisa dana tersebut ke tabungan. Percaya, deh meskipun sekarang belum butuh, tapi suatu saat tabungan ini akan sangat berguna, kok. 

Amit-amitnya saat akhir bulan nanti kamu sudah gak pegang uang sama sekali. Kan, ada tabungan yang bisa diandalkan. Gak perlu repot cari pinjaman ke teman segala. Coba kamu nekat menghabiskan semua sisa uang tersebut. Bisa gigit jari gak makan seharian lagi! 

5. Ingat, self reward gak selalu harus berupa barang bisa juga dengan me time seharian di rumah

5 Tips Beri Self Reward Tanpa Bikin Kantong Bolong di Akhir BulanIlustrasi me time di rumah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau ternyata kebutuhanmu bulan ini membengkak sampai gak ada sisa, ya jangan dipaksakan beli self reward dulu. Lagi pula menggaji diri sendiri itu, gak melulu dengan materi, kok. Kamu tetap bisa memanjakan diri dengan cara me time seharian di rumah. Nonton film, memasak makanan favoritmu atau berendam dengan ditemani aroma terapi yang menenangkan. Dijamin, badan akan terasa rileks kembali, deh!

Self reward merupakan bentuk kasih sayang pada diri sendiri. Tidak ada salahnya hal semacam ini dijadikan kebiasaan. Namun tetap dengan perhitungan yang tepat, ya. Apalagi ini menyangkut dengan keuanganmu per bulan. Jangan sampai terjadi 'lebih besar pasak daripada tiang'. Tetap hargai dirimu dengan cara yang cerdas. Supaya di akhir bulan kamu gak mengalami krisis finansial akibat kalap belanja, dengan alasan self rewad semata.

Baca Juga: 5 Manfaat Dahsyat Self Reward bagi Diri Sendiri, Yuk Jadikan Kebiasaan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya